Contoh Modifikasi Yamaha Vixion, Banyak Tema Keren Anti Alay

Jakarta – Yamaha Vixion pernah menjadi motor naked sport terlaris di Indonesia. Banyaknya pengguna Yamaha Vixion tentunya memunculkan beragam tema modifikasi yang menarik. Dengan modal yang minim, kalian bisa membuat penampilan Vixion kesayangan makin ganteng.
Selain hadir dengan spesifikasi yang berkualitas, tampilan desain Yamaha Vixion juga cukup menarik ketika dimodifikasi. Kunci untuk memodifikasi motor Vixion ini memang dibutuhkan ketelitian dan kreativitas memilih konsep. Salah-salah, Vixion yang kita ubah hasilnya malah norak seperti milik kaum alay dan jamet.
Poin penting lainnya dari modifikasi Yamaha Vixion yaitu pemilihan part yang berkualitas. Jangan sampai, kita hanya asal pasang part tapi tidak tahan lama dan secara material tidak awet. Vixion milik kalian bisa dimodifikasi dengan banyak tema, mulai dari modifikasi japstyle, scrambler, adventure, dan masih banyak lagi.
Biasanya, bengkel modifikasi atau builder juga telah menyiapkan paket ubahan dengan part yang tinggal pasang dan hanya perlu melakukan sedikit ubahan. Dengan begini, kalian tidak kesulitan bila ingin mengembalikan wujud Vixion ke standarnya bila sudah bosan atau ingin dijual.
Saat ingin memodifikasi Vixion kesayangan, pastikan terlebih dahulu tema yang kalian pilih ini cuma untuk kontes, atau pemakaian sehari-hari. Bila masih digunakan untuk kendaraan harian, maka kenyamanan dan fungsi wajib diutamakan. Biar tidak bingung, berikut ini contoh tema modifikasi Yamaha Vixion yang bisa kalian jadikan inspirasi.
Isi Konten
Modifikasi Yamaha Vixion ala Cafe Racer
Gaya modifikasi Cafe Racer memang sedang di gandrungi di Tanah Air karena terkesan klasik dan juga menonjolkan performa motor. Biasanya pengguna modifikasi ini mengunakan motor-motor naked seperti Yamaha Vixion. Naked bike bikinan produsen cap garpu tala ini memiliki perfoma mesin yang sudah oke sehingga tidak perlu melakukan perubahan pada perfoma mesinnya.
Vixion cocok diubah jadi cafe racer karena struktur rangka Deltabox juga terbilang proposional sekali untuk di rubah ke aliran modifikasi ini. Lebih pas lagi sebenarnya bila memakai basisnya dari Vixion generasi pertama yang masih memakai lampu bulat karena tidak terlalu banyak ubahannya.
Ubahan yang perlu kalian lakukan yaitu pada bagian body, tangki, headlamp, setang berikut speedometer, hingga velg yang memakai jari-jari. Kalaupun ada penyesuaian, biasanya pada bagian subframe. Rangka di buntut bisa saja dipotong atau ditambah dudukan untuk spakbor minimalis.
Yamaha Vixion Bergaya Streetbike Untuk Harian
Kalian yang tidak ingin melakukan modifikasi Yamaha Vixion yang cukup ekstrim sampai potong rangka, mungkin bisa memilih tema Streetbike untuk harian. Jenis modifikasi ini cocok diperuntukkan bagi kamu yang memiliki tubuh yang besar.
Modifikasi ini sifatnya bolt on atau tinggal pasang karena banyak part yang dijual di toko aksesoris dan variasi motor. Penampilan motor dibuat makin kekar dan bengis namun tidak harus perlu potong atau las rangka.
Secara konsep, Vixion ini akan diubah menjadi motor half fairing seperti Kawasaki Z250. Adanya half fairing bisa melindungi dan mengurangi mesin dari kotoran debu,tanah dan lainnya.
Secara tampilan, fairing ini Membuat motor terlihat lebih berisi dan kekar. Namun kekuranganya, yaitu motor menjadi sedikit lambat karena adanya hambatan angin dari fairing yang lebar. Pembuangan panas pun tidak optimal karena ruang mesin yang tertutup cover.
Agar semakin sporty maka bisa mengganti footstep bawaan Vixion dengan menggunakan underbone merek NUI atau sejenisnya. Posisi kaki jadi lebih mundur ke belakang dan membuat berkendara jadi lebih menunduk.
