Jakarta – Toyota Kijang Innova merupakan salah satu MPV (Multi Purpose Vehicle) yang populer di Indonesia. Sebagian besar orang menilai Kijang Innova bermesin diesel dan bertransmisi otomatis (matik) lebih baik dibandingkan varian lainnya.
Toyota Kijang Innova pertama kali diluncurkan di Indonesia pada 2004 silam. Mobil ini pun menjadi mobil legendaris yang masih memiliki banyak peminat hingga saat ini.
Kijang Innova sudah mendapatkan pembaruan pada 2015 lalu dan ditawarkan dalam dua pilihan mesin. Yaitu mesin bensin dan diesel. Selain itu, mobil tersebut juga ditawarkan dalam dua pilihan transmisi, yaitu transmisi matik dan manual.
Kijang Innova terbaru hadir dengan desain eskterior dan interior yang lebih segar serta terlihat lebih premium. Tidak hanya itu, pihak Toyota telah menanamkan mesin diesel baru tipe 2 GD pada mobil tersebut.
Sebagai pesaing kuat Isuzu Panther, Kijang Innova terbaru bermesin diesel ini memiliki bebagai keunggulan. Seperti mempunyai konsumsi bahan bakar irit serta perawatan mudah.
Alasan Kijang Innova Terbaru Bermesin Diesel Matik Lebih Baik
Tidak hanya irit konsumsi bahan bakar dan mudah perawatannya, Toyota Kijang Innova terbaru bermesin diesel juga mempunyai tenaga mesin yang besar.
Kijang Innova diesel terbaru dibenamkan mesin tipe 2 GD FTV berkapasitas 2.393 cc, 4 silinder, DOHC with VNT Intercooler.
Mesin tersebut dapat mengeluarkan tenaga sebesar 146,9 hp pada putaran mesin 3.400 rpm. Serta torsi maksimal 367 Nm pada putaran 1.200 hingga 2.600 rpm untuk transmisi matik.
Pada Kijang Innova terbaru bermesin bensin, dibenamkan mesin tipe 1TR-FE berkapasitas 1.998 cc, 4 silinder, DOHC with Dual VVT-i.
Mesin mobil ini dapat mengeluarkan tenaga sebesar 137 hp pada putaran mesin 5.600 rpm. Dengan torsi maksimal 183 Nm pada putaran 4.000 rpm untuk transmisi matik maupun manual.
Dengan demikian, tenaga mesin Kijang Innova diesel terbaru lebih besar dibandingkan tenaga mesin Kijang Innova terbaru yang bermesin bensin.
Selain itu, Toyota Kijang Innova diesel terbaru memiliki konsumsi bahan bakar yang irit seperti yang sudah dijelaskan di atas. Bahkan, lebih irit dibandingkan dengan Kijang Innova terbaru bermesin bensin.
Dilansir dari berbagai sumber, Kijang Innova terbaru bermesin diesel mencatat konsumsi bahan bakar di angka 13 km per liter. Ini saat dibawa berkendara di dalam kota.
Di jalan yang bebas hambatan, konsumsi bahan bakar mobil ini mencatat angka 18 km per liter.
Untuk Kijang Innova terbaru bermesin bensin, mencatat angka konsumsi bahan bakar 9 km per liter di dalam kota. Sedangkan di jalan bebas hambatan, berada di angka 13 km per liter.
Toyota Kijang Innova diesel matik terbaru memiliki torsi yang lebih besar dibandingkan versi manualnya. (Foto: Instagram/@Indra_Fathan)
Di sisi lain, Toyota Kijang Innova diesel terbaru yang transmisi matik dinilai lebih baik jika dibandingkan Kijang Innova diesel terbaru bertransmisi manual.
Sebagian besar mobil yang transmisi matik memiliki torsi lebih kecil dibandingkan dengan torsi mobil bertransmisi manual. Sehingga kurang responsif saat ingin menambah traksi.
Hal ini menyebabkan banyak konsumen yang memilih mobil bertransmisi manual ketimbang transmisi matiknya.
Namun, Toyota Kijang Innova terbaru bermesin diesel yang transmisi matik berbeda dengan mobil matik lain pada umumnya. Torsi dari mesin mobil ini lebih besar jika dibandingkan dengan torsi mesin Kijang Innova diesel terbaru yang transmisi manual.
Sempat disinggung sebelumnya, mesin Kijang Innova diesel matik terbaru dapat menghasilkan torsi maksimal 367 Nm pada putaran mesin 1.200 hingga 2.600 rpm . Informasi ini sebagaimana dilansir dari situs resmi Toyota.astra.co.id.
Pada mesin Kijang Innova diesel terbaru bertransmisi manual, menghasilkan torsi sebesar 349 Nm pada putaran 1.200 sampai 2.800 rpm.
Spesifikasi Toyota Kijang Innova Terbaru
Seperti diketahui, Toyota Kijang Innova telah mendapatkan penyegaran pada bagian eksterior maupun interiornya. Dari segi dimensi, Kijang Innova terbaru memiliki ukuran panjang 4.735 mm, lebar 1.830 mm, dan tinggi 1.795 mm.
Mobil ini telah disematkan dengan dua suspensi yang mumpuni. Yakni Double Wishbone with Coil Spring and Stabilizer pada bagian depan dan Link with Coil Spring and Lateral Road di bagian belakang.
Jika melihat tampilan Kijang Innova terbaru ini secara keseluruhan, terlihat lebih modern serta stylish dibandingkan model sebelumnya.
Pada bagian depan, disematkan LED projector headlamp yang dapat memberikan pencahayaan terang. Sehingga mobil ini dapat dibawa berkendara dengan aman saat malam hari atau cuaca berkabut sekali pun.
Selain itu, turut disematkan fog lamp (lampu kabut) dan rear bumper dengan ukuran lebar yang membuat tampilan depan Kijang Innova terbaru terlihat aerodinamis.
Tidak kalah dengan eksteriornya, interior Toyota Kijang Innova terbaru tidak kalah modern. Terdapat 2 DIN CD with MP3, USB/AUX, WMA players, serta Intergrated Rear Blower Air Conditioner untuk penumpang baris kedua.
Dengan demikian, penumpang serta pengemudi bisa merasa nyaman selama perjalanan dan tidak kebosanan sampai tujuan.
Selain itu, terdapat juga fitur tambahan berupa monitor seluas 8 inci yang disematkan di bagian atap pada Kijang Innova terbaru tipe V ke atas.
Untuk menunjang keselamatan pengemudi dan para penumpang, Kijang Innova terbaru telah dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan yang canggih dan cukup lengkap.
Baca Juga:
- Baru 3 Bulan Meluncur, Harga Toyota Fortuner dan Kijang Innova Naik
- Penawaran Menarik Bagi yang Ingin Trade In dengan Mobil Baru Toyota
Mobil tersebut mempunyai fitur Dual SRS Airbags, Side Impact Beam, Collapse Steeering Column, New Seatbelt dengan Pretensioner. Serta Force Limiter pada semua tipe Toyota Kijang Innova terbaru.
Tidak hanya itu, Kijang Innova terbaru juga sudah dibekali dengan berbagai fitur keamanan yang canggih. Mulai dari fitur Integrated Key yang dilengkapi Toyota Auto Alarm, Wireless Door Lock, Power Windows, dan Power Door Lock.
Pada tipe G, disematkan fitur Rear Parking Sensor yang dapat memberikan kemudahan bagi pengemudi saat ingin parkir. Selain itu, terdapat fitur lainnya berupa Corner Sensor dan Outher Mirror With Turning Signal Lamp pada Kijang Innova terbaru tipe V.
Menariknya, Kijang Innova terbaru sudah mengandalkan kerangka GOA (Global Outstanding Assement) Body. Ini diklaim dapat menjamin perlindungan secara menyeluruh untuk pengguna mobil ini pada semua tipe.
Mobil ini pun telah dilengkapi dengan sistem pengereman yang handal dan mumpuni. Pada bagian depan, menggunakan rem cakram berventilasi serta rem tromol di bagian belakang.
Tidak ketinggalan, semua tipe Kijang Innova terbaru juga sudah dilengkapi teknologi pengereman tambahan berupa ABS atau LSPV.
Untuk menjamin stabilitas saat berkendara, mobil ini telah didukung dengan Electronic Power Steering. Ini membuat Kijang Innova terbaru stabil saat dibawa berkendara.
Bagi yang tertarik membeli Toyota Kijang Innova terbaru ini, harus memiliki budget lumayan besar. Dilansir dari web resmi Toyota, mobil tersebut dijual seharga Rp300 hingga 400 jutaan On The Road (OTR) DKI Jakarta.
Penulis: Nadya
Editor: Lesmana