Kiprah Motor Klasik di Jalanan Ibukota

Beberapa merek sepeda motor buatan Eropa, terbilang cukup populer di mata masyarakat Indonesia. Namun, sejak motor-motor buatan Jepang masuk ke pasar roda Tanah Air, perlahan tapi pasti kepopuleran motor-motor Eropa mulai tersingkir.
Motor-motor klasik memiliki model yang sangat bervariasi, mulai dari yang bentuknya masih seperti sepeda, sampai dengan bentuk modern. Beberapa dari merek tersebut masih bertahan sampai dengan saat ini, tapi ada juga yang produksinya terhenti karena kurang populer dan modelnya tak menarik minat masyarakat pada saat itu.
Dominasi Motor Eropa
Kemunculan sepeda motor lansiran Eropa di jalanan ibukota pada era 1950-an masih mengusung model seperti sepeda, yang diwakili oleh Ducati Cucciolo(anjing kecil) dan DKW (Dampf Kraft Wagen). Era motor berbentuk sepeda berakhir, Jerman mulai memasukkan motor berkonsep modern seperti Zundapp dan BMW, tapi ada juga motor-motor buatan Austria seperti HMW dan Puch. Sementara itu, ada juga sepeda motor buatan Republik Ceska, Jawa (Janecek-Wanderer), yang hadir untuk bersaing dengan motor-motor Inggris.
Motor-motor lansiran Jerman dan Eropa Timur cukup lama menghiasi jalanan ibukota, tapi kepopuleran merek-merek tersebut akhirnya tergilas setelah kehadiran motor-motor lansiran Inggris dan Amerika Serikat. Motor-motor seperti BSA (British Small Arms), Norton, Ariel, dan Triumph tampil dengan model yang lebih segar dan secara perlahan mulai menggeser dominasi motor-motor Jerman dan Eropa Timur.
Sementara motor lansiran Amerika Serikat, Harley Davidson, mulai populer di Indonesia pada era 1970-an. Motor -motor Harley Davidson itu kebanyakan buatan 1941 hingga 1951 berkapasitas 750 cc, di mana rata-rata merupakan eks kepemilikan tentara atau polisi yang beralih menjadi milik pribadi.
Skuter dan Kemunculan Motor Jepang
Selain sepeda motor, sekitar awal 1960-an, skuter buatan Italia masuk ke Indonesia dan mengusung merek Vespa, dengan merek Lambretta yang menyusul kehadirannya pada akhir 1960. Selain dijejali sepeda motor dan skuter buatan Eropa, pabrikan sepeda motor asal Jepang juga ikut turut serta meramaikan pasar roda dua di Tanah Air seperti Honda, Suzuki, Yamaha, dan Kawasaki yang hadir belakangan. Perlahan tapi pasti, dominasi sepeda motor Eropa akhirnya mulai tergusur dan digantikan oleh motor-motor lansiran Jepang hingga saat ini.