Ferrari 488 Pista Kombinasi Antara Kesenangan Berkendara dan performa Balap

Maranello – Ferrari 488 Pista, penerus seri spesial Ferrari bermesin V8 – 360 Challenge Stradale, 430 Scuderia dan 458 Speciale rencanannya akan meluncur di Geneva Motor Show mendatang.
Mobil ini menandai sebuah langkah maju yang signifikan dari seri spesial sebelumnya baik dalam segi dinamika sporty maupun dalam tingkat teknologi yang diadopsi dari ajang balapan.
Namanya merupakan penghormatan secara langsung terhadap kiprah Ferrari dalam motorsport. Pengembangan mobil ini, berevolusi seiring keterlibatan Ferrari dalam FIA World Endurance Championship. Dimana Ferrari telah memenangkan lima gelar Manufacturer terbaik di kelas GTE dalam enam tahun sejak awal seri.
Pemangkasan berat pada Ferrari 488 Pista, bersama dengan pengembangan performa mesin, aspek dinamika dan aerodinamis kendaraan. Ini merupakan inspirasi dari mobil balap Ferrari: 488 GTE dan 488 Challenge.
Dari hal di atas menawarkan performa layaknya sebuah mobil balap, baik saat dikendarai di jalan raya maupun di sirkuit. Bahkan saat dikendarai oleh seorang pengendara non-professional.
Dibandingkan dengan 488 GTB, model baru lebih ringan 90 kg (1280 kg bobot kering). Jika dikombinasikan dengan kenaikan tenaga mesin terbesar untuk mobil special series (+50 hp), maka akan menghasilkan standard performa baru untuk mobil sport Ferrari dengan mesin V8.
Mesin tersebut menghasilkan daya 720 CV yang merupakan tenaga terbesar di kelasnya (185 hp/l) dan juga yang paling ringan. Ini berkat solusi yang diadopsi dari 488 Challenge, termasuk manifold knalpot Inconel serta poros engkol dan roda gila yang ringan. Selain itu juga berkat fitur-fitur tambahan seperti con rods titanium dan intake plenum dari serat karbon.
Ferrari 488 Challenge juga menyumbang turbo dengan sensor rev terpadu serta disain saluran air intake yang telah dipindahkan dari bagian flank ke area sekitar spoiler belakang. Ini untuk memastikan aliran udara yang lebih bersih.
Torsi yang dihasilkan lebih tinggi dari 488 GTB pada semua tingkat putaran mesin. Memberikan akselerasi yang bertenaga namun halus serta waktu respon turbo yang lebih cepat meski terjadi peningkatan daya.
Suara mesinnya unik dan khas Ferrari, dan intensitasnya lebih tinggi dari 488 GTB di semua tingkat perpidahan gigi. Serta pada semua tingkat putaran mesin seiring dengan peningkatan daya yang progresif.
Menggunakan Desain Baru
Ferrari 488 Pista memanfaatkan sepenuhnya pengalaman Ferrari dalam motor-sport untuk performa aerodinamis yang maksimal bahkan di jalan raya. Di antara solusi balap yang diadopsi adalah S-Duct yang terinspirasi F1 dan disain diffuser depan dengan sudut miring yang dioptimalkan menciptakan daya hisap yang kuat untuk meningkatkan downforce.
Generator vortex di bawah bodi mobil juga telah didesain ulang. Diffuser belakang menggunakan dudukan ganda seperti pada 488 GTE untuk meningkatkan ekstraksi udara dan menghasilkan downforce dibandingkan dengan diffuser tradisional.
Selain itu, spoiler belakang juga dibuat lebih tinggi dan lebih panjang serta bentuknya lebih optimal. Hasil akhir dari semua intervensi ini adalah kenaikan yang mengesankan dalam hal downforce sebesar 20%.
Dinamika kendaraan telah dirancang untuk meningkatkan kesenangan berkendara, dan menghadirkan seluruh potensi yang dimilki. Tersedia bagi semua pengendara, baik pengendara profesional maupun lainnya. Tujuannya agar performa tertinggi dapat dengan mudah dicapai dan dikendalikan.
Pemilihan suspensi disempurnakan dengan ban baru yang dikembangkan khusus untuk 488 Pista oleh Michelin. Desain 488 Pista difokuskan pada konsep aerodinamis fungsional, sementara kokpit dirombak ulang sesuai dengan tema sporty.
Desain Ferrari menggunakan elemen inovatif, seperti S-Duct aerodinamis di bagian depan, untuk memberikan kesan visual bagian hidung yang lebih pendek dan menciptakan efek sayap mengambang.
Skema warna-warna balap merupakan bagian integral dari desain mobil dan caranya menyatu dengan S-Duct menonjolkan bentuk Berlinetta yang ringkas namun berkesan. Sisi yang kontras pada elemen aerodinamis seperti bemper dan struktur penguat tambahan pada desain.
Konsep bagian depan juga tercermin pada spoiler belakang berbentuk ekor lumba-lumba yang disanggah untuk memberi kesan ringan dan efisien, sementara volume bagian belakang menambah kesan bertenaga.
Kesan dasar dari mobil untuk tujuan ekstrim ditegaskan dengan penggunaan untuk pertama kalinya pada Ferrari yaitu pilihan pelek karbon baru berukuran 20 inci, sementara bagian lain yang menggunakan bahan serat karbon adalah kap mesin, bemper dan spoiler belakang. (dol)