Sumber informasi

Ini 10 Desain Mobil Formula 1 Terburuk Sepanjang Masa

Jakarta – Di 2018 wajah mobil balap Formula 1 (F1) akan bertransformasi akibat diwajibkannya peranti Halo. Panel pelindung ini merusak penampilan agresif khas jet darat tersebut. Desain mobil F1 terburuk mungkin bakal hadir kembali.

Ini bukan kali pertama mobil F1 menampilkan desain yang aneh. Sebelum regulasi desain diperketat, para insinyur menggarap desain dengan ide gila. Mereka dituntut menciptakan mobil dengan performa dan aerodinamika yang baik.

Baca juga:
Pebalap Wanita Pertama di Formula 1 Wafat
Pirelli Uji Coba Ban Balap 18 Inci untuk Formula 1

Puncak keanehan desain F1 terjadi pada era 1970-an. Desainer bermain-main dengan bentuk mobil dan menghasilkan banyak sekali desain ajaib. Terkadang, solusi dihadirkan tidak bersahabat dengan mata. Kadang desainnya ada yang sukses diterima penonton, tapi banyak juga mengalami kegagalan.

Berikut daftar mobil F1 dengan desain aneh sejak balapan pertama kali bergulir pada 1950, sebagaimana dikutip Motorsport.

Isi Konten

1. 1954 Mercedes-Benz W196 “Monza”

Desain Mobil Formula 1 Terburuk – Mercedes W01

Sisi aerodinamika jadi salah satu kunci utama memenangkan balapan. Hal itulah yang disadari oleh Mercedes-Benz kala menghadapi trek lurus dan kencang seperti Reims, Silverstone atau Monza.

Brand asal Stuttgart ini memasang bodi khusus yang menutup keempat roda pada W196. Sekalipun desainnya mirip lambaian sirip ikan pari, langkah ini menuai sukses. Mercedes merebut gelar juara dunia 1954 dan 1955.

2. 1968 Brabham BT26

Desain Mobil Formula 1 Terburuk – Brabham BT26

Spoiler atau wing besar dalam dunia balap berpengaruh pada downforce mobil yang makin baik pada kecepatan tinggi. Desainer pun menyadari fungsi penting sayap, banyak yang mengutak-atik konfigurasi dan posisi sayap demi hasil yang maksimal.

Tapi, garapan yang dilakukan pada Brabham BT26 ini malah terlihat absurd. Insinyur mereka menempatkan sayap tepat di depan pengemudi. Bila dilihat, ini malah lebih berfungsi seperti topi yang menghalangi cahaya matahari untuk pengemudi.

3. 1971 Lotus 56B

Desain Mobil Formula 1 Terburuk – Lotus 56B

Soal desain, Lotus 56B ini tidak terlihat aneh. Namun soal spesifikasi dan rancangan mesin malah tidak lazim. Insinyur Lotus memasang mesin gas turbin dan sistem 4WD.

Dalam balapan musim 1971 ini Lotus memakai mobil 56B yang basisnya juga dipakai pada Indianapolis 500. Lotus 56B hanya tampil tiga kali sepanjang musim 1971. Prestasi terbaik hanya P8 yang diraih Emerson Fittipaldi di GP Italia.

4. 1971 March 711

Desain Mobil Formula 1 Terburuk – March 711

Masih di musim yang sama, March 711 ini memiliki desain yang aneh pada bentuk sayapnya. Desainnya sih rata, tapi bentuknya oval seperti nampan di restoran.

Sekalipun desain sayapnya tidak lazim, mobil ini menuai prestasi gemilang pada musim 1971. Ronnie Peterson berhasil menempati podium kedua sebanyak empat kali dan menempati P2 klasemen pembalap 1971.

5. 1971 Brabham BT34

Desain Mobil Formula 1 Terburuk – Brabham BT34

Nama Brabham tampaknya tidak bisa lepas dari desain mobil yang aneh. Pada balapan musim 1972, Brabham BT34 mendapatkan julukan ‘capit lobster’.

Alasannya sederhana, mobil ini terdapat sepasang radiator ditempatkan di depan roda seperti capit bila dilihat dari atas. Prestasi Brabham BT34 ini baru terbukti semusim kemudian, Carlos Reutemann meraih pole di balap pertamanya pada 1972.

6. 1972 Eifelland E21

Desain Mobil Formula 1 Terburuk – 1972 Eifelland E21

Mobil selanjutnya yang pantas menyandang gelar mobil F1 terburuk adalah Eifelland E21. Melihat mobil Eifelland E21 pasti sudah langsung terasa tidak nyaman di mata. Jelas saja, air intake berukuran besar ada di depan pengemudi.

Lebih anehnya lagi, mobil ini hanya memakai spion tunggal. Tangkainya yang cukup panjang membuat kaca spion berada tepat di atas kepala pengemudi.

7. 1976 Tyrrell P34

Desain Mobil Formula 1 Terburuk – 1976 Tyrrell P34

Tronton untuk angkutan alat berat, sudah biasa. Bis dengan as roda tiga buah pun sudah banyak, karena daya angkutnya besar. Lantas, tronton di balapan Formula 1, cuma Tyrrell P34 yang punya.

Ini benar-benar diluar kewajaran desain mobil balap pada umumnya. Tyrrell P34 mengikuti musim balapan 1976 dengan empat buah roda kecil di depan dan sepasang roda besar di belakang. Wujudnya yang absurd membuat Tyrrell P34 pantas menyandang gelar mobil F1 terburuk.

Sekalipun desainnya memakai enam roda, prestasinya lumayan, kok. Tyrrell P34 berhasil start pada pole position dan meraih 1 kemenangan di GP Swedia 1976.

8. 1976 Ligier JS5

Desain Mobil Formula 1 Terburuk – Ligier JS5

Balapan musim 1976 tampaknya diikuti oleh mobil-mobil balap berdesain aneh. Selain Tyrell P34, muncul juga Ligier JS5. Mobil ini memiliki desain saluran udara seperti punuk yang menjulang tinggi.

Terserah Anda mau sebut ini sebagai teko, atau helm tentara Makedonia kuno. Untungnya, eksistensi punuk ini hanya bertahan setengah musim karena perubahan regulasi.

9. 1979 Ensign N179

Desain Mobil Formula 1 Terburuk – Ensign 179

Dari sekian banyak model, Ensign N179 dianggap sebagai desain mobil F1 terburuk sepanjang masa. Alasannya, desain moncong bertingkat seperti tangga.

Di moncong tersebut juga berisi radiator. Prestasinya juga tak kalah buruknya. Ensign N179 berulang kali gagal lolos kualifikasi dan hanya menempati posisi terbaik P13 di GP Inggris 1979.

10. 2014 Caterham CT05

Desain Mobil Formula 1 Terburuk – Caterham

Mobil F1 terjelek juga sempat hadir di era Millenium. Pada era hybrid, FIA melarang ketinggian hidung lebih dari 185 mm.

Adalah Caterham CT05, desain hidungnya paling ‘nggak banget’ diantara tim-tim lain. Solusi untuk mengatasi masalah aerodinamika dengan membuat belalai tambahan pada moncong.

Nah, menurut Anda, mana desain mobil F1 yang paling buruk? (dna)

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: tutus.subronto@icarasia.com

Related Posts