Berita

Makin Banyak Orang Kepo tentang Mobil Listrik Lewat Google

Jakarta — Makin banyak orang ingin mengetahui informasi tentang mobil listrik lewat mesin pencari Google.

Hal itu tercermin dalam laporan “Year in Search 2021: Look Back to Move Your Marketing Forward” yang diterbitkan Google baru-baru ini.

Dijelaskan, pencarian dengan kata kunci “electric car” tumbuh 54 persen pada 2021. Peningkatan tersebut melampaui pertumbuhan pada 2020 sebesar 33 persen.

Mobil Listrik Hyundai

Studi terbaru menunjukkan terdapat peningkatan penelusuran istilah “mobil listrik” di Google. (Foto: Google Indonesia)

“Sektor otomotif global terus berupaya mencapai keberlanjutan, tidak terkecuali di Indonesia. Ada pertumbuhan minat, rasa ingin tahu, dan kesadaran tentang kendaraan ramah lingkungan,” tulis raksasa internet tersebut dikutip dari keterangan persnya, Minggu (27/2/2022).

Selain itu, pengemudi Indonesia juga tertarik mencari informasi dampak penggunaan kendaraan terhadap lingkungan dengan meningkatnya penelusuran “emisi mobil” sebanyak 85 persen.

>>>>> Cek daftar harga mobil baru 2022

Terkait tren ini, Google yang salah satu bisnisnya adalah menawarkan iklan di internet mengajukan beberapa langkah bagi para pemasar di bidang otomotif.

Pemasar disarankan terus mengikuti tren dan preferensi konsumen. Pada saat ini, kesadaran masyarakat mengenai keberlanjutan sedang berada di level yang tinggi dan kemungkinan memengaruhi perilaku pembelian.

Pabrikan dinilai perlu merefleksikan hal tersebut ke dalam produknya dan melakukan penyesuaian agar lebih ramah lingkungan.

Google memberi contoh langkah yang diambil Hyundai Indonesia. Pada saat ini pabrikan asal Korea Selatan tersebut sedang berusaha menjadi top-of-mind dalam industri kendaraan listrik.

Guna menopang hal tersebut, Hyundai meluncurkan kampanye penelusuran untuk kendaraan listrik bertenaga baterai dan berhasil meningkatkan cakupan pencarian dari 10 persen menjadi 50 persen dalam sebulan.

Mobil Listrik Hyundai

(Foto: Google Indonesia)

Saran lain ialah memaksimalkan situs web resmi dan halaman Google yang dimiliki pabrikan dengan cara mencantumkan informasi-informasi terbaru.

Terakhir ialah dengan melakukan digitalisasi diler. Walaupun sebagian besar bisnis otomotif bersifat offline, Google menilai penting juga menghadirkannya di ranah online.

Penelusuran Populer Lain di Luar Mobil Listrik

Dalam bidang otomotif terdapat beberapa kata kunci lain yang turut menunjukan peningkatan. Misalnya “all terrain vehicle” meningkat 40 persen, “motor chopper” 112 persen, “motor keluarga” 32 persen, dan “motor touring” 21 persen.

Tak kalah menarik, ikut meningkatnya pencarian tentang “Sunmori” sebesar 88 persen. Sunmori merupakan singkatan Sunday Morning Ride yang biasa dilakukan oleh komunitas atau penggemar kendaraan bermotor roda dua.

>>>>> Cari deretan mobil baru maupun bekas di seluruh Indonesia dari penjual terpercaya di sini!

Penulis: Mada Prastya
Editor:  Santo Sirait

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: mada.prastya@icarasia.com

Related Posts