Mobil

Ferrari GTC4Lusso: Gran Turismo V12 dengan Sentuhan Kenyamanan

Nama Ferrari selalu identik dengan mobil sport berdarah balap dan performa buas, tapi lewat GTC4Lusso, pabrikan asal Maranello mencoba menyuntikkan sisi lain: kepraktisan dan kenyamanan untuk perjalanan jarak jauh.

Mobil ini memang bukan Ferrari biasa sebab ia tampil dalam format shooting brake alias hatchback panjang yang sanggup membawa empat penumpang sekaligus, tanpa kehilangan ciri khas mesin V12 yang meraung ganas.

Ferrari GTC4Lusso_ Gran Turismo V12 dengan Sentuhan Kenyamanan

(Foto: Ferrari)

Debutnya di Geneva Motor Show 2016 langsung menarik perhatian karena desain yang unik dan teknologi canggih seperti penggerak semua roda dan sistem kemudi empat roda.

Ferrari menyebut GTC4Lusso sebagai evolusi dari FF, tapi dengan penyempurnaan di berbagai sisi, baik dari segi dinamika berkendara maupun kualitas interior.

Isi Konten

Harga dan Posisi Ferrari GTC4Lusso di Pasar

Sebagai salah satu model unik dalam lini produk Ferrari, GTC4Lusso diposisikan di segmen mobil mewah berperforma tinggi, tepatnya di kelas Gran Turismo eksklusif.

Mobil ini menjadi pilihan bagi konsumen yang menginginkan performa khas Ferrari, tapi tanpa harus mengorbankan kenyamanan berkendara jarak jauh atau daya angkut untuk lebih dari dua orang.

Di pasar global, harga GTC4Lusso saat pertama kali diluncurkan berada di kisaran US$300.000, tergantung pada opsi personalisasi yang dipilih pembeli.

Di Indonesia, statusnya sebagai mobil impor CBU dan terbatas membuat harganya jauh lebih tinggi.

Berdasarkan pantauan di berbagai sumber, banderol unit baru GTC4Lusso di Tanah Air sempat menembus angka lebih dari Rp12 miliar off-the-road.

Harga tersebut tentu saja bisa bertambah bila pemilik memilih paket kustomisasi interior, warna eksterior spesial, atau fitur tambahan lainnya.

GTC4Lusso memang tidak masuk kategori supercar murni di dalam lini Ferrari, tapi mobil ini tetap membawa karakteristik performa tinggi yang menjadi ciri khas brand tersebut.

Mobil ini juga termasuk salah satu dari sedikit Ferrari yang menawarkan fleksibilitas lebih tinggi—dilengkapi sistem penggerak AWD, kapasitas bagasi yang layak, serta kabin yang betul-betul bisa menampung empat orang dewasa dengan nyaman.

Kehadiran GTC4Lusso memperluas daya tarik Ferrari ke segmen konsumen yang membutuhkan mobil performa tinggi, tapi juga mengutamakan aspek kenyamanan, gaya hidup, dan kepraktisan.

Hal tersebut membuatnya menjadi pesaing yang unik sekaligus kuat di segmen Gran Turismo mewah, berdampingan dengan model seperti Aston Martin DB11, Bentley Continental GT, hingga Porsche Panamera Turbo.

Ferrari GTC4Lusso_ Gran Turismo V12 dengan Sentuhan Kenyamanan (1)

(Foto: Ferrari)

Baca juga: Ferrari 12Cilindri Meluncur di Indonesia, Tawarkan Performa Luar Biasa

Spesifikasi Mesin Ferrari GTC4Lusso

Ferrari GTC4Lusso mengandalkan mesin V12 berkapasitas 6.262 cc yang masih mengusung konfigurasi naturally aspirated alias tanpa turbo.

Mesin tersebut termasuk salah satu mesin naturally aspirated paling bertenaga yang pernah dikembangkan Ferrari untuk mobil produksi jalan raya.

Tenaga disalurkan ke keempat roda melalui sistem penggerak AWD canggih yang dipadukan dengan teknologi 4-wheel steering, memberikan handling yang presisi dan grip maksimal di berbagai kondisi.

Performa mesinnya mencerminkan DNA Ferrari yang khas: agresif, responsif, dan tetap halus saat dipacu di kecepatan tinggi.

Meski bodinya lebih besar dari Ferrari sport dua pintu pada umumnya, GTC4Lusso tetap mampu mencatatkan akselerasi 0–100 km/jam dalam waktu hanya 3,4 detik—angka yang sangat impresif untuk mobil GT berbobot lebih dari 1,9 ton.

