Mobil China DFSK Sasar ASEAN Jadi Target Pasar Selanjutnya

Penulis: Santo Evren Sirait
Jakarta – Sebagai bagian dari komitmen menggarap bisnis di sektor otomotif, pabrikan mobil China DongFeng Sokon (DFSK) mendirikan pabrik perakitan mobil penumpang Glory 580 dan pick-up dengan nama DFSK Super Cab di Cikande, Serang, Banten.
Pabrik yang diklaim menggunakan teknologi robotik hingga 40 persen ini dipersiapkan tidak hanya merakit mobil untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik saja, tetapi juga luar negeri.
“Kami menargetkan di tahun-tahun mendatang DFSK bukan saja berkiprah di Indonesia. Tapi kami yakin kami akan dapat berkiprah di pasar ASEAN dan pasar global. Sehingga kami sebut bermula dari Indonesia, mengembangkan pasar ke ASEAN dan selanjutnya ke pasar global untuk mobil setir kanan,” ujar Alexander Barus, CO-CEO PT Sokonindo Automobile (SA).
Selain mempersiapkan pabrik, lanjut Alexander, DFSK ingin membangun basis produksi untuk pasar Indonesia terlebih dahulu untuk kedua produk. Baik itu Sport Utility Vehicle (SUV) maupun pick-up.
“Kita rencanakan awal 2019 kita akan ekspor ke negara ASEAN. Pertama Thailand dan Vietnam. Itu target kita untuk ekspor,” tambah dia.
Dari kedua kendaraan yang akan diekspor, komposisinya berbeda. Perusahaan menargetkan sekira 70 persen untuk mobil DFSK Glory 580 sedangkan pick-up DFSK Super Cab sebesar 30 persen. Tidak menutup kemungkinan angka komposisi tersebut akan berubah seiring berjalannya waktu.
“Tapi itu sekarang, nanti tergantung pasar,” terang Alexander.
Fokus Kembangkan Jaringan Dealer
Sebagai upaya mendekatkan diri kepada pelanggan dan calon konsumen, Sokonindo berencana untuk membuka lebih banyak lagi dealer resmi mobil China DFSK di seluruh Indonesia. Saat ini sudah ada 25 dealer DFSK yang beroperasi. Targetnya total 50 dealer yang akan didirikan hingga akhir tahun ini.
“Kami saat ini sedang mengembangkan dealer-dealer kami di seluruh Indonesia dan juga fasilitas purna jual untuk seluruh Indonesia, demikian juga financing dan supply. Pada saatnya nanti pelayanan kepada setiap pengguna akan berdaya saing dan dapat memasuki pasar SUV di Indonesia,” tutur Alexander.
Dirinya menambahkan, DFSK akan selalu mengutamakan kepuasan konsumen. Mulai dari menyediakan produk berkualitas, hingga pelayanan aftersales yang baik.
“Itu adalah nilai yang kami pegang. Dengan demikian semua pusat riset kami yang dikembangkan di Amerika, Jerman, Jepang dan China adalah membangun satu platform penelitian dan pengembangan yang merealisasikan teknologi mutakhir dan semua produk kami akan kami jalankan dengan pengawasan kualitas yang ketat, sehingga menjamin kualitas. Pengguna produk kami akan mendapatkan kepuasan, aman tenang dan itulah yang kami sebut ‘customer first‘,” pungkas dia. (dna)