7 Pilihan Mobil Diesel Terbaik dan Irit Bahan Bakar

Mobil diesel terbaik dan irit bahan bakar sangat menarik untuk dimiliki. Di tengah dominasi mobil-mobil berbahan bakar bensin, mobil peminum solar ini masih memiliki pasarnya tersendiri dan daya tarik yang kuat.
Mobil-mobil yang dijual di Indonesia bukan hanya menggunakan bahan bakar bensin, melainkan juga solar. Mesti diakui bahwa penggunaan mesin diesel memang lebih banyak ditemukan pada kendaraan komersial seperti bus dan truk.
Tapi ulasan kali ini tidak akan mengarah ke segmen tersebut. Karena fakta di lapangan menunjukkan banyak juga mobil penumpang yang menggunakan sumber tenaga hasil penemuan Rudolf Diesel tersebut.
Mesin diesel menawarkan beberapa keunggulan. Salah satunya ialah torsi yang berlimpah. Sebabnya, karakter mesin diesel memiliki stroke atau langkah lebih besar dibanding mesin berbahan bakar bensin.
Ditambah lagi mobil-mobil diesel keluaran terbaru mayoritas ikut dilengkapi dengan turbo intercooler yang membuat performanya makin menonjol.
Selain itu mesin diesel seolah-olah memang dilahirkan untuk memiliki efisiensi bahan bakar yang baik. Kombinasi dari keduanya membuat mobil bermesin diesel cocok sebagai kendaraan harian yang bertenaga, tangguh, dan hemat di kantong.
Walau begitu, sampai saat ini masih ada beberapa stigma miring terhadap mobil bermesin diesel. Contohnya getaran mesin yang lebih terasa dan suara mesin yang kasar.
Walaupun sejumlah pabrikan tergolong berhasil mengatasi masalah ini. Ambil contoh Hyundai Santa Fe terbaru yang kabinnya tergolong senyap, nyaman, dan minim getaran mesin.
>>>>> Dapatkan mobil-mobil terbaik dari Carmudi di sini!
Isi Konten
Mobil Diesel Terbaik dan Irit Bahan Bakar
Di samping itu tentunya masih banyak mobil diesel yang dapat dikategorikan terbaik di kelasnya sekaligus memiliki konsumsi bahan bakar tergolong irit. Apa saja pilihannya? Mari simak ulasan di bawah ini.
Toyota Fortuner Diesel
Sejatinya Toyota menawarkan Fortuner dalam pilihan mesin bensin dan diesel di Indonesia. Tapi sudah bukan rahasia lagi opsi dengan mesin dieselnya lebih banyak dilirik oleh konsumen.
Menyadari hal tersebut, pada awal 2022 Toyota menawarkan pilihan mesin diesel baru yang lebih bertenaga dengan kapasitas 2.800 cc. Mesin dengan kode 1GDFTV tersebut mampu menghasilkan tenaga puncak 201,1 hp dan torsi 499,1 Nm.
Torsi sebesar itu sudah bisa didapat pada rentang putaran mesin yang relatif rendah, yaitu 1.600-2.800 rpm.
Fortuner bermesin 2.800 cc dijual dengan harga mulai Rp583 jutaan. Harga cukup menarik bagi konsumen yang menginginkan SUV yang bertenaga. Pilihan mesin diesel lain yang tersedia untuk mobil ini ialah 2.400 cc dengan tenaga tertinggi 147,5 hp dan torsi puncak 400,1 Nm.
Toyota Kijang Innova Diesel
Sama halnya seperti Fortuner, Toyota Kijang Innova juga dijual dengan pilihan mesin bensin dan diesel. Mesin diesel yang digunakannya pun sejenis dengan kapasitas 2.400 cc yang memiliki tenaga tertinggi 146,9 hp dan torsi puncak 359,9 Nm.
Tampak terdapat sedikit perbedaan figur puncak dibandingkan mesin serupa yang menempel pada Fortuner. Hal tersebut dikembalikan lagi pada wujud Kijang Innova yang hadir dengan format Multi Purpose Vehicle (MPV).
Untuk mobil semacam ini performa bukanlah prioritas tertinggi, melainkan faktor kenyamanan. Walau begitu, mesin diesel yang digunakannya terhitung tetap dapat diandalkan.
Dikombinasikan dengan kapasitas kabin 7-seater, Kijang Innova pantas masuk sebagai salah satu mobil diesel terbaik dan irit dari Toyota.
