Berita Mobil Sumber informasi

Jaga Kepuasan Pelanggan, Suzuki Tingkatkan Layanan Purna Jual

Suzuki

Perawatan produk Suzuki dalam kegiatan Suzuki Day di Pati. Foto/SIS.Jakarta – Tidak melulu fokus menjual mobil, Suzuki juga berupaya untuk mengembangkan layanan purna jual (after sales) guna meningkatkan kepuasan pelanggan. Tercatat sebanyak 331 jaringan outlet yang dimiliki oleh Suzuki hingga akhir 2018.

Selain itu Suzuki juga telah memiliki 20 bengkel body and paint yang tersebar di Sumatera, Jawa, dan Kalimantan.

Melalui jaringan oulet yang tersebar di seluruh Indonesia, sepanjang 2018 terdapat total 1.001.456 unit kendaraan yang melakukan servis ke bengkel resmi Suzuki atau meningkat sebesar 7,1 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Sedangkan pelanggan yang memanfaatkan fasilitas bengkel body and paint sebanyak 17.996 kendaraan. Bengkel Body and Paint Suzuki menyediakan layanan klaim perbaikan dari asuransi maupun pribadi, One Day Repair untuk perbaikan ringan, garansi cat selama tiga bulan, dan High Quality Control oleh teknisi yang mumpuni.

Saat ini, Suzuki telah menyediakan layanan purna jual melalui online booking di suzuki.co.id. Ini memudahkan pelanggan mengatur jadwal servis dan memilih dealer terdekat dengan lokasi pelanggan.

Ada juga layanan home service dan 24 Hour Suzuki Emergency Roadside Assistance (24H SERA), di mana tim servis Suzuki akan melakukan pemeriksaan awal bagi pengguna kendaraan Suzuki.

Ketersediaan Suku Cadang

Tidak hanya meningkatkan program layanan purna jual, Suzuki juga meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan rutin mengadakan ajang kompetisi dan penghargaan. Tujuannya meningkatkan produktivitas, kualitas, pengetahuan, dan service skill tim sales dan after sales Suzuki di seluruh Indonesia.

Suzuki juga terus menjamin ketersediaan suku cadang untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Pada tahun 2018, Suzuki mencatat kenaikan pendapatan penjualan SGP, SGO, dan SGA sebesar 11 persen dibandingkan tahun 2017. Tahun ini penjualan suku cadang juga ditargetkan mengalami kenaikan.

“Target kami selalu berlanjut setiap tahun, kami rilis 10 persen walaupun penjualan unit turun atau naik tapi spere part setiap tahunnya tumbuh 10 persen. Pada 2018 kita tumbuh sekira 11 persen dibanding tahun sebelumnya,” ujar General Manager Spare Parts PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) Ignatius Ratrianto Wibowo, belum lama ini di Jakarta.

Suzuki juga rutin menghadirkan suku cadang dengan harga spesial di setiap pameran otomotif . Saat ini, Suzuki telah memiliki suku cadang lapis kedua yang diberi nama Suzuki Authorized Replacement Parts (SARP).

Suku cadang ini hadir untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan suku cadang resmi dan bergaransi dari Suzuki dengan harga yang lebih terjangkau namun tetap berkualitas.(dol)

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di santo.evren@icarasia.com

Related Posts