Mobil

Belasan Tahun Menghilang, Konfigurasi 7-Penumpang Baru Ada di Honda CR-V Terbaru

Honda CR-V generasi terbaru berpotensi menjadi yang terlaris. (Foto:; Carmudi)

Jakarta – Honda CR-V termasuk salah satu SUV favorit di kalangan masyarakat. Mobil ini menawarkan kenyamanan sekaligus penampilan yang gagah. Kisah Honda CR-V di tanah air cukup panjang, dimana model terbaru menjadi reinkarnasi CR-V pertama yang masuk ke Indonesia.

Honda Motor Corporation pertama kali memperkenalkan Honda CR-V pada 1995, tapi baru masuk ke Indonesia pada tahun 2000, sebagai sebuah SUV “Cross Country”. Kenyamanan CR-V ini berasal dari platform yang digunakan, karena SUV ini menggunakan sharing platform dengan model Honda lainnya yaitu Honda Civic.

Pada saat itu, cuma CR-V untuk pasar Indonesia yang memiliki konfigurasi 7-seater. Di negara lainnya, CR-V Gen-1 dilengkapi dengan picnic table yang disimpan di bagasi belakang. Setelah sekian lama menghilang, PT Honda Prospect Motor kembali menghadirkan CR-V versi 7-penumpang dalam varian 1.5L Turbo dan 5 seater untuk varian 2.0 di generasi terbaru.

Honda CR-V generasi pertama juga memiliki konfigurasi kursi untuk 7-penumpang

Honda CR-V dikembangkan dengan frame monocoque dan dilengkapi dengan MacPherson Strut & Multi-Link Suspension. Rancangannya tentu berbeda dengan kebanyakan model SUV yang berbasis ladder frame, karena CR-V dirancang untuk tingkat kenyamanan dan kestabilan yang lebih baik.

Secara dimensi, Honda CR-V generasi kelima ini sebenarnya lebih pendek 11 mm dari versi sebelumnya. Namun, Honda dengan kepiawaiannya bisa membuat kabin CR-V bisa mengakomodir tiga baris kursi. Rahasianya berasal dari penambahan wheelbase 20 mm dan membuat tangki bahan bakar lebih tipis.

Kabin Super Lega ala Honda CR-V Terbaru

All new Honda CR-V

Baris ketiga All new Honda CR-V. Foto/Carmudi Indonesia.

Honda selama ini memang dikenal sebagai pabrikan mobil yang mampu merancang kabin lega di balik dimensi mobil yang biasa. Pabrikan ini menerapkan prinsip “Man Maximun Machine Minimum” di hampir setiap model. Prinsip ini juga coba dipenuhi pada Honda CR-V terbaru dengan kabin yang terasa lega untuk 7-penumpang.

Sempat disinggung di atas, kabin menjadi lapang karena terdapat penambahan wheelbase 20 mm dan membuat tangki bahan bakar lebih tipis untuk mengakomodir ruang bagi kursi baris ketiga. Adanya panoramic sunroof membuat setiap penumpang akan merasa lega di dalam kabin.

Soal penyimpanan barang juga patut kita apresiasi dari CR-V terbaru ini. Sebab, CR-V dengan pemisah false floor yang bila diletakkan di bawah dengan model Lower Mode. Bagasinya dapat menyimpan barang seukuran 3 galon air besar bahkan ketika setiap 7-jok sedang terbuka.

Bila kita naikkan lantai tersebut menjadi Upper Mode, maka anda dapat menyembunyikan barang dengan rapi di bawahnya. Ketika jok baris ketiga dan dua dilipat semuanya, menghasilkan lantai yang sangat rata dari belakang sampai depan.

Kabinnya juga nyaman karena didukung sistem audio video dengan layar sentuh 9”, yang sudah dilengkapi nanoe system. Membuat kualitas udara di dalam kabin semakin terjaga.

Desain dashboard di konsol tengah terlihat sangat modern dan rapi karena terintegrasi dengan baik oleh desain dual zone climate control di bawahnya. Dashboard bernuansa gelap di tengah hingga door trim yang sama padatnya CR-V seperti SUV keluaran Eropa karena standarnya yang sangat tinggi.

Desain Macho CR-V Bercita Rasa Mobil Eropa

Honda CR-V telah menginjak usia 20 tahun dan diklaim sebagai SUV terlaris di Indonesia. (Foto: Carmudi/Yongki)

Harga Honda CR-V memang tak lagi murah, tembus angka Rp 500 juta alias setengah miliar rupiah. Dengan uang segitu, tentu pembeli Honda CR-V terbaru menginginkan suatu mobil yang value for money dari sisi desain. Honda lantas menyodorkan bahasa desain “Solid Wing Face” dengan penampilan mewah seperti mobil Eropa.

