Mobil

Hyundai Kona N Tawarkan Performa Sporty dalam Tubuh SUV

Hyundai N selaku divisi performa brand otomotif asal Korea Selatan tersebut menambah jajaran portfolionya dengan memperkenalkan Hyundai Kona N. Diracik sebagai Sport Utility Vehicle (SUV) kencang, mobil ini punya banyak kelebihan yang tak bisa ditemui pada model regulernya.

Hyundai Kona N

Hyundai Kona N (Foto: Hyundai)

Faktanya, Kona adalah SUV pertama yang dikembangkan oleh divisi tersebut. Pengembangannya mengacu pada Veloster N yang sudah lebih dulu hadir. Hal ini termasuk untuk mesinnya di mana Kona N menggunakan jantung pacu yang sama, yakni 4 silinder 2.000 cc turbo dengan tenaga tertinggi 276 Hp.

Jika itu belum cukup pengguna bisa memanfaatkan fitur N Grin Shift. Fitur ini diklaim bisa memberi tambahan tenaga sekitar 10 Hp selama 20 detik. Untuk mengaktifkannya pengguna tinggal menekan sebuah tombol berwarna merah yang berada di lingkar kemudi.

Tenaga dari mesin itu sendiri dikirim ke roda depan dengan bantuan transmisi otomatis dual clutch 8-kecepatan. Dengan semua potensi yang dimilikinya, mobil ini diklaim bisa melesat dari posisi diam hingga kecepatan 100 km/j dalam hitungan 5,5 detik. Kemudian untuk kecepatan tertingginya disebut bisa mencapai 241 km/j.

Untuk meningkatkan handling-nya, Hyundai menambah sejumlah titik pengelasan pada platform yang digunakan mobil ini. Hyundai Kona N juga dilengkapi dengan limited-slip differential elektronik. 

SUV Sporty

Hyundai Kona N (Foto: Hyundai)

Mengedepankan Aerodinamika dan Cooling System

Perbedaan berlanjut di sisi eksterior di mana desain Hyundai Kona N lebih memerhatikan aerodinamika. Hal itu tercermin dari penggunaan front lip spoiler, double wing spoiler, dan side skirt yang lebih rendah. Sedangkan di bagian depan mobil kita bisa melihat adanya air intake yang berfungsi mengalirkan udara untuk mendinginkan mesin dan rem.

Sementara itu interiornya benar-benar mencerminkan aura mobil balap. Center infotainment system-nya bahkan bisa menunjukkan peta lintasan sirkuit termasuk catatan waktu untuk setiap lap. 

Belum ada informasi resmi mengenai harga mobil ini. Mengutip Motor Authority, ke depannya brand Hyundai N juga akan melirik pengembangan mobil listrik dengan performa tinggi dan adanya kemungkinan penggunaan bahan bakar fuel cell hidrogen.

Platform Hyundai E-GMP yang menjadi basis untuk Ioniq 5 saat ini kemungkinan digunakan untuk model N selanjutnya.

Baca Juga: 

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: mada.prastya@icarasia.com

Related Posts