Berita

TMMIN Berkomitmen Menjaga Kualitas Produk Toyota yang Dihasilkan

Karawang – Beberapa produk Toyota yang dipasarkan di Indonesia sudah diproduksi lokal di pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Dalam memproduksi setiap produk Toyota, TMMIN selalu mengedepankan kualitas produk yang dihasilkan baik untuk pasar domestik maupun ekspor.

Sejalan dengan komitmen tersebut, TMMIN menerapkan prinsip 3M (Tidak Menerima Cacat, Tidak Membuat Cacat, dan Tidak Meneruskan Cacat). Prinsip ini diterapkan agar setiap karyawan selalu bertanggung jawab penuh atas kualitas pekerjaan mereka.

Baca Juga: Melihat Produksi Toyota Yaris Cross di Pabrik TMMIN

Produk Toyota

Proses produksi yang dilakukan oleh TMMIN selalu diarahkan untuk mencapai 100 persen Quality Assurance (Foto: TMMIN)

Untuk mencapainya TMMIN menerapkan standar kinerja ketat dalam setiap proses produksi, meliputi Product Quality dan Service Quality. Tujuannya agar produk yang dihasilkan tetap terjaga kualitasnya dan mengurangi jumlah produk cacat.

Ada juga penerapan konsep Built in Quality. Melalui konsep ini setiap tahapan produksi produk Toyota diawasi dengan ketat supaya hasil akhirnya sesuai dengan standar yang diharapkan.

Dalam hal kualitas produk, TMMIN fokus pada dua aspek utama, yaitu Product Engineering Quality dan Product Manufacturing Quality.

Product Engineering Quality terkait dengan kemampuan desain produk untuk memenuhi kebutuhan dan harapan konsumen, seperti efisiensi bahan bakar dan ramah lingkungan.

Mobil Elektrifikasi Toyota Dorong Ekspor Otomotif Nasional

(Foto: Toyota Indonesia)

Product Manufacturing Quality memastikan bahwa setiap kendaraan yang diproduksi sesuai dengan desain dan spesifikasi yang telah ditetapkan, dengan tujuan untuk menghilangkan cacat dan fluktuasi kualitas dalam setiap tahap produksi.

”TMMIN senantiasa mengedepankan transparansi dan tidak pernah menutupi jika ditemukan masalah pada produk. Prinsip 3M yang kami terapkan memastikan bahwa setiap pihak yang terlibat dalam kegiatan produksi wajib melakukan built in quality pada diri masing-masing,” ujar Nandi Julyanto, Presiden Direktur TMMIN dalam keterangan resmi, Rabu (11/6/2025).

Jaminan Kualitas Bagi Pelanggan

Setiap tahap proses produksi yang dilakukan oleh TMMIN selalu diarahkan untuk mencapai 100 persen Quality Assurance atau jaminan kualitas bagi pelanggan. Tujuannya untuk memastikan bahwa setiap produk yang sampai ke tangan konsumen berfungsi dengan sempurna.

Produk Toyota

TMMIN selalu mengedepankan kualitas produk yang dihasilkan baik untuk pasar domestik maupun ekspor (Foto: TMMIN)

Apabila di kemudian hari ditemukan masalah pada salah satu produk yang sudah beredar di pasar, maka sebagai bentuk tanggung jawab, Toyota akan melakukan perbaikan melalui program Customer Service Campaign atau Recall.

“Recall bukanlah hal yang kami lihat sebagai hal yang negatif. Kami melihat aktivitas recall sebagai salah satu bentuk tanggung jawab Toyota terhadap pengguna. Jika ada permasalahan yang terdeteksi, dan kami dapat menanggulangi kesalahan tersebut melalui recall maka langkah tersebutlah yang bijak untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pengguna produk Toyota,” ucap Bob Azam, Wakil Presiden Direktur TMMIN.

Customer Month 2025

Baru-baru ini tepatnya pada 19 Mei 2025 TMMIN menyelenggarakan Customer Month 2025. Acara ini berlangsung di TMMIN Plant 1 Karawang, Jawa Barat.

Toyota Yaris Cross Ekspor

(Foto: Carmudi/Mada Prastya)

Tujuan diadakannya acara ini untuk mempererat kerja sama dan meningkatkan kepercayaan para distributor baik dalam maupun luar negeri terhadap kualitas produk dan layanan Toyota.

Bob mengatakan Customer Month 2025 menjadi sarana untuk mempromosikan dan menegaskan komitmen Toyota Indonesia terhadap kualitas produksi kepada para distributor.

“Pada acara ini akan dijelaskan prinsip utama TMMIN, yaitu 100 persen Quality Assurance, dengan fokus pada kepuasan pelanggan dalam aspek kenyamanan, keselamatan, dan kemudahan akses layanan sebagai prioritas utama. Melalui forum ini kami juga berharap ada masukan untuk mewujudkan yang lebih baik lagi,” kata Bob.

Baca Juga: Recall Toyota Yaris Cross untuk Perbaikan Panoramic Glass Roof

TMMIN Customer Month 2025 (Foto: TMMIN)

Acara ini dihadiri oleh perwakilan distributor dari berbagai negara, antara lain Managing Director Abdul Latif Jameel Saudi Arabia, Emad Yusof Mariki, General Manager United Motor Works Malaysia, Jason Ong Kim Hong, dan Direktur Astra Daihatsu Motor, Kazuhiro Matsumoto.

Turut hadir pula perwakilan dari Asia Regional, Gulf Corporation Council (GCC), Latin America Regional dan North America Regional, serta perwakilan dari Toyota Motor Corporation (TMC), manajemen TMMIN dan PT Toyota Astra Motor (TAM).

Penulis: Santo Sirait

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di santo.evren@icarasia.com

Related Posts