Carmudi Indonesia

Masa Mudik dan Liburan Usai, Ini 8 Bagian Motor yang Perlu Dicek!

Momen mudik lebaran dan liburan tanpa terasa sudah usai. Motor yang digunakan untuk mudik sebaiknya dicek pada beberapa bagian setelah sampai di rumah.

Ini perlu Carmudian lakukan dengan tujuan untuk memastikan kondisi motornya tetap prima digunakan sehari-hari.

Saat mudik, sebagian pemudik melalui medan jalan yang agak sulit seperti jalanan bergelombang, penuh bebatuan, dan lain-lain.

Hal ini berpotensi merusak kaki-kaki mobil serta ban. Seperti diketahui, ban merupakan bagian kendaraan yang bersentuhan langsung dengan jalan.

Jika tidak dilakukan pengecekan, ada kemungkinan besar motor akan mengalami masalah saat berkendara.

Bisa saja motor Carmudian tiba-tiba berhenti atau bannya kempes di tengah jalan.

Baca Juga: Ternyata Cek Motor Bekas Tabrakan Bisa Gampang Dilihat dari Bagian Rangka

Isi Konten

Bagian-Bagian Motor yang Perlu Dicek Setelah Mudik

Mudik

Mudik lebaran dengan motor. (Foto: Ilustrasi)

Mungkin sebagian dari Carmudian belum mengetahui apa saja bagian motor yang perlu dilakukan pengecekan setelah mudik lebaran.

Carmudian tidak perlu khawatir pengecekan ini sulit karena bisa dilakukan mandiri di rumah.

Jika tidak yakin, Carmudian bisa mendatangi bengkel terdekat yang terpercaya untuk melakukan hal tersebut.

Berikut ini adalah beberapa bagian motor yang perlu dicek setelah mudik dilansir dari berbagai sumber.

Ban Motor

Ban pastinya termasuk salah satu bagian motor yang bekerja keras khususnya saat menempuh perjalanan mudik yang jauh.

Ban motor perlu dicek. (Foto: Ilustrasi)

Ban akan dipaksa untuk melibas berbagai medan jalan yang sulit sekali pun.

Oleh karena itu, kondisi ban motor yang digunakan mudik harus diperiksa setelah mudik.

Pengguna perlu mencari tahu apakah ada bagian ban motor yang retak atau rusak,

Jika ternyata ditemui ada kerusakan yang parah, maka sebaiknya segera diganti.

Ketebalan ban dan tekanan angin ban juga perlu diperiksa. Jika dilihat permukaan ban sejajar dengan benjolan Tread Wear Indicator (TWI) di celah pattern atau kembangan ban, perlu segera dilakukan penggantian ban motor.

Rem

Rem termasuk bagian penting pada motor ataupun mobil yang juga harus diperiksa setelah mudik lebaran.

Carmudian perlu mengecek sistem pengereman motor di bagian depan maupun belakang.

Pastikan ketebalan kanvas, volume minyak rem, dan ketebalan cakram masih sesuai. Pastikan juga kampas dan piringan rem dalam kondisi baik.

Jika kondisinya masih bagus, Carmudian dapat melakukan pembersihan sehingga tidak ada kotoran ataupun debu membandel di sela-sela piringan maupun kampas rem yang bisa mengganggu kinerjanya.

Sebagai informasi terkait dengan penggunaan kampas rem motor, dapat dipakai hingga 9-12 ribu km.

Tapi jika ketebalan kampas tersebut sudah menipis, sebaiknya dilakukan penggantian.

Kelistrikan

Bagian ini jangan luput dari pengecekan setelah mudik lebaran. Pastikan kelistrikan pada motor masih berfungsi dengan baik.

Carmudian perlu memeriksa lampu depan dan belakang, sein, serta lampu indikator pada panel meter.

Jangan lupa periksa juga kondisi baterai atau aki motor. Pastikan daya atau tegangannya masih sesuai dengan standar pabrikan. Jika tegangan menurun, maka ganti akinya.

Filter Udara

Filter udara turut menjadi salah bagian penting pada motor di mana perlu dilakukan perawatan secara rutin.

Ilustrasi filter udara motor. (Foto: Rider Magazine)

Jika diabaikan, kemungkinan besar bisa mengalami penurunan performa hingga kerusakan komponen mesin motor.

Sebagai bagian motor yang penting, tentu filter udara juga perlu dicek setelah digunakan mudik yang perjalanannya jauh.

