Ini Asyiknya Berkendara dengan New Peugeot 5008 Allure Plus

Jakarta – New Peugeot 5008 Allure Plus telah resmi hadir untuk konsumen Indonesia sejak awal Oktober 2021 lalu. Walau sifatnya hanya facelift, namun singa Prancis yang satu ini tetap menarik untuk dikendarai.

New Peugeot 5008 Allure Plus berangkat dari kantor pusat Astra Peugeot di Sunter, Jakarta menuju Cirebon, Jawa Barat. (Foto: Astra Peugeot)
Kesempatan itu pun datang, Senin (8/11/2021) lalu ketika Astra Peugeot ajak kalangan media jajal langsung produk jagoannya. Ada beberapa model yang terlibat dalam perjalanan Jakarta-Cirebon-Jakarta tersebut.
Selain New Peugeot 5008 Allure Plus, mobil lainnya ialah New Peugeot 5008 Active dan New Peugeot 3008 Active yang hadir sebagai varian baru di Indonesia.
Diberitakan sebelumnya, varian Active pada mobil-mobil Sport Utility Vehicle (SUV) Peugeot saat ini hadir sebagai pilihan dengan harga terjangkau, namun tetap mempertahankan DNA yang dimiliki varian di atasnya.
Tapi untuk kali ini ulasan akan lebih banyak membahas New Peugeot 5008 Allure Plus sebagai model yang tim Carmudi kendarai.
Dari namanya sudah jelas bahwa ini adalah model paling tinggi dalam keluarga SUV Peugeot di Indonesia. Dijual dengan harga Rp775 juta, fitur dan kelengkapan berkendaranya pun paling komplet.
[maxbutton id=”5″ url=”https://preprod.carmudi.co.id/mobilbaru/merek/peugeot/5008/kredit/” text=”Simulasi Kredit Peugeot 5008″ ]
Eksterior Menawan
Impresi mengesankan dimulai dari sisi eksterior mobil ini yang punya wajah makin menawan dibanding sebelumnya.
Penggunaan lampu depan LED proyektor, panoramic sunroof, roof rail, dan lampu belakang baru dengan model tiga dimensi berhasil membawa mobil ini berada di kelasnya sendiri.
Tubuh 5008 pun jelas lebih panjang dibanding 3008 karena di dalamnya memuat 7 bangku penumpang.
Lebih detail, mobil ini memiliki dimensi (PxLxT) 4.670 mm x 1.855 mm x 1.655 mm. Coba saja bandingkan dengan 3008 yang memiliki dimensi 4.510 mm x 1.850 mm x 1.662 mm.
Secara keseluruhan penampilan mobil ini terlihat pas dari luar. Wajah depannya tampak modern diikuti buritan yang punya bentuk mengkotak, namun tidak terlihat kaku.
Interior Modern dengan i-Cockpit
Poin yang paling terasa ketika berada di bangku pengemudi mobil ini ialah bentuk lingkar kemudi yang unik. Lingkar kemudi palang dua tersebut memiliki sisi bagian atas dan bawah yang mendatar.
Meski awalnya bikin heran, namun kemudian terasa manfaatnya. Pertama, desain semacam itu memungkinkan ruang antara lingkar kemudi dan kaki pengendara menjadi bertambah luas. Kedua, pandangan mata menuju panel instrumen menjadi lebih plong.
Keasyikan berkendara dengan mobil ini pun tak lepas dari konsep i-Cockpit yang pada dasarnya berusaha membuat semua kontrol makin berorientasi pada pengendara.
Panel instrumen full digital 12,3 inci ibarat menjadi pusat komandonya. Keberadaannya dibarengi head unit 10,1 inici yang telah menunjang konektivitas Apple Carplay, Android Auto, dan navigasi.
Dengan harga Rp700 jutaan, sudah barang tentu lingkar kemudi dilengkapi pengaturan tilt dan telescopic sehingga lebih gampang mendapatkan posisi mengemudi yang enak.
Sementara pengaturan bangkunya sudah elektris 8 arah lengkap dengan lumbar support.
Semua joknya dibalut bahan kulit. Di samping itu, terdapat fitur mewah seperti wireless charging dan mood light LED berwarna biru yang bikin betah berada di dalam kabin.
Performa Memuaskan
Santai bisa, kencang pun bisa. Ungkapan tersebut terasa cocok menggambarkan performa mesin turbo 1.598 cc 4-silinder milik mobil ini.
Pada beberapa kilometer awal perjalanan, mode berkendara normal lebih sering digunakan.
Opsi ini memang lebih cocok untuk di dalam kota karena respons pedal gas sangat halus. Bahkan bisa dibilang kelewat halus.
Tapi saat dihadapkan situasi lengang seperti di jalan tol maka pilihan yang ideal adalah mode Sport
Pada pilihan ini mesin jadi jauh lebih responsif. Ditambah lagi “bisikan” suara mesin artifisial yang membuat pengalaman berkendara kian menggugah.
Di atas kertas, mesin yang digunakan mobil ini memiliki tenaga puncak 164,7 hp dan torsi maksimum 240 Nm.
Sementara transmisinya menggunakan jenis otomatis 6-kecepatan. Terdapat paddle shift untuk membantu pengoperasian dengan gaya berkendara lebih sporty.
[maxbutton id=”5″ url=”https://preprod.carmudi.co.id/mobilbaru/merek/peugeot/5008/#specifications” text=”Spesifikasi Peugeot 5008″ ]
Fitur Keselamatan Lengkap
Fitur keselamatan aktif menjadi salah satu pembeda New Peugeot 5008 Allure Plus dibanding New Peugeot 5008 Active.
Model ini memiliki Speed Limit Recognition, Driver Attention Alert, Active Lane Keeping Assist, dan Blind Spot Information System.
Dalam perjalanan yang mayoritas melewati rute tol seperti kemarin, fitur Active Lane Keeping Assist terasa sangat membantu menjaga mobil tidak keluar lajur.
Ketika mobil mulai melenceng (tanpa menyalakan lampu sein) maka sistem akan melakukan intervensi menggerakkan lingkar kemudi kembali lurus.
Butuh waktu penyesuaian beberapa saat bagi mereka yang belum pernah menggunakan fitur semacam ini. Tapi tak sulit untuk membiasakan diri dan akhirnya pun merasa terbiasa.
Cek detail model keluaran Peugeot terbaru dengan klik tombol di bawah ini.
[maxbutton id=”5″ url=”https://preprod.carmudi.co.id/mobilbaru/merek/peugeot/” text=”Lihat Mobil Peugeot” ]
Penulis: Mada Prastya
Editor: Dimas