Berita Mobil Sumber informasi

Dibanderol Hampir Rp800 juta, Ini Istimewanya Mazda All New CX-9

Penulis: Santo Evren Sirait

JakartaMazda All New CX-9 resmi meluncur di Indonesia, mobil jenis Sport Utility Vehicles (SUV) ini hadir dengan desain yang menawan serta menawarkan kenikmatan berkendara ala Mazda. Memiliki bahasa desain Kodo-Soul of Motion, Mazda berhasil menciptakan lekuk indah di tubuh All New CX-9 sehingga tampak atletis dan dinamis.

Dibawa dalam bentuk utuh atau Completely Build UP (CBU) dari Jepang, Mazda All New CX-9 dibaderol Rp798,8 juta on the road Jakarta. Lantas apa istimewanya Mazda All New CX-9 yang di banderol hampir Rp800 juta itu?

“Ini kan adalah SUV 7 seater orang kita kan (Indonesia) cenderung suka yang besar dan lapang, kita masukkan CX-9 karena kami lihat memang ada permintaan untuk yang seven seater yang besar. Kedua kalau kita lihat modelnya memang lebih keren dari pada yang lain dan interiornya pun ada peredam suara bising yang luar biasa lebih bagus dari tipe-tipe lain. Kemudian kita tambah juga audio-nya pakai Bose,” kata ujar Roy Arman Arfandy, Presiden Direktur PT EMI, di sela peluncuran, di Jakarta Selatan.

Ditambahkannya, dengan adanya fitur-fitur terbaru yang disematkan diyakini dapat memanjakan dan membuat penggunanya lebih nyaman berada di mobil.

 

 

Mazda CX9

Inteior baris pertama Mazda CX9. Foto/Carmudi.

Mazda CX9

Interior Mazda CX9. Foto/Carmudi.

Spesifikasi Mazda All New CX-9

Para desainer Mazda berhasil mengembangkan All New CX-9 sehingga tampil lebih keren. Tak hanya sebatas penampilan saja, mereka juga mengkombinasikan fitur baru dan teknologi terkini. Ini menambah kental aroma SUV premium pada All New CX-9.

Pada bagian eksterior All New CX-9 terpasang grille dengan desain khusus yang mempertegas kesan kokoh. Sementara lampu depan dan belakang yang sudah mengadopsi LED dibuat dengan desain eksklusif. Hal ini  untuk memberikan tampilan premium.

Pada sektor kaki-kaki terpasang velg aluminium 20 inci dengan desain yang berani dan tajam yang memberikan kesan berwibawa pada sosok CX-9. Tak cukup sampai di situ, velg-nya juga sudah diberi sentuhan cat berkualitas tinggi membuatnya tampil berkilau.

Nuansa premium pada Mazda All New CX-9 semakin kental terasa ketika memasuki kabin. Material berkualitas yang dipasangkan di kabin mampu menciptakan suasana berkelas. Jok-nya sudah diberi lapisan kulit yang tersedia dalam dua pilihan yaitu black dan silk beige.

Hiburan dalam kabin Mazda telah menyematkan head unit layar sentuh berukuran 8 inci dengan segudang fitur. Seperti radio, USB Port, AUX Jack, Bluetooth, dan lainnya. Selain itu ditambahkan pula speaker Bose 12 titik yang mampu menghasilkan suara berkualitas.

Mazda All New CX-9 menjadi model pertama Mazda yang memiliki full colour Active Driving Display (ADD) yang dipasangkan ke kaca depan.

Sistem Keselamatan Mumpuni

Mobil Jepang ini juga sudah dirancang untuk memaksimalkan dan mengurangi cedera pengemudi maupun penumpang. Dengan memasangkan sistem keselamatan i-Activsense.

Adapun teknologi i-Activsense yang dimiliki oleh Mazda All New CX-9 seperti, Adaptive LED Headlights (ALH), Blind Spot Monitoring (BSM). Rear Cross-Traffic Alert (RCTA), Lane-Departure Warning System (LDWS), Lane-keep Assist System (LAS)

Ada juga Smart City Brake Support [Forward/Reverse] (SCBS F/R), Driver Attention Alert (DAA), Dynamic Stability Control & Traction Control System (DSC/TCS), dan Antilock Brake System (ABS).

Sedangkan sumber tenaga mobil ini berasal dari mesin bensin Skyactive-G berkapasitas 2,5 L empat silinder DOHC 16V dengan turbocharged. Mesin ini diklaim mampu menghasilkan tenaga sekuat 228 hp pada 5.000 rpm dan torsi puncak 420 Nm pada 2.000 rpm.

Tenaga disalurkan ke roda depan lewat transmisi otomatis 6 percepatan. Dengan berat kendaraan sekira 2.505 kilogram Mazda All New CX-9 mampu melaju dalam posisi diam sampai 100 kilometer per jam hanya 8,2 detik. Sementara kecepatan tertinggi 210 km/jam. (dol)

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts