Jakarta – Saat di luncurkan Maret 2015 lalu, Yamaha NMax langsung mencuri perhatian para pecinta motor matic bongsor di Indonesia. Dengan bodi bongsor meskipun mesinnya hanya berkapasitas 150cc, tetap menjadi tren dikalangan pengguna muda.
Yamaha NMax sangat nyaman saat dipacu di jalanan Jakarta meskipun dalam kondisi macet. Bahkan tidak jarang, motor matic ini dijadikan pilihan para penggunanya untuk dibawa touring.
Memang sudah menjadi rahasia tersendiri, saat motor baru di luncurkan. Banyak juga modifikasi yang ingin dilakukan, sekedar merubah tampilannya saja atau memodifikasi mesin motornya.
Dengan alasan tersebut, team Carmudi Indonesia mencoba mencari tahu. Separpart apa saja sih yang diperlukan agar tarikan dan kecepatan NMax bisa bertambah.
Ditemui di tokonya New Gaya Motor di kawasan Otista, Jakarta Timur, Ateng selaku manager New Gaya Motor mengatakan ada beberapa perubahan yang harus dilakukan untuk menambah tenaga.
”Biasanya sih kalau mau nambahin kecepatan, harus dirubah CDI, blok mesin, sama jangan lupa disk breaknya. Itu standarnya kalau mau jadiin NMaxnya, jadi semakin cepet larinya,” ujarnya, Kamis (19/1).
Baca Juga – Give Me 5 : Aksesoris Yamaha NMax Paling Diburu
Isi Konten
Mau Menambah Kecepatan Motor, Perhatikan Hal-Hal berikut ini
CDI (Capasitor Discharge Ignition)
Sparepart ini mempunyai banderol berkisar Rp 1 juta sampai Rp 2 juta. Bisa didapatkan di beberapa toko onderdil atau spare part. Itu bukan harga mati, yang jelas setiap toko berbeda harganya.
Alat ini fungsi utamannya mengatur waktu untuk meletikan api pada busi. Untuk memicu pembakaran pada ruang bakar mesin.
Blok Mesin Full Set:
Berbicara mesin yang ingin menambahkan tenaga jangan lupa untuk mengganti blok mesin. Ini sangat berpengaruh, jangan lupa ganti secara keseluruhan.
Masalah harga dibanderol mulai Rp 1,3 juta sampai Rp 2 juta. Fungsi utamanya adalah sebagai tempat untuk menghasilkan energi panas dari proses pembakaran bahan bakar.
Piringan Cakram :
Nah, setelah beberapa komponen itu diganti, jangan lupa untuk mengganti piringan cakram. Ini untuk mendukung faktor keselamatan dalam berkendara .
Berbicara harga, piringan cakram ini dibanderol mulai Rp 500 ribu sampai Rp 1.3 juta. Fungsi utamanya untuk menahan laju kendaraan saat dibutuhkan.
Saran : Saat kecepatan motor sudah bertambah, baiknya cakram rem juga harus diganti. Agar pada saat mengerem, motor bisa langsung berhenti dijalan.
Modal Rp4 Jutaan Bisa Bikin Yamaha NMax lebih Ngacir
“Ya biaya untuk ngerubah motor dari speed standar ke racing kira-kira Rp 4 jutaan lah, Dijamin larinya jadi makin ngacir dijalan. Tapi ya sabar aja, kalau bensin jadi cepet abis,” pungkas Ateng, Rabu (18/1).
Gimana, tertarik untuk utak-atik mesin NMax Kamu? Siapin dana dulu. Seperti dikatakan sang master modifikasi bro Ateng Geboy, saat mesinnya sudah berubah, konsumsi bahan bakar juga pasti mengikutinya alias jadi boros. (Dol)