Berita

Keunggulan Teknologi Dual Mode CVT yang Ada di Daihatsu Rocky

Teknologi CVT Daihatsu Rocky

Daihatsu Rocky dibekali Teknologi Dual Mode CVT (Foto: Daihatsu)

JakartaDaihatsu Rocky yang telah diluncurkan di Jepang dan sebentar lagi akan mendarat di Indonesia telah dibekali dengan teknologi Dual Mode Continous Variable Transmission (CVT). Teknologi satu ini punya keunggulan tersendiri dan dapat dirasakan langsung oleh pengguna mobil.

Dual Mode CVT yang terpasang di Daihatsu Rocky dikembangkan berdasarkan platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture) dan mengadopsi teknologi roda gigi terpisah.

Dengan Dual Mode CVT, Daihatsu telah berhasil mengembangkan teknologi pertama di dunia yang menggabungkan penggerak sabuk dan penggerak roda gigi. Keunggulannya dapat meningkatkan efisiensi transmisi, efisiensi bahan bakar, akselerasi lebih baik, dan lebih hening.

Selain itu, karakteristik pedal gas telah dioptimalkan untuk respons yang baik saat kendaraan dipacu dalam kecepatan rendah maupun tinggi.

CVT Lebih Canggih Ketimbang Transmisi Otomatis Konvensional

Transmisi CVT merupakan sistem transmisi otomatis yang lebih canggih ketimbang transmisi otomatis (A/T) konvensional.

Walaupun sama-sama bertransmisi otomatis, tapi cara kerja dan manfaat yang didapat dari penggunaan CVT berbeda dengan transmisi otomatis 4AT.

Teknologi CVT Daihatsu Rocky

Teknologi Dual Mode CVT bikin Daihatsu Rocky hemat bahan bakar (Foto: Daihatsu)

Jika pada transmisi otomatis 4AT sistem perpindahan gigi menggunakan planetary gear set, maka transmisi otomatis jenis CVT menggunakan puli atau driven pulley dan sabuk baja sebagai komponen utama penggerak transmisi.

Kemampuan melakukan perubahan rasio gigi menyesuaikan dengan putaran mesin, CVT dipastikan bisa memberikan sensasi berkendara yang lebih halus saat perpindahan kecepatan. Sehingga membuat pengendara tidak merasakan jika terjadi perpindahan gigi ketika mobil dijalankan.

Selain itu, pada teknologi CVT, rentang rasio roda gigi juga telah diperpanjang pada sisi rendah dan tinggi, ini memungkinkan akselerasi lebih bertenaga dan mulus pada kecepatan rendah.

Kelebihan lainnya, CVT bisa mentransfer tenaga dari mesin dengan lebih efektif, sehingga di putaran rendah pun bisa mendapatkan tenaga yang cukup besar.

Di Jepang, sebagian besar model Daihatsu sudah menggunakan teknologi CVT seperti Daihatsu Tanto, Move, Taft, Mira, Copen, Cast, dan Boon.

Daihatsu Rocky Segera Meluncur dan Dapat Diskon PPnBM

Daihatsu Rocky dipastikan meluncur tahun ini di Indonesia. Namun sampai saat ini PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Daihatsu belum mau buka suara terkait waktu peluncurannya.

Teknologi CVT Daihatsu Rocky

Daihatsu Rocky (Foto: Daihatsu)

Kendati belum ada kejelasan waktu peluncuran, menariknya, Daihatsu Rocky masuk dalam daftar 21 mobil yang berhak memperoleh penurunan tarif pajak atau diskon Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM).

ADM sengaja mendaftarkan Rocky sebagai penerima insentif PPnBM. Sebab, mobil baru itu rencananya akan diluncurkan antara bulan ini sampai Desember 2021. Di mana sepanjang bulan itu, program relaksasi PPnBM masih berjalan.

“Walaupun Daihatsu Rocky belum diluncurkan saat ini, kami percaya produk ini layak untuk mendapatkan relaksasi pajak karena akan diluncurkan pada periode program PPnBM,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning and Communication Director PT ADM, dalam keterangan resminya awal Maret 2021.

Selain Daihatsu Rocky, Toyota Raize juga masuk dalam daftar kendaraan yang memperoleh keringanan PPnBM.

Baca Juga: 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di santo.evren@icarasia.com

Related Posts