First Drive All New Avanza dan All New Veloz, Ini 2 Poin Pentingnya

Tangerang – All New Avanza dan All New Veloz resmi meluncur tepat beberapa hari sebelum GIIAS 2021 berlangsung. PT Toyota Astra Motor (TAM) mengklaim banyak ubahan yang terjadi pada dua mobil andalannya tersebut.
Sebagai generasi terbaru, keduanya hadir dengan serangkaian ubahan yang sangat signifikan, mulai dari bagian ekterior, interior, hingga mesin. Selain spesifikasi, harga kedua mobil tersebut juga ikut terdongkrak.
Toyota All New Avanza sendiri dijual mulai dari Rp206,2 juta hingga Rp264,4 juta. Lalu Toyota All New Veloz dijual mulai dari Rp251,2 juta sampai Rp291,5 juta dengan harga on the road Jakarta.
[maxbutton id=”5″ url=”https://preprod.carmudi.co.id/mobilbaru/merek/toyota/avanza/kredit/” text=”Simulasi Kredit Toyota Avanza” ]
Beruntung, Carmudi berkesempatan mencicipi mobil tersebut di sesi yang disediakan oleh TAM sela acara GIIAS 2021 secara terbatas di sekitaran wilayah ICE, BSD, Tangerang.
Kami pun diberikan waktu selama lebih kurang satu jam untuk mencicipi Toyota All New Avanza dan All New Veloz. Lantas, bagaimana impresi berkendara dari kedua mobil yang menjadi primadona booth Toyota di GIIAS 2021 ini?
Isi Konten
Dimensi Berbeda
Toyota All New Avanza
Sebelum membahas mengenai rasa berkendaranya, wajib diketahui jika dimensi antara Toyota All New Avanza dan Veloz berbeda.
Toyota All New Avanza memiliki panjang 4,395 mm, lebar 1,730 mm, dan tinggi 1,665 mm.
Ground clearance Avanza pun juga berbeda antara varian 1.3 dan 1.5. Untuk varian 1.3 memiliki ground clearance di angka 195 mm, sedangkan varian 1.5 dibuat sedikit lebih tinggi dengan angka ground clerance mencapai 205 mm.
Hal ini disebabkan oleh penggunaan ban yang berbeda antar varian 1.3 dan 1.5. Untuk All New Avanza varian mesin 1.3 menggunakan ban dengan spesifikasi 185/65-R15, sedangkan varian 1.5 menggunakan ban berukuran 195/60-R16.
Jarak pijak depan dan belakang antara All New Avanza dan Veloz pun juga berbeda. Untuk Avanza memiliki jarak pijak depan 1.515 mm, dan jarak pijak belakang 1.510 mm.
Lalu untuk jarak pijak depan All New Avanza mencapai 1.505 mm dengan jarak pijak belakang 1.500 mm.
Toyota All New Veloz
Veloz memiliki panjang 4.475 mm, lebar 1.750 mm, dan tinggi 1.700 mm. Jika Avanza punya ground clearance berbeda antar varian, di Veloz hal tersebut tidak berlaku.
Semua varian All New Veloz yang dijual memiliki ground clearance yang sama di angka 205 mm. Jarak pijak depan dan belakangnya pun sama, ada di angka 1.505 mm dan 1.500 mm untuk seluruh varian yang ditawarkan di Indonesia.
First Impression All New Avanza dan Veloz
Mesin Lembut
Sayangnya sesi test drive yang diberikan TAM, Sabtu (13/11/2021) kemarin hanya satu jam saja. Sehingga kami kurang bisa melakukan eksplorasi lebih dalam mengenai rasa berkendaranya.
Tetapi kami merasa ada dua poin utama yang sangat bisa kami rasakan perubahannya.
Pertama, All New Toyota Avanza kini memiliki mesin yang karakternya lebih lembut.
Untuk Toyota All New Avanza yang kami coba kemarin menggunakan tipe 1.5G CVT TSS. Mesin berkode 2NR-VE berkapasitas 1.496 cc, 4 silinder ini menghasilkan 106 hp @6.000 rpm dengan torsi 141 Nm @4.200 rpm.
Transmisinya kini sudah memakai otomatis CVT yang disalurkan ke penggerak roda depan. Selama 5 menit mengendarai, saya merasa jika perpindahan gigi dan karakter mesinnya lebih halus jika dibandingkan generasi sebelumnya.
Hal ini tentu bisa membuat pengguna Avanza–yang kini tak lagi menjadi mobil ‘murah’–menjadi lebih nyaman saat berkendara.
Suspensi Lebih Baik
Jika dulu Avanza terkenal dengan suspensinya yang keras macam seperti ‘gerobak’ setidaknya hal itu kini sudah mulai memudar.
Harus diakui suspensi pada Avanza dan Veloz generasi kali ini memiliki karakter yang empuk dan jauh lebih nyaman.
Baik All New Avanza dan Veloz suspensi depannya menggunakan MacPherson Strut dengan Torsion Beam di bagian belakang. Bahkan sistem pengeremannya pun antara Avanza dan Veloz masih sama, memakai cakram 15 inci di bagian depan.
Bedanya Veloz sudah memakai cakram di rem belakang, sedangkan Avanza masih memakai tromol di belakang. Rem parkir untuk seluruh varian Avanza masih memakai model manual, sedangkan Veloz sudah dibekali electric parking brake dengan auto brake hold.
Kembali ke suspensi, karakter suspensinya terasa cukup lembut dan mampu meredam guncangan dengan baik. Sayang kami tidak bisa merasakan seperti apa handling-nya lantaran kondisi jalan ICE saat itu sedang macet.
Setidaknya kami sudah pernah mencicipi kedua mobil tersebut walaupun hanya dalam waktu singkat selama sejam saja.
Kekurangan All New Avanza dan Veloz
Kendati ada dua poin utama yang patut diapresiasi, sayangnya ada juga kekurangan yang perlu jadi perhatian.
Kekurangannya menurut saya masih ditemukan material yang dari segi bahan dan pemasangan kurang presisi. Misalnya beberapa bagian doortrim terlihat sambungan yang kurang rapi dan presisi di mana hal tersebut cukup mengganggu.
Kedua, saya mendapati salah satu kisi-kisi AC di plafon sudah ‘letoy’. Hal minor seperti ini menurut saya pribadi merupakan suatu hal yang sangat mengganggu bagi konsumen yang mengutamakan attention to detail.
Semoga saja ini hanyalah mobil tes yang memang dikejar produksinya agar bisa dicicipi oleh media.
Tertarik membeli Toyota All New Avanza dan All New Veloz? Cek detail spesifikasinya di sini.
[maxbutton id=”5″ url=”https://preprod.carmudi.co.id/mobilbaru/merek/toyota/avanza/#specifications” text=”Data Spesifikasi Toyota Avanza” ]
Penulis: Rizen Panji
Foto: Rizen Panji
Editor: Dimas