Penulis: Santo Evren Sirait
Jakarta – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) sepeda motor Yamaha di Indonesia, melalui halaman website resminya kedapatan menjual varian terbaru Lexi S ABS.
Kemunculan varian terbaru dari Lexi itu sungguh mengejutkan, sebab Yamaha tidak melakukan seremonial khusus dan terkesan diam-diam. Bisa dikatakan, Lexi S ABS menjadi yang termahal dibanding varian lainya karena sudah dibekali dengan fitur Anti-lock Braking System (ABS).
Berdasarkan informasi dari halaman website resmi Yamaha tertera harga Lexi S ABS Rp 25,8 juta.
Harga tersebut lebih mahal Rp 2,8 juta dibanding Lexi varian S atau tepat di bawahnya yang dibanderol Rp 23 juta. Kedatangan Lexi dengan fitur ABS menambah pilihan baru bagi konsumen.
Selain fitur tersebut, tidak ada perubahan tampilan yang diberikan oleh Yamaha untuk membedakan Lexi versi ABS dan non ABS.
Mengenai Lexi S ABS pihak YIMM belum memberikan keterangan resmi, bahkan hingga berita ini ditayangkan Manager Marketing PT YIMM, Antonius Widiantoro, belum membalas pertanyaan yang Carmudi sampaikan melalui pesan singkat.
Sebenarnya Yamaha Lexi dengan ABS sudah dipertimbangkan kahadirannya oleh YIMM sejak beberapa bulan lalu. Apalagi beberapa belum lama ini pabrikan berlogo garpu tala itu baru saja meluncurkan Yamaha FreeGo dengan ABS untuk varian tertinggi.
“ABS ke Lexy kita sedang pertimbangkan untuk ke sana. Kalau memang ada permintaan dan ternyata konsumen banyak yang menginginkan ya kita akan mempertimbangkan untuk mnghadirkannya,” ujar Antonius menjawab pertanyaan Carmudi usai peluncuran Yamaha FreeGo di Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018, Jakarta, bulan Oktober lalu.
Detail Yamaha Lexi
Untuk diketahui Yamaha Lexi pertama kali dipasarkan di Indonesia pada Januari 2018. Skuter matik (skutik) berbadan cukup bongsor ini sudah diproduksi secara lokal, menariknya Lexi hanya ada di Indonesia.
Yamaha memasarkan Lexi dengan tiga pilihan yaitu Lexi (standar), Lexi S, dan Lexi S ABS. Sepeda motor satu ini paling murah dibanderol Rp20,15 juta.
Semua varian dibekali mesin berkapasitas 125cc LC4V, dengan teknologi Blue Core yang diklaim mampu menghasilkan tenaga sekuat 11,73 hp (8,75 kW) pada 8.000 rpm dan torsi puncak 11,3 Nm pada 7.000 rpm. Kapasitas tangki bahan bakarnya 4,2 liter.
Berdasarkan hasil pengujian Yamaha, Lexi dan NMAX memiliki akselerasi yang sama bila dipacu secara bersamaan mulai dari posisi diam. Namun hal itu tergantung dari kemampuan pengendara dan kondisi jalan.
Pada bagian mesin juga terdapat Variable Valve Actuation (VVA) yang membuat torsi merata di setiap putarannya. Juga Smart Motor Generator (SMG) yang membuat suara mesin sepeda motor lebih halus saat dinyalakan.
Supaya irit dan mengurangi bahan bakar minyak terbuang percuma pada saat sepeda motor berhanti, Yamaha menyematkan fitur Stop & Start System.