Desainnya terlihat lebih berotot dan atraktif dengan fender yang lebar dan bodi keseluruhan yang memiliki banyak lekukan. CR-V terbaru kini lebih banyak menampilkan ornamen yang menggunakan lampu LED. Mulai dari lampu depan, yang sudah dilengkapi juga dengan LED Daytime Running Light (DRL), lampu kabut, hingga lampu belakang yang dikombinasikan dengan LED Light Bar.

Penggunaan tailgate spoiler terbaru, dengan kombinasi dual exhaust pipe dan finisher, semakin memerlihatkan kesan kokoh di area belakang. Power Panoramic Sunroof menegaskan bila SUV ini mengutamakan kemewahan dan kenyamanan. Makin keren lagi pintu bagasi juga sudah elektrik, jadi kita tidak perlu repot saat buka tutup karena bisa bergerak secara otomatis.

Mesin Turbo Dari Civic Bikin CR-V Lebih Perkasa

mesin honda cr-v terbaru termasuk yang terbesar di kelasnya (dok.carmudi indonesia)

Honda melakukan penyeragaman mesin pada beberapa model mereka. Pada generasi kelima CR-V, SUV ini memakai mesin 1.5 Liter DOHC Direct Injection VTEC Turbo with Earth Dreams Technology.

Mesin berkode L15B, 4-silinder segaris ini boleh saja hanya berkapasitas 1.498 cc. Tapi berkat bantuan teknologi DOHC, gasoline direct injetion dan yang terpenting, turbocharger, tenaga maksimalnya mencapai 190 PS pada 5600 rpm, serta torsi maksimal 24.8 Nm pada 2000 – 5000 rpm.

Besaran tenaga ini bahkan melampaui CR-V generasi sebelumnya saat masih berbekal mesin 2.4 liter. Bukan hanya itu, mesin yang diadopsi dari Civic ini tenaganya lebih besar 27 hp dibanding Civic. Lonjakan tersebut karena ubahan fin di keongnya dari 11 menjadi 9, sedangkan torsi 240 Nm boleh dikatakan mengimbangi pesaing bermesin bensinnya.

Honda CR-V terbaru juga memiliki power to weight ratio (PWR) yang lebih baik dibanding pesaingnya yang menggunakan rangka ladder-frame. Sebab, bobot kosong CR-V Turbo di 1.649 kg dan tenaganya 188 dk (190 ps), maka angka PWR-nya bisa dipatok di 8,68 kg/ps.

Bila dibandingkan dengan SUV ladder-frame konvensional bermesin diesel, mobil ini berbobot di 2.600 kg. Maka dengan tenaga 179 hp (181 ps), raihan PWR-nya hanya mentok di 10,69 kg/ps saja. Artinya, performa CR-V yang menjadi lebih cepat dan konsumsi bahan bakar yang lebih baik.

Honda CR-V Terbaru dengan Teknologi Hybrid Siap Menanti

Honda-CR-V terbaru (Foto: Paultan)

PT Honda Prospect Motor masih memasarkan CR-V dengan model yang diluncurkan pada 2017 lalu. Padahal, CR-V sudah mengalami facelift di mancanegara, dan tersedia dalam varian hybrid juga. Penampilan Honda CR-V terbaru tak kalah keren dari yang sekarang, dengan bumper baru dengan desain lebih lebar dan panel krom yang diperkcantik sepasang lampu kabut DRL berbentuk horizontal.

Desain ‘Solid Wing Face’ kian gagah dengan headlamp sipit mengapit gril yang dipadukan dengan warna hitam dan krom. Desain belakang tidak banyak berubah, ubahan sebatas grafik baru untuk lampu berwarna gelap dan hiasan krom tepat di bawah kaca. Bumper ikut diperbarui agar tampak lebih rata, yang dipercantik muffler cap berbentuk trapesium.

Makin istimewa, pada varian hybrid ini CR-V memakai penggerak all wheel drive. Torsi mesin secara presisi dan cepat ke roda depan dan belakang melalui kontrol elektronik, membuat Honda CR-V Hybrid 4WD mudah menaklukkan jalan bersalju atau tanjakan ekstrim.

Untuk sumber tenaga, CR-V hybrid didukung mesin bensin 2.0 liter empat silinder ditambah dua motor listrik dan baterai di bawah lantai mobil. Tenaga yang dihasilkan dari perpaduan kinerja mesin dan motor listrik sebesar 212 hp. Varian ini menggunakan Intelligent Multi-Mode Drive (i-MMD), sebuah sistem yang sama seperti di Accord Hybrid yang membuat mobil kian responsif.

kabin Honda CR-V kini dibuat semakin lega karena leg room kursi baris ketiga bertambah 50 mm dibandingkan model Honda CR-V sebelumnya. Duduk di kursi belakang tidak lekas lelah karena pegas yang ditanam di dalam jok baris ketiga. Dengan adanya kursi baris ketiga ini tentunya juga mengakomodir selera masyarakat di Indonesia yang gemar bepergian bersama.

Penulis: Yongki

Editor: Lesmana

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: tutus.subronto@icarasia.com

Related Posts