New Mercedes-Benz G-Class: Masih Gaya Klasik, Tapi Offroad Makin Asik

Jakarta – Mobil jenis SUV atau jip tidak pernah kehilangan penggemar, eksistensinya terus bertahan lintas generasi. Tiap merek punya model ikoniknya masing-masing. Bila Land Rover punya Defender, Jeep punya Wrangler, maka dari Jerman ada Mercedes-Benz G-Class.
Geländewagen adalah legenda hidup otomotif sejati. Mercedes-Benz mempertahankan bentuknya yang kotak hingga empat dekade. Ubahan desainnya pun minimalis, tidak mengubah secara keseluruhan fisik G-Class. Sosok Geländewagen generasi terbaru, yang meluncur di penghujung 2017 tetap hadir dalam style boxy yang khas.
Jelang peluncurannya, Mercedes-Benz telah merilis spesifikasi G-Glass seri G9. Sisi eksterior mengalami ubahan pada bagian headlamp dan lampu belakang. Sudut-sudut ‘mobil petani’ ini meninggalkan kesan kaku dan lebih tumpul.
Dikutip dari Motor1, dimensi New Mercedes-Benz G-Class sedikit lebih besar. Panjang bertambah 2,1 inci, lebar bertambah 4,8 inci dan tinggi naik 0,3 inci. Dimensi jarak sumbu roda juga lebih panjang 1,6 inci dari sebelumnya.
Pengembangan dimensi Geländewagen membuat kabin lebih lega, terutama pada penumpang di belakang.
Interior yang makin mewah tidak membuat G-Class kehilangan performa offroad. Pabrikan elit Jerman yang bermarkas di Stuttgart, merancang SUV ikonik mereka dengan kinerja offroad lebih tangguh. G-Class G9 kini didukung tiga fungsi diferensial yang berbeda, low gear, kemudian suspensi depan independen.
Mercedes-Benz G-Class bakal hadir sebagai G550 dengan mesin V8 4,0 Biturbo, dengan transmisi otomatis 9-percepatan. Tenaga maksimum yang dihasilkan sebesar 416 HP dengan torsi 610 Nm. Di luar versi standar, merek tiga bintang menyatu juga menyiapkan varian AMG untuk tahun 2019.
Mercedes-Benz G-Class Didukung Teknologi yang Makin Canggih
Hadir sebagai model yang wajib eksis di lini produk Mercedes-Benz, membuat G-Class makin dijejali fitur canggih. Sistem kemudi telah berganti dari recirculating ball steering biasa menjadi rack and pinion elektromekanis.
Fitur selanjutnya yang jadi unggulan pada Geländewagen yaitu mode berkendara Dynamic Select. Tersedia mode Comfort, Sport dan Eco untuk berkendara di jalan biasa, lalu G-Mode untuk medan offroad. Sistem secara otomatis mengaktifkan salah satu fungsi differential lock atau ketika memakai low gear.
Fitur G-Mode ini juga berfungsi menyesuaikan redaman damper sasis lalu perpindahan gigi yang tidak perlu. Maksudnya, posisi transmisi tetap dalam low gear dan tidak berganti saat mobil terus berakselerasi. (dna)