Mengenal Kepribadian Orang dari Warna Mobilnya

Jakarta – Biasanya orang yang ingin membeli mobil, bagian pertama yang dilihat adalah sisi eksterior, terutama warna. Setelah memilih warna, calon pembeli akan berkeliling mobil dan melihat bagian interior untuk mengetahui fitur-fitur yang terpasang di kabin.
Setiap orang memiliki kesenangan terhadap warna tertentu. Namun tak banyak yang tahu melalui warna kita bisa mengenal kepribadian sesorang. Produsen mobil Holden bersama Angela Wright, penulis ‘The Beginner’s Guide to Colour Psychology’ dan pemilik agen konsultan Colour Affects, mengungkapkan bahwa setiap warna mobil memiliki arti kepribadian.
Menurut Wright, kepribadianlah yang mendorong seseorang untuk membeli mobil dengan warna tertentu.
“Tipe kepribadian memiliki ketertarikan dengan warna-warna tertentu yang dapat mempengaruhi keputusan membeli apapun. Mulai dari pakaian hingga mobil,” kata Wright seperti dikutip dari Startsat60.
Lebih lanjut, dirinya menerangkan konsumen atau pelanggan yang memilih mobil warna putih bisa diartikan bahwa mereka adalah seorang penjaga perdamaian. Biasanya pemilik mobil putih selalu berpikiran terbuka, optimis dan penuh harapan. Warna putih juga menandakan kemurnian dan merupakan pilihan populer ketika orang merayakan sebuah awal yang baru.
Sebaliknya, mobil dengan warna hitam adalah untuk kaum profesional yang dapat diandalkan, berkarakter stabil dan sering dikaitkan dengan kekuatan dan kecanggihan. Menurut Wright, biasanya warna hitam dipilih oleh seseorang yang memiliki kekuasaan.
Biru sering menjadi warna yang dipilih oleh mereka yang berdedikasi, setia dan tenang. Sedangkan merah menandakan energi, gairah dan merupakan warna pilihan bagi mereka yang mendambakan perhatian.
Orang yang memilih warna merah ini juga sangat mungkin menjadi pemberontak. Sementara itu, pemilik mobil dengan warna merah muda biasanya romantis, penuh harapan, sensitif dan menyenangkan.
Jika memiliki mobil berwana hijau biasanya orang tersebut murah hati dan protektif. Sementara pemilik mobil kuning biasanya adalah seorang seniman yang kreatif dan lucu. Mereka yang menyukai oranye cenderung suka berpetualang dan independen. Ungu biasanya menandakan Anda protektif, ambisius dan individualistis.
Pemilik mobil abu-abu umumnya bijaksana, cerdas dan berwawasan. Sementara kepribadian berbeda dapat dirasakan oleh pemilik mobil warna coklat yang berarti karismatik, percaya diri, sukses dan punya sifat mendukung, serta menghibur jika memilih warna yang lebih gelap dari coklat.
“Pilihan kendaraan Anda adalah ekspresi gaya hidup Anda dan tentu saja ada prioritas berbeda yang datang dengan pilihan itu. Saat mendesain warna, kami selalu mengingat kebutuhan gaya hidup pelanggan kami yang berbeda sambil tetap menawarkan variasi untuk kepribadian yang berbeda,” ungkap Richard Ferlazzo, Direktur General Motors dan Holden Australia Design.
Biasanya Mobil Warna Cerah Banyak Dipilih
Dari pemaparan di atas, tak heran ada mobil dengan warna tertentu paling banyak di pesan. Sebaliknya ada juga mobil yang sangat sedikit di pesan. Biasanya warna bodi cerah paling banyak dipesan konsumen.
Ambil contoh Ferrari. Sejak Si Kuda Jingkrak itu berdiri, mayoritas produknya berwarna merah. Dengan memilih cat berwarna merah membuat supercar Ferrari terlihat menakjubkan dan sangat menarik. Warna cat yang cerah dapat membuat orang yang melihatnya selalu teringat.
Dalam beberapa kesempatan raksasa Maranello itu pernah menawarkan warna bodi selain merah yaitu kuning atau disebut Giallo Modena dan Giallo Triplo Strato. Tak disangka warna tersebut juga mampu menarik perhatian konsumen.
Selain kuning dan merah, ada warna lain yang pernah ditawarakan oleh Ferrari yaitu biru atau Blu Swaters, Blu Tour De France dan Blu Mirabeau.
Selain menarik, rupanya warna mobil yang cerah dapat menguntungkan pemiliknya. Salah satunya mudah dicari apabila mobil tengah berada di parkiran yang padat. Umumnya mobil berwarna cerah memiliki harga jual kembali yang cukup tinggi. (dna)