Jakarta — Hanya berselang sekitar satu tahun sejak pertama kali dijual, Honda Brio RS Urbanite Edition langsung mendapatkan perubahan. Kali ini pabrikan memberinya sebuah “sayap” berdimensi besar yang diharapkan bisa menambah kesan sporty.
Sejumlah pabrikan meyakini konsumen otomotif Indonesia doyan dengan mobil-mobil bernuansa balap. Dalam hal ini kosmetik eksterior yang sporty lebih mendapat penekanan dibanding performa mesin.
PT Honda Prospect Motor (HPM) menunjukkan hal tersebut dengan merilis Brio RS Urbanite Edition.
Edisi 2022 mobil tersebut resmi menyapa pasar pada 20 April 2022 lalu. Kalau dilihat dari depan dan samping maka visualnya nyaris tak ada perubahan dibanding model pertamanya yang mulai dijual 18 Februari 2021.
Sejak awal, eksterior varian ini dikelilingi bodykit yang sangat agresif. Bahkan bodykit depan terlihat meminjam detail milik Civic Type R dengan adanya lekukan ke atas di ujung samping.
Perubahan Edisi 2022
Lantas apa yang baru di 2022? Selain harganya jadi lebih mahal, HPM melangkah lebih jauh lagi mendandani mobil ini dengan memberinya “sayap” atau spoiler atas yang sangat lebar.
Langkah ini memang sejalan dengan konsep sporty yang diusung. Urusan bagus atau tidak, berlebihan atau tidak, dikembalikan lagi kepada masing-masing selera mata orang yang melilhatnya.
Melengkapi perubahan tersebut, Brio RS Urbanite sekarang juga menggunakan pelek warna hitam. Kemudian ada tambahan emblem “Urbanite” di pintu bagasi belakangnya.
Selebihnya, mobil ini dilengkapi mesin 1.200 cc i-VTEC dengan tenaga 88,7 hp, transmisi CVT, head unit touch screen 6,2 inci, audio steering switch, tweeter speaker, dan ECO assist.
Sementara itu fitur keselamatan yang tersedia meliputi dual front i-SRS airbag, rangka G-CON, dan sistem pengereman ABS + EBD.
Dalam keterangan resminya, HPM menjelaskan Brio RS Urbanite dijual Rp225,9 juta untuk tipe manual dan Rp235,9 untuk tipe CVT. Terdapat selisih harga sekitar Rp9,8—16,9 juta dibandingkan varian Brio RS biasa.
Penulis: Mada Prastya
Editor: Dimas