Bahkan, tema Streetbike ini bisa menyulap Vixion jadi seperti Kawasaki Z250 versi lite atau versi kecil. Kalian bisa memasang batok headlamp Z250 replika.
Tapi untuk pemasangan sebaiknya serahkan pada bengkel atau pihak toko bila menyediakan jasa pasang. Sebab, ada tambahan braket agar headlamp replika Z250 ini bisa menempel pada Yamaha Vixion.
Pasang Cover Headlamp
Kalau sudah bosan dengan headlamp bawaan yang mirip kepala tokoh kartun Shinchan, bisa juga kalian pasangi cover headlamp supaya sangar seperti robot Gundam. Opsi ini jelas lebih murah dan lebih mudah.
Ganti Setang Jepit
Konsep Streetbike ini akan lebih sporty bila posisi setangnya ala underyoke. Maksudnya, kita berkendara juga makin menunduk karena setangnya rendah. Untuk itu, kalian bisa mengganti setang bawaan motor dengan beberapa varian diantaranya stang jepit, stang fatbar dan lain sebagainya.
Pakai Ban dan Cakram besar, Bikin Makin Sangar
Bagian terakhir yang perlu ikut mendapat penyesuaian yaitu bagian kaki-kaki. Tidak perlu sampai ekstrim, cukup ganti ban dengan ukuran yang lebih besar. Naikkan ban belakang dua step dari standar dan ganti ban depan dengan ukuran yang lebih lebar.
Kemudian, upgrade sistem pengereman dengan mengganti cakram bawaan dengan produk aftermarket yang diameternya lebih besar. Cara ini tidak cuma menunjang pengendalian tapi juga penampilan motor yang makin kekar dan sangar.
Modifikasi Yamaha Vixion Bergaya Retro, Adopsi Gaya XSR155
Yamaha akhirnya meluncurkan XSR155 yang ditujukan bagi kalangan bikers penggemar gaya retro. Bagi kalian pemilik Yamaha Vixion, style XSR ini bisa diadopsi untuk tema modifikasi. Sebab, XSR155 ini basisnya juga dari Vixion, yang terlihat jelas dari rangka Deltabox yang menonjol di sisi sampingnya.
Konsep yang diusung XSR155 sebenarnya lebih ke arah scrambler, ciri khasnya pakai lampu dan speedometer bulat, jok rata dari depan ke belakang, serta ban dual purpose. Tema modifikasi retro ini akan semakin pas kalau memakai basisnya dari Vixion generasi pertama yang memakai headlamp bulat.
Tapi pengguna New Vixion Lightning juga bisa kok, bahkan bisa sekalian upgrade headlamp memakai daymaker berteknologi LED. Headlamp daymaker sudah banyak dipakai oleh para builder, seperti Atenk Katros saat menggarap Kawasaki W175 untuk Joko Widodo.
Agar kesan klasik semakin kuat, maka speedometer bawaan Vixion juga harus dilucuti dan diganti dengan panel instrumen minimalis berbentuk bulat. Soal tampilannya bebas sesuai selera, bisa analog atau full digital seperti milik XSR155.
Saat mengganti panel instrumen ini sebaiknya pilihlah yang terdapat indikator bensin. Kalian pasti tidak mau kan tiba-tiba saja kehabisan bensin di jalan karena tidak bisa memantau sisa bensin dari panel instrumen. Sebentar-sebentar berhenti untuk buka tangki mengintip sisa bensin juga tidak praktis.
Gunakan Part Body dan Aksesoris yang Bolt On
Konsep modifikasi bergaya klasik tentunya harus melucuti body standar bawaan Vixion. Tidak perlu bingung, karena sekarang sudah banyak yang menjual paket body ala Japstyle atau Scrambler yang tinggal pasang. Kalian bisa membeli atau memesannya di marketplace seperti Bukalapak atau Tokopedia.
Harganya bervariasi, untuk body dan tangki saja berkisar Rp 1,3 jutaan. Namun untuk paket full set bisa mencapai Rp 3 jutaan yang termasuk setang, headlamp, dan stoplamp. Proses pemesannya bisa memakan waktu hingga sebulan.
Sekalipun bolt on atau memakai part yang universal, namun pemasangan part body sebaiknya dilakukan di bengkel langganan. Sebab, dikhawatirkan ada beberapa part yang butuh membuat braket atau dudukan baru andaikata tidak pas.
Penulis: Yongki
Editor: Lesmana