Berikut data spesifikasi teknisnya:

Spesifikasi Keterangan
Mesin 6.262 cc V12 Naturally Aspirated
Tenaga Maksimum 680 hp @ 8.000 rpm
Torsi Maksimum 697 Nm @ 5.750 rpm
Transmisi 7-percepatan dual-clutch (F1 DCT)
Penggerak AWD (Ferrari 4RM Evo)
Akselerasi 0–100 km/jam 3,4 detik
Kecepatan Maksimal 335 km/jam
Konsumsi BBM rata-rata ±15 liter/100 km (kombinasi WLTP)
Kapasitas Tangki BBM 91 liter
Panjang x Lebar x Tinggi 4.922 x 1.980 x 1.383 mm
Jarak Sumbu Roda 2.990 mm
Bobot Kosong ±1.920 kg
Kapasitas Penumpang 4 orang
Kapasitas Bagasi 450 liter
Suspensi Magnetic Suspension (SCM-E)
Sistem Kemudi Rear-wheel Steering (4WS)
Sistem Rem Carbon-Ceramic Disc Brakes

 

Ferrari GTC4Lusso_ Gran Turismo V12 dengan Sentuhan Kenyamanan (2)

(Foto: Wikipedia)

Perbedaan Ferrari GTC4Lusso dan GTC4Lusso T

GTC4Lusso hadir dalam dua varian utama: versi standar dengan mesin V12 dan versi “T” yang menggunakan mesin V8 turbo. 

Meski secara tampilan luar nyaris identik, keduanya menawarkan karakter performa dan pengalaman berkendara yang berbeda cukup signifikan.

Varian utama GTC4Lusso dibekali mesin V12 6.262 cc naturally aspirated yang dipadukan dengan sistem penggerak semua roda (AWD). Mesin ini menghasilkan tenaga 680 hp dan torsi 697 Nm, disalurkan ke empat roda melalui transmisi 7-percepatan dual-clutch.

Kombinasi tenaga besar, suara mesin V12 yang khas, dan kehadiran penggerak AWD membuat varian ini cocok untuk pengemudi yang mencari sensasi berkendara maksimal tanpa kompromi, bahkan di medan jalan yang bervariasi.

Di sisi lain, GTC4Lusso T hadir sebagai varian yang lebih ringan, hemat bahan bakar, dan lebih ramah digunakan untuk kebutuhan berkendara sehari-hari.

Ia dibekali mesin V8 twin-turbo 3.855 cc yang menghasilkan tenaga 601 hp dan torsi lebih tinggi, yakni 760 Nm.

Tenaga disalurkan ke roda belakang saja (RWD), tanpa sistem AWD seperti pada versi V12. Bobotnya pun lebih ringan sekitar 80 kg karena absennya sistem penggerak empat roda.

Walaupun akselerasinya sedikit lebih lambat dibanding versi V12—0–100 km/jam ditempuh dalam 3,5 detik—GTC4Lusso T menawarkan karakter berkendara yang lebih gesit, khususnya saat melaju di area perkotaan atau menghadapi lalu lintas padat.

Penyesuaian ini membuatnya lebih rasional bagi konsumen yang ingin Ferrari GT dengan karakter lebih halus dan ramah untuk penggunaan harian.

Aspek GTC4Lusso (V12) GTC4Lusso T (V8)
Mesin 6.3L V12 Naturally Aspirated 3.9L V8 Twin-Turbo
Tenaga Maksimum 680 hp @ 8.000 rpm 601 hp @ 7.500 rpm
Torsi Maksimum 697 Nm @ 5.750 rpm 760 Nm @ 3.000–5.250 rpm
Penggerak AWD (4RM Evo) RWD
Akselerasi 0–100 km/jam 3,4 detik 3,5 detik
Bobot Kosong ±1.920 kg ±1.840 kg
Karakter Berkendara Lebih stabil Lebih ringan
Suara Mesin Raungan V12 klasik Ferrari Suara turbo V8 yang lebih tajam

Kesimpulan

GTC4Lusso menjadi perpaduan antara performa buas khas Maranello dan kenyamanan yang identik dengan sebuah Gran Turismo sejati.

Baik versi V12 maupun GTC4Lusso T, keduanya menawarkan pengalaman berkendara premium dengan karakter berbeda.

Mobil ini membuktikan bahwa Ferrari tak melulu soal lintasan balap, tapi juga bisa jadi teman perjalanan jauh yang tetap emosional.

FAQ

Berikut ini beberapa pertanyaan yang beredar di internet terkait mobil ini.

  • Berapa cc Ferrari GTC4Lusso?

Ferrari GTC4Lusso dibekali mesin V12 berkapasitas 6.262 cc naturally aspirated yang menghasilkan tenaga sekitar 680 hp.

  • Apa Perbedaan Ferrari GTC4Lusso dan GTC4Lusso T?

GTC4Lusso menggunakan mesin V12 6.3L dan sistem penggerak AWD, sementara GTC4Lusso T memakai mesin V8 3.9L twin-turbo dengan penggerak roda belakang (RWD). Versi T lebih ringan dan efisien, sedangkan versi V12 menawarkan suara dan performa klasik Ferrari.

  • Berapa Harga Ferrari GTC4Lusso?

Saat meluncur, harga global GTC4Lusso berkisar US$300.000. Di Indonesia, harganya bisa mencapai lebih dari Rp12 miliar tergantung spesifikasi dan opsi personalisasi.

Baca juga: Padahal Cuma Mainan, Diecast Ferrari 12Cilindri Ini Seharga Toyota Raize!

Penulis: Mada Prastya
Editor: Tutus Subronto

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: mada.prastya@icarasia.com

Related Posts