Sepeda motor Tips dan Trik

Ini Penyebab Suzuki GSX-R150 Susah Dinyalakan

Suzuki GSX-R150 yang susah hidup tidak perlu langsung diagnostic scan kerusakan (Foto: Sooko)

Jakarta – Sekalipun terlihat sporty, full racing look, dan didukung teknologi canggih, namun tetap saja Suzuki GSX-R150 merupakan motor produksi massal. Motor sport ini bisa saja mengalami masalah dan menjadi penyakit khas. Masalah Suzuki GSX-R150 susah hidup atau susah dinyalakan seperti menjadi ciri khas di motor ini.

Kita perlu tahu penyebabnya, sehingga apabila muncul masalah di Suzuki GSX-R150 bisa cepat ditangani. Kadang, masalah yang muncul itu sepele, dan karena kealpaan kalian sebagai pemilik. Lebih menakutkan lagi kalau misalnya GSX-R150 susah hidup dan saat kontak ON kemudian muncul tulisan FI di speedometer.

Kalau sudah muncul tanda ini menandakan ada sistem elektrikal yang tidak beres dan terbaca oleh ECU. Kadang masalahnya juga bukan yang berat dan butuh masuk bengkel sesegera mungkin. Kelistrikan memang cukup vital pada GSX-R150 karena menjadi sumber untuk starter dan sistem keyless sekaligus.

Kunci Keyless disandang pertama kali oleh Suzuki untuk sport 150 cc lewat GSX-R150. Karena kunci jenis ini tergolong baru di motor sport 150 cc, maka tidak semua orang tahu cara penanganannya bila bermasalah. Bila keyless tidak terkoneksi, motor pun tidak bisa dihidupkan.

Jadi, bagaimana penanganan bila Suzuki GSX-R150 susah  dinyalakan? Ayo kita ulas lebih lanjut penyebab dan mengatasinya.

Penyebab Sistem Keyless Suzuki GSX-R150 Susah Hidup

Suzuki GSX-R150 Keyless (Foto: Blogotive)

Karena memakai sistem keyless, artinya remote cukup disimpan dalam saku dan kita bisa menghidupkan motor dengan memutar knop. Saat membeli motor, konsumen mendapatkan 1 buah remote dan 1 buah anak kunci.

Di dalam remot tersebut terdapat nomor ID rahasia yang perlu dicatat atau diingat oleh pemilik. ID ini digunakan bila pemilik ingin membeli remote tambahan di Dealer Suzuki dan memasukkan nomor ID yang baru ke dalam sistem GSX-R150.

Sayangnya, konsumen hanya dapat 1 remot, tidak ada cadangan, dan jika remot hilang cukup ke dealer untuk mengganti remot untuk dilakukan kalibrasi ke sistem. Remote ini bila baterainya lemah, maka membuat GSX-R150 susah hidup.

Apabila aki motor tidak tekor, sering dipakai setiap hari, tapi tiba-tiba saja mati, maka waspadai baterai remote sudah lemah. Solusinya cukup ganti baterai di remote dengan yang baru. Remote keyless GSX-R150 memakai tipe CR2032 3V dan bisa diganti sendiri tanpa perlu ke bengkel resmi.

Kondisi lain yang bisa terjadi, aki motor sehat dan baterai remote juga masih kuat tapi motor tidak bisa dihidupkan. Bahkan muncul tulisan FI di speedometer dan LED biru indikator keyless berkedip-kedip saat kita akan menghidupkan motor. Penyebabnya kadang sepele, yaitu karena remote dikantongi bersama dengan ponsel sekaligus.

Perlu kalian ketahui, remote diharamkan bersentuhan dengan logam atau elektronik lainya yang memancarkan gelombang. Akan ada distorsi atau gangguan frekuensi di remote akibat sinyal dari ponsel. Untuk itu, kalian wajib memisahkan remote keyless di saku tersendiri yang tidak ada barang elektronik.

Hal tersebut memang sesuai anjuran buku panduan motor GSX R150. Tertulis bila remote tidak boleh atau hindarkan berdekatan dengan barang elektronik yang lain.

Aki Lemah, Penyebab Suzuki GSX-R150 Susah Dinyalakan

Aki Motor Bosch

Aki Motor Bosch. Foto: Istimewa.

