Berita

Menguji Keunggulan GWM Haval Jolion Ultra, Layak Dimiliki?

Wanaherang – Carmudi berkesempatan menguji keunggulan Great Wall Motors (GWM) Haval Jolion Ultra.

Mobil hybrid tersebut telah meluncur di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2025 dengan harga Rp418 juta On The Road (OTR) Jakarta.

GWM Haval Jolion Ultra

Menguji keunggulan GWM Haval Jolion Ultra (Foto: Nadya/Carmudi)

Uji keunggulan mobil ini dilakukan pada Senin (2/6/2025) di kawasan Inchcape Manufacturing Facility yang berlokasi di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat.

Baca Juga: GWM Luncurkan Haval Jolion Ultra di IIMS 2025: Tipe Tertinggi Makin Aman Berkat ADAS

Ada empat tantangan yang dilakukan untuk membuktikan keunggulan Haval Jolion Ultra, yakni akselerasi, manuver, blind parking, dan smart evade. Satu unit disediakan untuk masing-masing tantangan tersebut dengan didampingi satu coach.

Tantangan pertama adalah akselerasi. Carmudi dan media lain diminta menguji akselerasi Haval Jolion Ultra dengan fitur launch control.

GWM Haval Jolion Ultra

Tes akselerasi GWM Haval Jolion Ultra (Foto: Nadya/Carmudi)

Fitur tersebut mampu mengoptimalkan torsi saat start sehingga akselerasi mobil lebih cepat dan stabil. Untuk tantangan ini, mobil diminta melaju di jalan lurus sekitar 700 meter dengan kecepatan hingga 70 km per jam.

Mode berkendara yang digunakan adalah sport.

Sekadar informasi, terdapat empat pilihan mode berkendara pada Haval Jolion Ultra, yaitu eco, normal, sport, dan snow.

Lebih lanjut, Saat uji akselerasi, laju mobil terasa cukup halus tanpa hentakan.

GWM Haval Jolion Ultra

Uji manuver Haval Jolion Ultra (Foto: Nadya/Carmudi)

Tantangan selanjutnya manuver. Mobil harus berputar membentuk angka delapan dengan kecepatan hingga 30 km per jam. Hasilnya, mobil tidak terasa limbung alias stabil.

Berikutnya, tantangan smart evade untuk menguji Automated Emergency Braking (AEB) yang termasuk salah satu fitur dalam Advanced Driver Assistance Systems (ADAS) pada Haval Jolion Ultra.

Fitur ini dapat mencegah mobil mengalami tabrakan dengan objek di depan melalui pengereman otomatis.

GWM Haval Jolion Ultra

Uji keunggulan GWM Haval Jolion Ultra (Foto: Nadya/Carmudi)

Dalam tantangan tersebut, setiap peserta diminta mengendarai mobil dengan kecepatan di atas 30 per jam tanpa mengerem. Hal ini dilakukan agar fitur AEB berfungsi sebagaimana mestinya.

Hasilnya, mobil benar-benar melakukan pengereman secara otomatis. Manekin sebagai objek yang diletakkan diujung track tidak tertabrak.

GWM Haval Jolion Ultra

Fitur kamera 360 derajat di Haval Jolion Ultra (Foto: Nadya/Carmudi)

Tantangan terakhir, blind parking. Pada tantangan kali ini seluruh kaca mobil ditutup, sehingga pengemudi tidak bisa melihat ke arah luar kendaraan, jadi hanya mengandalkan layar head unit yang menampilkan tangkapan kamera 360 derajat.

Butuh adaptasi untuk dapat menjalankan tantangan satu ini. Meski demikian memarkirkan mobil di area yang sudah ditentukan berjalan sukses berkat bantuan kamera 360 derajat.

Baca Juga: Resmi Diproduksi, Haval Jolion HEV Jadi Mobil GWM Pertama Rakitan Lokal

GWM Haval Jolion Ultra

Tampilan GWM Haval Jolion Ultra (Foto: Nadya/Carmudi)

Setelah melalui seluruh tantangan ini, Haval Jolion Ultra dapat menunjukkan keunggulan dari segi akselerasi, manuver, hingga parkir sehingga bisa menjadi opsi bagi Carmudian yang mencari mobil untuk berkendara sehari-hari.

Penulis: Nadya Andari
Editor: Santo Sirait

Nadya Andari

Memulai karir sebagai Content Writer di Carmudi Indonesia sejak awal tahun 2019. Lulusan Desain Komunikasi Visual yang suka sekali menulis, seperti cerpen, artikel, dan sebagainya.
Follow Me:

Related Posts