Berita Sepeda motor

Musim Depan, Peserta Balap MotoGP Tidak Bisa Gonta-Ganti Desain Fairing

Suzuki MotoGP

Suzuki Ecstar jadi Peserta Balap MotoGP yang memakai aero-body di fairing. Foto/Suzuki.

Barcelona – Salah satu aspek yang membuat balap MotoGP selalu kompetitif adalah desain fairing pada motor. Tiap tim merancang fairing dengan winglet yang berbeda demi menghasilkan efek aerodinamis yang maksimal. Hasilnya, motor memiliki downforce yang baik di trek lurus.

Desain sayap pada fairing ini sayangnya masih sering berubah-ubah mengikuti layout sirkuit. Pada balapan di musim depan, hal seperti ini nantinya tidak akan terjadi. Paket aerodinamis ini harus memenuhi kriteria yang lebih ketat pada musim 2019.

Asosiasi pabrikan yang berlaga di MotoGP memilih tidak melarang pemakaian sayap pada motor. Namun, pabrikan diharuskan mengikuti regulasi ketat dari penyelenggara balapan, mulai dari bentuk hingga ukuran sayap. Dengan demikian, desain sayap tidak akan berubah-ubah selama semusim penuh.

Aturan baru menyoal rancangan winglet pun telah ditetapkan yang berbunyi antara lain:”Desain Aero-body telah dirilis oleh Direktur Teknis yang mencakup pada batas ukuran dan kombinasi bagian-bagian sayap yang berbeda. Desain untuk saat ini masih diizinkaan dan tidak mungkin untuk dihilangkan pada bagian yang signifikan. Selanjutnya, proses persetujuan aero-body akan mempertimbangkan kondisi di musim sebelumnya yang lebih objektif,” demikian dikutip dari Crash.

Aturan yang ada saat ini memang telah melarang pemakaian winglet atau sayap tambahan di fairing. Namun, peserta balap MotoGP masih boleh memakai perangkat aerodinamika selama desainnya terintegrasi ke dalam bentuk fairing untuk alasan keselamatan. Hal ini mengacu pada kasus senggolan yang kerap terjadi selama pemakaian winglet.

Desain Fairing Peserta Balap MotoGP Tidak Berubah Selama Semusim

Penyelenggara MotoGP hingga kini belum menentukan lebar maksimal dari fairing berikut kisi-kisi untuk aero-body. Direktur Teknis MotoGP Danny Aldridge diminta untuk memutuskan apakah fairing seperti itu legal. Sebelum batasan diberlakukan, pabrikan berusaha merancang bentuk fairing dengan aero-body yang bisa digunakan pada seluruh seri.

Dimensi Fairing di Musim Depan Bakal Lebih Seragam (Foto: Motorsport)

“Anda tidak akan melihat fairings berubah dari satu seri ke seri yang lain karena perangkat yang dilepas pasang. Fairing yang Anda lihat di seri pertama balapan nantinya bakal seperti itu selama satu musim,” kata Aldridge.

Ia menyebut bila penyelenggara bakal menetapkan standar dimensi fairing berikut aspek-aspek yang dilarang pada bagian ini. Ketetapan ini akan dirangkum pada sebuah buklet dengan desain yang bakal lebih seragam.

“Saya tidak berpikir Anda akan melihat banyak perbedaan dari apa yang kita lihat sekarang. Jika ada perbedaan dalam desain fairing tahun depan itu mungkin karena mereka telah menemukan sesuatu yang lebih baik,” tambahnya.(dol)

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: tutus.subronto@icarasia.com

Related Posts