Berita

Alasan Mazda Indonesia Hanya Bawa Satu Model 100Th Anniversary Edition

Mazda3

Mazda3 100Th Anniversary Edition (Foto: Santo/Carmudi)

Jakarta – Menandai 100 tahun di industri otomotif dunia, Mazda Motor Corporation menghadirkan model mobil 100Th Anniversary Edition.

Setidaknya ada sembilan model yang ditawarkan dengan balutan khusus dalam rangka merayakan hari ulang tahun Mazda ke-100 di tahun ini. Model tersebut antara lain Mazda2, Mazda3 sedan, Mazda3 hatchback, MX-5, CX-3, CX-30, CX-5, CX-8, dan Mazda6.

PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) ikut menyemarakkan tahun kelahiran Mazda dengan mendatangkan satu dari sembilan model 100Th Anniversary Edition, yaitu Mazda3 hatchback.

Mungkin banyak yang bertanya, dari sembilan model yang ada mengapa hanya satu yang dipasarkan di Indonesia?

Menjawab pertanyaan tersebut, Fedy Dwi Parileksono, Head off Public Relation Sales, Marketing & PR Div PT EMI mengatakan bahwa Mazda3 hatchback punya keunikan tersendiri dibanding model Mazda lain.

Mazda 100Th Anniversary Edition

Jajaran model Mazda 100Th Anniversary Edition (Foto: Mazda)

“Kami melihat Mazda3 ini adalah model yang menarik. Kalau kami masukkan Mazda2 dengan warna putih mungkin jumlah modelnya sudah banyak di Indonesia. Lalu kalau seandainya kami masukkan Miata, jumlahnya terlalu sedikit. Takutnya nanti agak kurang dikenal. Oleh karena itu kami putuskan ambil Mazda3,” ungkap Fedy saat acara peluncuran Mazda3 100Th Anniversary Edition, di Jakarta Rabu (11/11/2020).

Tak hanya itu saja, Fedy mengungkapkan alasan lainnya yaitu karena Mazda3 merupakan produk pertama dari Mazda 7th-Generation.

Semua Mazda Edisi 100Th Anniversary Edition Warna Putih

Mazda indentik dengan produknya yang dicat dengan warna merah. Namun lucunya khusus model 100Th Anniversary Edition tak ada yang diberi warna dasar merah, melainkan putih. Tak terkecuali bagi Mazda3 edisi yang dipasarkan di Indonesia.

Usut punya usut rupanya penyematan warna putih pada setiap model edisi spesial ada kaitannya dengan mobil penumpang pertama Mazda yang diluncurkan di Jepang.

“Bermula dari peluncuran mobil Mazda pertama kali yang menggunakan empat roda yaitu R360 Coupe. Nah, mobil ini pada saat diluncurkan itu berwarna putih dan atap merah. Interiornya juga dibuat dengan sentuhan merah sebagai pembeda dengan varian lain. Jadi ada ‘benang merah’ antara mobil yang pertama kali kami luncurkan pada 1920 itu dengan Mazda 100Th Anniversary Edition,” terang Fedy.

Sandaran kepala Mazda3 100Th Anniversary Edition

Sandaran kepala Mazda3 100Th Anniversary Edition (Foto: Santo/Carmudi)

Seperti diketahui Mazda3 100Th Anniversary Edition yang dihadirkan masih mengadopsi spesifikasi yang sama seperti varian biasa. Hanya saja ada beberapa penambahan aksesori di bagian eksterior dan interiornya sebagai pembeda.

Di pasar Indoensia Mazda3 100Th Anniversary Edition hanya tersedia 20 unit saja. Pihak EMI tidak berencana menambah kuota jika semua unit sudah terjual habis.

Mazda3 100Th Anniversary Edition ditawarkan dengan harga Rp533,8 juta (OTR Jakarta).

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga: Mazda3 100th Anniversary Edition Resmi Meluncur, Ini Fakta Menariknya

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di santo.evren@icarasia.com

Related Posts