Tokyo – Toyota HiAce baru memulai debut globalnya di Filipina pada Februari 2019. Tak lama kemudian muncul HiAce versi mewah dengan nama Super Grandia. Ternyata kemuculan HiAce baru dengan sejumlah penyegaran baik di eksterior maupun interior belum membuat Toyota berpuas diri.
Diam-diam pabrikan mobil asal Jepang itu tengah mempersiapkan model baru dari HiAce dengan beragam penyegaran termasuk menambahkan fitur keselamatan dan keamanan.
Sebagaimana dilaporkan Autoindustriya, pembaruan Toyota HiAce datang dalam bentuk paket fitur keselamatan dan kesemalatan Toyota Safety Sense (TSS). Hasilnya kini mobil van itu sudah mendapat sistem pencegah tabarakan atau Automatic Emergency Braking (AEB), Automatic High Beam, Lane Departure Alert, dan Lane Tracing Assist (LTA)
Tidak sampai disitu, Toyota juga menyediakan fitur atau aksesori pilihan yang bisa disematkan ke HiAce. Di antaranya kaca spion kabin digital. Kaca ini dibekali dengan layar untuk membantu pengemudi melihat kendaraan atau objek di depan maupun belakang mobil.
Kemudian ditawarkan pula Toyota Acceleration Suppression Function (ASF) yang membantu mencegah kecelakaan ketika tidak sengaja menginjak pedal gas secara mendadak.
Guna membantu pengemudi menggunakan dan memahami penggunaan fitur keselamatan, Toyota juga memasangkan head unit baru dengan layar berukuran 4,2 inci, mirip seperti yang ada di Fortuner. Selain bisa digunakan sebagai perangkat hiburan, head unit ini juga dapat menunjukkan kapan fungsi TSS digunakan.
Hanya untuk Pasar Jepang
Toyota HiAce model 2020 dengan Toyota Safety Sense dijadwalkan akan mulai dijual di Jepang mulai 1 Mei 2020. Tidak ada mesin baru yang ditawarkan Toyota, ini berarti HiAce yang beredar di Jepang akan terus dibekali mesin turbodiesel 2,8 liter, bensin 2,7 liter, dan bensin 2,0 liter. Semuanya dipasangkan dengan transmisi otomatis 6 kecepatan.
Di Indonesia Toyota memasarkan HiAce Premio. Pertama meluncur di GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Kehadirnanya untuk menemani HiAce varian biasa yang telah lebh dulu dipasarkan.
HiAce Premio mengusung konsep human transporter yang nyaman. Mobil ini dirancang untuk lebih mengakomodasi peningkatan kebutuhan penggunaannya sebagai kendaraan commuter.
Eksterior Toyota HiAce Premio tampil lebih menarik, itu tercermin dari lekukan tubuh bagian samping, dan memiliki bonnet lebih panjang.
Masuk ke bagian kabin depan, HiAce Premio dibekali tuas transmisi yang mudah diraih oleh pengemudi, dan pandangan melihat jalan atau keluar lebih luas. Pintu samping khusus penumpang kini lebih lebar sehingga memudahkan penumpang masuk dan turun. Sedangkan area kabin lebih panjang dan luas dibanding tipe satunya.
Mobil degan harga Rp532,5 juta ini memiliki panjang 5.915 mm dengan jarak sumbu roda (wheelbase) 3.860 mm.
Toyota HiAce Premio dibekali dengan mesin baru yaitu 1-GD VNT Turbo dengan kapasitas 2,8 liter. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga maksimal 153 HP dan torsi puncak 42,8 Kgm. Tenaga disalurkan ke roda melalui transmisi manual enam percepatan.
Penulis: Santo
Editor: Lesmana