Setelah lama tidak digunakan, biasanya daya di aki motor terus menurun. Sebab, untuk motor yang banyak menggunakan sistem elektrikal seperti GSX-R 150 akan tetap mengonsumsi listrik dalam skala kecil sekalipun motor tidak digunakan.

Masalahnya, saat aki tekor ini pemilik GSX-R150 akan sulit menyalakan motornya. Sebab, motor sport fairing ini tidak memiliki kick starter dan hanya mengandalkan tombol starter dan sistem keyless untuk menyalakan motor. Perlu kalian ketahui, menyalakan motor lewat tombol starter cukup menguras daya di aki.

Apabila umur motor masih terbilang baru, kondisi aki yang tekor masih bisa disiasati dengan dicharge ulang atau jumper pakai aki lain. Lakukan pengecasan (charge) aki selama kurang lebih 4 jam sebelum menyalakan motor kembali di bengkel aki terdekat. Cara lainnya bisa dengan mengendarai motor dengan putaran mesin agak tinggi supaya spul mengisi daya ke aki lebih kuat.

Masalah Lain Penyebab Suzuki GSX-R150 Susah Hidup

Komunitas GSX

Suzuki GSX-R150 milik anggota GI-JOE. Foto/Istimewa

Kalian pasti akan bingung atau panik kalau baterai keyless dan aki normal, tapi motor tiba-tiba saja susah dihidupkan. Inilah kelemahan motor dengan sistem elektrikal canggih karena switch yang kendor atau kotor bikin susah hidup.

Kalian perlu mewaspadai kotornya switch engine stop atau elektrik starter akibat terkena air dan debu. Bisa saja, ada lapisan debu yang menghalangi aliran listrik di elektrik starter sehingga GSX sulit dinyalakan. Kalau sudah begini, terpaksa kalian buka switch di setang bagian kanan dengan cara dicongkel pelan-pelan bila malas membuka covernya.

Setelah itu, bersihkan elemen logam di switch tersebut memakai cairan penetran. Lap hingga kering kemudian pasang switch ke posisinya. Setelah itu, coba kembali nyalakan motor dari saklar starter.

Lebih menjengkelkan lagi apabila ternyata saklar switch off di GSX-R150 bermasalah, karena akan muncul kode engine stop dengan tulisan “CHEC” pada digital speedometernya. Penyebabnya karena jalur kabel engine stop bermasalah. Sambil dibuka, kalian bisa melihat kondisi kabel dan elemen kutub di saklar tersebut.

Periksa jalur kabel engine stop karena dikhawatirkan putus atau konslet. Segera perbaiki kabel yang terputus atau terjepit pada jalur tersebut, karena bagian ini juga cukup sensitif. Sebelum melakukannya, putuskan terlebih dahulu arus listrik dari aki agar tidak terjadi hubungan pendek arus listrik.

Waspadai Kabel Digerogoti Tikus, Bikin Tidak Bisa Hidup

Peluncuran GSX Series di Bekasi pada akhir pekan lalu, Sabtu (25/2) (Dok. PT SIS)

Kalian sebagai pemilik GSX series perlu menjaga kebersihan rumah, terutama tempat parkir motor. Sebab, kabel yang terputus bisa membuat motor tidak mau hidup. Kalian perlu waspada apabila muncul tulisan “FI” dan lampu simbol FI menyala pada digital speedometer saat motor tidak mau hidup.

Biasanya ini disebabkan jalur kabel sensor utama bermasalah, atau bisa juga kemungkinan lainnya. Untuk mengatasinya, putuskan arus listrik dari aki, kemudian periksa seluruh kabel body dengan menelanjangi motor. Jangan lupa juga periksa sekering, yang dikhawatirkan putus.

Apabila ada kabel yang putus, perbaiki dan sambung bagian jalur kabel sensor-sensornya. Kabel yang putus atau koyak karena digigit tikus bisa jadi biang keladinya. Jalan terakhir, kalian perlu membawa ke bengkel resmi atau spesialis injeksi untuk dilakukan diagnosa memakai diagnostic tools.

Diagnosa ini perlu dilakukan apabila kabel tetap utuh dan sambungan-sambungannya tidak terlepas, tapi sulit hidup juga. Nah, mengatasi Suzuki GSX-R150 susah hidup atau dinyalakan ternyata tidak sesulit yang kita kira kan?

Penulis: Yongki

Editor: Lesmana

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: tutus.subronto@icarasia.com

Related Posts