Pastinya Carmudian melalui jalanan penuh debu saat mudik yang menyebabkan filter udaranya kotor.

Jika kotor, maka sebaiknya dibersihkan untuk mencegah aliran udara ke ruang bakar motor terhambat.

Bila hal ini terjadi, proses pembakaran di ruang bakar menjadi tidak sempurna dan mengakibatkan performa menurun.

Namun berdasarkan penelusuran Carmudi, ada yang menyarankan filter udara motor yang kotor jangan dibersihkan, melainkan diganti dengan yang baru.

Ini dikarenakan filter udara motor kini sudah tipe basah. Ada olinya dan tidak boleh dicuci terutama menggunakan bensin. Bahan filternya bisa rusak.

Injektor atau Karburator

Carmudian juga jangan lupa mengecek bagian injektor atau karburator pada motor yang berpengabut injeksi.

Kedua komponen tersebut merupakan peranti penting pada motor di mana berfungsi untuk menyuplai bahan bakar ke dalam mesin.

Keduanya akan mengukur seberapa besar bensin yang disemprotkan ke silinder piston.

Jika dalam kondisi kotor, bisa menyebabkan mesin motor jadi sering mati mendadak. hingga performa motor menurun dan konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) tidak irit.

Jika tidak memiliki keahlian terkait dengan pengecekan dua komponen itu, disarankan menggunakan jasa mekanik terpercaya.

Radiator

Radiator juga harus dilakukan pengecekan setelah mudik. Pastikan sistem pendinginan mesin bekerja dengan normal agar gejala overheat mesin tidak akan terjadi.

Namun sebagai informasi, tidak semua motor dilengkapi dengan radiator.

Pada umumnya, hanya motor bermesin 150 cc ke atas yang dibekali komponen tersebut.

Untuk mengecek radiator motor cukup mudah. Pastikan tidak ada cairan pendingan yang bocor.

Selain itu, pastikan juga volume cairan radiator masih dalam batas yang dianjurkan sehingga proses pendinginan mesin motor dapat maksimal.

Aki

Aki motor. (Foto: Moto Adrenaline)

Saat mengecek bagian aki, Carmudian perlu memastikan tegangannya berada di angka 10,8 volt agar dapat menggerakan kruk as dengan baik.

Jika angkanya sesuai, makan selanjutnya bisa mengecek fisik aki. Pastikan tidak ada serbuk putih yang muncul di kepala aki.

Sebenarnya serbuk putih di kepala komponen tersebut adalah hal yang normal, tapi sebaiknya dibersihkan jika ada agar tidak menghambat pasokan listrik.

Rantai dan Gir

Bagian terakhir yang perlu dicek yaitu rantai dan gir. Carmudian perlu memeriksa kekencangannya.

Jika rantai dilihat kendur segera kencangkan. Selain itu, pastikan mata gir tidak dalam kondisi aus.

Kesimpulan

Ilustrasi cek dan servis motor. (Foto: Ilustrasi)

Ada delapan bagian motor yang perlu dicek setelah mudik lebaran.

Para pengguna motor yang mudik sebaiknya mengecek seluruh bagian ini agar berkendara selalu terasa aman dan nyaman.

Hal ini juga dilakukan untuk mencegah masalah besar terjadi di kemudian hari.

FAQ

Bagian-bagian motor yang perlu dicek setelah mudik lebaran yaitu aki, rantai dan gir, kelistrikan, ban, radiator, dan lain-lain.

Iya, mengecek filter udara perlu dilakukan setelah mudik lebaran. Ada yang menyarankan jika filter tersebut kotor, sebaiknya jangan dibersihkan. Disarankan diganti dengan yang baru.

Iya, dua komponen ini merupakan peranti penting pada motor di mana berfungsi untuk menyuplai bahan bakar ke dalam mesin.

Keduanya akan mengukur seberapa besar bensin yang disemprotkan ke silinder piston.

Iya, Carmudian perlu memeriksa kekencangannya. Jika rantai kendur segera kencangkan. Pastikan juga mata gir tidak dalam kondisi aus.

Iya, Carmudian perlu mengecek sistem pengereman motor di bagian depan dan belakang.

Pastikan ketebalan kanvas, volume minyak rem, dan ketebalan cakram masih sesuai. Pastikan juga kampas dan piringan rem dalam kondisi bagus.

Penulis: Nadya Andari
Editor: Dimas

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

 

Exit mobile version