Berita Mobil

Honda Super Cub Hadir dalam Versi ‘Crossover’, Lebih Tangguh

Tokyo – Honda Motor Co. Ltd masih terus memproduksi Super Cub hingga saat ini. Eksistensi motor bebek legendaris ini tidak lekang oleh usia, bahkan hadir dengan beragam varian sesuai zaman. Super Cub bahkan jadi andalan sebagai motor untuk penunjang aktivitas sehari-hari di negara asalnya, Jepang.

super cub

Honda Super Cub 2018 (Foto: Paultan)

Kali ini, Honda memperkenalkan Cross Cub, motor bebek dengan gaya semi offroad. Sosok bebek retro ini sempat debut di Tokyo Motor Show pada Oktober 2017 lalu dan kini hadir dalam dua varian, masing-masing dengan mesin 110 dan 50 cc.

Cross Cub memiliki kombinasi desain yang cukup aneh, namun bisa jadi fungsional. Desain headlamp tidak lagi berada di setang dan kini pindah ke leher dengan tambahan frame pelindung. Bagian setang hanya menyisakan panel speedometer dengan bagian kabel-kabel terbuka.

super cub

Honda Cross Cub (Foto: Paultan)

Desain spakbor juga dibuat terbuka, dengan tambahan mudguard. Sementara itu, pipa shockbreaker depan ditutup oleh lapisan berbahan karet untuk melindungi supaya tidak terkena cipratan lumpur.

Untuk memperkuat kesan tangguh, Honda mendesain pelindung panas di knalpot bergaya scrambler. Panelnya berukuran panjang, menutupi sebagian besar pipa dan ada kisi-kisi untuk membuang hawa panas.

super cub

Honda Cross Cub 50 cc (Foto: Paultan)

Adapun Cross Cub bermesin 50cc desainnya tidak jauh berbeda dengan varian 110 cc. Perbedaan hanya terdapat di bagian roda, dimana Cross Cub bermesin 50cc memakai velg ukuran 14 inci. Alhasil, motor bebek ini jadi terlihat lebih mungil.

Spesifikasi Cross Cub Serupa Supercub

Teknologi yang digunakan pada Cross Cub sama saja dengan Super Cub. Sistem pengereman di roda depan dan belakang masih memakai rem tromol. Sentuhan modern terdapat pada sistem asupan bahan bakar yang memakai injeksi elektronik PGM-FI.

Cross Cub ini sayangnya hanya tersedia untuk solo riding. Bagian belakang tidak tersedia kursi, hanya rangka besi untuk mengangkut barang. Honda pun hanya memasarkan Cross Cub untuk Japanese Domestic Market (JDM), belum ada rencana untuk go international.

Cross Cub 110 didukung mesin dengan output 8 PS pada 7.500 RPM dan torsi 8,5 Nm pada 5.500 RPM. Sementara untuk versi 50cc menghasilkan tenaga 3,7 PS pada 7.500 RPM dan torsi 3,8 Nm pada 5.500 RPM. (dna)

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: tutus.subronto@icarasia.com

Related Posts