Berita

Bukan CR-V Biasa, Versi Hidrogen Ini Jadi yang Pertama Turun di Balap Pikes Peak

CaliforniaHonda menurunkan CR-V e:FCEV dalam ajang balap tahunan Broadmoor Pikes Peak International Hill Climb 2025 di Amerika Serikat.

Keikutsertaan ini menjadi tonggak penting karena CR-V e:FCEV menjadi mobil hidrogen pertama yang ikut serta dalam balapan menanjak legendaris itu.

Meski hanya berlaga di kelas exhibition, Honda tetap mempersiapkan CR-V e:FCEV secara serius.

Bukan CR-V Biasa, Versi Hidrogen Ini Tantang 156 Tikungan Pikes Peak

(Foto: Honda)

Walau mobil elektrifikasi bertenaga hidrogen ini menggunakan sistem powertrain standar, tanpa modifikasi apa pun pada motor listrik maupun sel bahan bakarnya.

Penyesuaian hanya dilakukan pada bagian suspensi yang diturunkan satu inci, penggunaan rem balap, dan pemasangan ban Yokohama Advan A052 berukuran 265/45R18.

Lantas untuk kebutuhan keselamatan, mobil ini dilengkapi dengan jok balap dan roll bar khusus.

Baca juga: Honda Buka Pemesanan Step WGN e:HEV Jelang GIIAS 2025

Di lintasan Pikes Peak yang terkenal ekstrem, mobil ini dikendarai oleh Dai Yoshihara, pembalap HRC US yang juga dikenal sebagai juara Formula Drift dua kali.

Dalam pelaksanaannya, Honda mengerahkan dukungan teknis penuh dari HART, Honda R&D Japan, dan Honda Racing Corporation USA (HRC US).

Spesifikasi CR-V Hidrogen

CR-V e:FCEV dibekali sistem fuel cell generasi kedua yang diproduksi di fasilitas Fuel Cell System Manufacturing (FCSM), Michigan.

Mobil ini menggunakan motor listrik tunggal di bagian depan, baterai berkapasitas 17,7 kWh, dan dua tangki hidrogen bertekanan tinggi.

Seluruh unit dirakit secara eksklusif di Honda Performance Manufacturing Center (PMC) yang berada di Marysville, Ohio.

Honda CR-V Fuel Cell

(Foto: Suzuki)

Hal ini menjadikannya satu-satunya kendaraan penumpang berbasis fuel cell Honda yang diproduksi di Amerika Serikat.

Dirancang sebagai crossover kompak yang menyenangkan dikendarai, CR-V :FCEV menghasilkan tenaga 174 PS dan torsi 229 Nm.

Honda mengklaim kendaraan ini punya akselerasi responsif, efisiensi tinggi, karakter pengendalian yang sporty, dan stabil.

Menariknya, CR-V e:FCEV tidak hanya mengandalkan teknologi fuel cell, tapi juga dibekali kemampuan plug-in.

Pengguna bisa menempuh jarak hingga 29 mil atau sekitar 47 kilometer hanya dengan tenaga baterai dan jarak tempuh totalnya mencapai 270 mil atau sekitar 435 kilometer.

Saat ini, Honda menawarkan CR-V e:FCEV untuk disewa oleh konsumen di negara bagian California.

Baca juga: Honda New HR-V 2025 Bawa Fitur Unggulan Sebelumnya Meski Harga Ditekan

Penulis: Mada Prastya
Editor: Santo Sirait

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: mada.prastya@icarasia.com

Related Posts