Mitsubishi Pajero Sport
Opsi yang berikutnya merupakan mobil yang menjadi rival langsung Toyota Fortuner, yakni Mitsubishi Pajero Sport. Tapi berbeda dengan rivalnya tersebut, Pajero Sport hanya tersedia dalam pilihan mesin diesel.
Untuk varian GLX dan Exceed menggunakan mesin diesel 2.500 cc dengan tenaga tertinggi 134 hp dan torsi puncak 324 Nm. Sedangkan untuk varian Dakar dan Dakar Ultimate menggunakan mesin diesel 2.400 cc yang bisa menghasilkan tenaga puncak 178 hp dan torsi maksimum 430 Nm.
Baik Pajero Sport atau Fortuner sama-sama tersedia dalam pilihan sistem penggerak 4×2 maupun 4×4. Hal ini membuat keduanya cukup kompetitif dalam memperebutkan hati konsumen.
Isuzu All New MU-X
Generasi terbaru Isuzu MU-X resmi hadir di Indonesia tahun lalu tepatnya melalui pameran GIIAS 2021 pada bulan November. Pada generasi terbarunya, mobil ini menggunakan mesin tergolong kecil untuk ukuran SUV ladder frame, yaitu 1.900 cc dengan tenaga tertinggi 147,9 hp dan torsi puncak 350 Nm.
Uniknya lagi mobil yang diimpor secara utuh dari Thailand ini hanya dijual dalam satu varian, yakni 4×4 AT. Adapun harga yang ditawarkan pada momen peluncurannya ialah Rp559,9.
Tergolong murah mengingat umumnya SUV diesel 4×4 dijual mulai dari harga Rp600 jutaan ke atas. Kecuali Pajero Sport GLX MT 4×4 yang harganya Rp545,8 jutaan.
>>>>> Dapatkan mobil-mobil terbaik dari Carmudi di sini!
Hyundai Santa Fe
Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport boleh jadi menawarkan ketangguhan off road yang baik dengan tersedianya opsi sistem penggerak 4×4. Di lain sisi, Hyundai Santa Fe hadir sebagai SUV diesel yang nyaman dengan sistem penggerak roda depannya.
Mobil ini sebenarnya juga hadir dengan opsi mesin bensin, tapi model yang dilengkapi dengan mesin diesel terlihat lebih menarik dengan tenaga dan torsi yang lebih besar.
Di balik kap mesinnya, mobil ini dilengkapi sumber tenaga 2.200 cc dengan tenaga 199 hp dan torsi tertinggi 440 Nm. Kelebihan lain mobil ini ialah tersedianya fitur-fitur bantuan berkendara yang tergolong komplet.
Chevrolet Spin Diesel
Opsi mobil diesel terbaik dan irit bukan hanya diisi produk-produk baru yang harganya berkisar Rp500 juta ke atas. Selain itu, konsumen juga bisa melirik pasar mobil bekas yang menawarkan harga lebih bersahabat di kantong.
Salah satu pilihan yang cukup direkomendasikan ialah MPV Chevrolet Spin diesel. Mobil ini pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada 2013. Seiring berjalannya waktu, Spin diesel terbukti memiliki mesin yang bandel dan irit bahan bakar.
Adapun “nyawa” dari mobil ini ialah mesin diesel 1.248 cc 4-silinder yang turut dilengkapi dengan turbo dan common rail injection. Mesin tersebut mampu menghadirkan tenaga tertinggi hingga 73,9 hp dan torsi puncak 190 Nm.
Mobil ini cukup memikat di pasar mobil bekas karena masih terhitung buatan tahun muda. Harga jualnya tentu tergantung kondisi, tapi kebanyakan bermain di angka Rp100 jutaan.
Isuzu Panther

Mengetahui kelebihan dan kekurangan Isuzu Panther membantu konsumen lebih mudah memilih unit terbaik ketika hendak membelinya. (Foto: Wikimedia)
Pilihan selanjutnya dari segmen mobil bekas ialah Isuzu Panther. Mobil ini tak diragukan lagi sebagai salah satu mobil diesel terbaik dan irit bahan bakar. Modelnya dinilai masih bisa bersaing terutama untuk tipe teratasnya seperti Grand Touring.
Model tersebut punya desain paling mewah ditambah mesin 4JA1-L yang bandel dan irit bahan bakar. Mesin tersebut memiliki tenaga puncak 78,9 hp dan torsi tertinggi 192 Nm. Dengan keunggulan tersebut wajar jika harga jual bekas mobil ini masih di atas Rp150 jutaan.
>>>>> Dapatkan mobil-mobil terbaik dari Carmudi di sini!
Penulis: Mada Prastya
Editor: Dimas
Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini!