Berita Mobil Sumber informasi

All New Honda Brio Paling Laris Model LCGC

Jakarta – Melihat catatan data PT Honda Prospect Motor selaku Agen Pemegang Merek mobil Honda di Indonesia, sudah lebih dari 200.000 unit Honda Brio sudah terjual sejak kemunculannya pertama di 2012 lalu. Bahkan si “mungil” ini menjadi tulang punggung penjualan Honda di Indonesia.

Sedangkan untuk All New Brio generasi ke dua yang baru diluncurkan belum lama ini di GIIAS 2018 sudah mencatat angka inden sebanyak 4.000 ribu unit. Pihak HPM sudah melakukan distribusi 200 unit pertama ke konsumen mulai Oktober ini.

Merek mobil asal Jepang ini hingga akhir tahun menargetkan penjualannya 12 ribu unit. Bila di breakdown angka target sisa bulan hingga akhir 2018 rata-rata 4.000 unit per bulan.

Menurut Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual HPM, menjelaskan meski kondisi ekonomi dan pasar otomotif nasional cenderung stagnan pihaknya optimistis akan mencapai target.

“Kita melihat jumlah inden All New Brio mencapai 4.000 unit lebih, sejak diluncurkan pertama kali di  ajang GIIAS 2018, Agustus lalu. Dari total tersebut, sebanyak 35 persen merupakan pemesanan untuk All New Brio RS dan sisanya untuk tipe Satya,” ujarnya saat media test drive All New Brio di kawasan Uluwatu, Bali, Rabu malam (17/10).

Boleh dikatakan target yang di pasang PT.HPM sangat wajar bila melihat minat konsumen. Selain mendapatkan penyegaran di sisi eksterior, pasar mobil perkotaan ini pasarnya masih “sumringah” di Tanah Air.

Varian LCGC yang Paling Laris

Sebagai informasi generasi kedua dari Honda Brio ditawarkan dalam lima varian, yang terdiri dari tipe All New Honda Brio Satya E M/T, All New Honda Brio Satya E CVT, All New Honda Brio RS M/T, dan All New Honda Brio RS CVT.

Sementara warna bodi yang tersedia terdiri dari Taffeta White, Lunar Silver Metallic, Modern Steel Metallic. Serta Crystal Black Pearl, Rallye Red dan Carnival Yellow.

“65 persen memilih Brio Satya dan sisanya type RS  yang otomatis, tapi kalau Satya seimbang antara manual dan matik. Kalau warna kira-kira putih yang paling laris. Namun  ini belum terlalu keliatan, nanti akan berubah terus,” ujar Jonfis.

Tampilan All New Honda Brio saat ini lebih sport setelah mengalami beberapa penyempurnaan di berbagai aspek. Misalnya  memperluas ruang bagasi hingga 90 mm untuk menyediakan kapasitas yang lebih besar. Selain itu juga lebih panjangnya jarak sumbu roda hingga 60 mm untuk menciptakan ruang duduk belakang yang lebih besar.

Desain pintu belakang juga diubah menjadi model Tailgate, berbeda dengan tampilan generasi sebelumnya. Meskipun banyak perubahan di sisi Eksterior, untuk jantung pacu masih tetap sama menggunakan mesin 1.2 L i-VTEC 4 silinder yang telah disempurnakan.

Penyempurnaan yang dilakukan salah satunya mengembangkan teknologi i-VTEC dengan katup tunggal dalam kisaran rpm rendah sehingga mesin akan mendapatkan satu intake Valve per-silinder. Strategi yang dilakukan Honda terhadap Brio akan membuat panas di segmennya, kita lihat saja.(dol)

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts