Ini Kelebihan Motor Kopling Manual Dibanding Motor Metik

Jakarta – Motor dengan kopling manual dan kopling semi otomatis (motor bebek) mulai tersisihkan oleh motor metik. Namun jangan salah, motor dengan kopling manual punya kelebihan yang tak dimiliki skutik. Tapi harus diakui, mengendarai motor manual di kota besar sekarang ini tidak sepraktis motor metik.
Motor metik semakin banyak digunakan pengendara di jalanan kota besar lantaran pengoperasiannya yang mudah. Tak heran, motor metik pun banyak diandalkan masyarakat dengan mobilitas tinggi. Secara fungsi, kedua jenis motor ini memang punya kelebihan masing-masing.
Motor metik begitu praktis untuk transportasi harian. Sementara itu motor kopling adalah pilihan untuk berkendara jarak jauh. Kita tidak perlu sering main tuas kopling seperti ketika berkendara di keramaian lalu lintas kota besar.
Kalian yang belum pernah atau jarang mengendarai motor kopling pasti menganggap bila motor ini repot untuk dikendarai. Tangan harus selalu siaga di tuas kopling dan gampang mati kalau tidak terbiasa. Itu ada benarnya, tapi bila dikendarai saat macet saja.
Motor Kopling Cocok Untuk Berkendara Keluar Kota
Kalau untuk kondisi jalan yang lengang, mengendarai motor manual lebih menantang. Karena kita bisa memaksimalkan performa jauh lebih gahar dibandingkan motor metik. Tuas kopling bisa kita mainkan untuk menghasilkan akselerasi spontan dan ‘njengat’.
Penasaran kan seperti apa keunggulan motor dengan kopling manual bila dibandingkan motor metik? Yuk kita bahas lebih jauh.
Kelebihan Motor Kopling Atas Performa Motor
Namanya juga manual, semuanya pasti dikendalikan langsung oleh pengendara. Mulai dari mengimbangi bukaan gas dan tuas kopling sampai dengan oper gigi. Kalian yang menentukan sendiri posisi persneling yang akan dipilih.
Dengan demikian, kalian akan lebih mudah mengatur cepat-lambatnya laju motor. Terlebih, sekarang ini motor sport dengan kopling manual sudah didukung fitur quick shifter yang membuat perpindahan gigi lebih cepat. Kalian bisa langsung lompat posisi gigi, misalnya dari gigi 5 langsung gigi 3 saat mengurangi kecepatan.
Sensasi pilih-pilih persneling ini sesuatu yang gak bisa didapatkan di skutik. Bila ingin akselerasi spontan? Mainkan saja tuas kopling dengan melepasnya lebih cepat saat oper gigi.
Engine Brake di Motor Kopling Lebih Galak
Kalian yang selalu mengendarai motor metik mungkin sedikit kerepotan saat menghadapi turunan panjang. Harus bergantian menarik tuas rem depan-belakang sambil membuka tuas gas sedikit karena engine brake bergantung dari putaran mesin. Kondisi ini jelas tidak terjadi di motor kopling karena adanya gigi persneling dan bantuan kampas kopling.
Engine brake membuat motor akan perlahan melamban tanpa harus menarik tuas rem. Teknik engine brake ini bisa meringankan beban pengereman dan kerja kampas rem. Bantuan dari mesin bisa menjaga temperatur pada kampas rem, agar tidak overheat dan mempertahankan kualitas pengereman.
Saat menghadapi turunan panjang, kita langsung masukkan ke gigi rendah (gigi 1 atau 2). Kecepatan motor tertahan putaran mesin, dan supaya tidak terlalu menghentak bisa sambil menarik sedikit dan menahan tuas kopling. Namun patut diingat bila jangan terlalu lama menggantung kopling karena membuat kampas kopling gosong dan habis.
Apabila muncul overrev atau mesin menjerit saat turunan panjang, pindahkan gigi satu posisi lebih tinggi untuk mengimbangi dengan putaran mesin. Sementara itu pengereman di skutik banyak bergantung pada rem.
Beban pengereman terlalu berat di turunan panjang bisa menyebabkan kampas rem overheat dan mengeras. Bila sudah begini, akan menurunkan kemampuan pengereman.
Kelebihan Motor Kopling, Perawatan Lebih Mudah
Soal kepraktisan berkendara, motor metik terkenal mudah tapi perawatan tidak semudah motor kopling. Di motor kopling, perawatan yang dilakukan seputar ganti oli dan setel rantai, tidak perlu ganti oli transmisi.
Memang, kalian tidak perlu bongkar CVT selama sekian waktu, tapi bila waktunya bongkar maka perlu mengganti roller dan vbelt. Penggantian vbelt, roller dan kampas kopling motor metik dilakukan pada jarak 16 – 24 ribu kilometer atau 1,5 sampai 2 tahun.
Sebagai gambaran, untuk pemakaian normal itu kampas kopling bisa bertahan selama empat tahun. Penggantian rantai dan gir dilakukan setidaknya pada 24 ribu kilometer atau 2 tahun. Sebenarnya dalam buku panduan pemilik tidak tercantum periode pasti soal penggantian rantai dan gir.
Penggantian biasanya dilakukan saat rantai sangat kendur dan ruang untuk menyetel sudah habis. Tapi hal tersebut masih bisa disiasati dengan potong rantai apabila rantai dan girnya masih belum terlalu aus. Untuk metode potong rantai ini bisa memperpanjang usia pakai setidaknya enam bulan.
Penulis: Yongki
Editor: Lesmana