Penjualan Suzuki Ignis Turun, Indikasi Sepinya Peminat

Jakarta – Pasar mobil di segmen city car (mobil perkotaan) memang tidak cermelang seperti Low Multi Purpose Vehicle (LMPV). Tak heran ada beberapa produsen mobil di Tanah Air berhenti memasarkan produknya yang masuk segmen tersebut.
Sebut saja beberapa di antaraya Suzuki Celerio, Suzuki Splash, dan Toyota Etios. Meski pemainnya sedikit tapi peminat mobil perkotaan masih tetap ada.
Tahun lalu segmen city car memperlihatkan pertumbuhan yang cukup baik. Ini karena masuknya Suzuki Ignis yang disebut-sebut sebagai pengganti Suzuki Splash.
Di 2017 penjualan wholesales (pabrik ke dealer), data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) mencatat. Suzuki Ignis berhasil terdistribusi sebanyak 14.157 unit pada periode Maret sampai Desember 2017.
Sementara pesaing terukatnya yaitu Honda Brio hanya terjual sebanyak 10.580 unit, mulai Januari sampai Desember 2017.
Masuk ke awal 2018, Suzuki Ignis masih memimpin, tapi di Februari penjualannya justru mengalami penurunan yang drastis. Pada Januari perusahaan mengirim sebanyak 1.922 unit Ignis ke dealer, kemudian bulan berikutnya hanya 591 unit.
Honda Brio juga sebenarnya mengalami penurunan pengiriman tapi tidak terlalu anjlok. Tercatat dari Januari terkirim sebanyak 1.427 unit menjadi 1.186 unit pada Februari.
Jika di total penjualan wholesales Januari dan Februari, Suzuki Ignis memperoleh angka 2.513 unit sedangkan Brio 2.613 unit. Mengacu pada data tersebut timbul pertanyaan, apakah penurunan angka penjualan wholesales Suzuki Ignis disebabkan oleh mulai sepinya peminat mobil asal India itu?
“Itu masalah delivery (pengiriman) saja, jadi kan itu pergantian antara VIN (Vehicle Identification Number) lama (2017) ke VIN baru (2018),” ujar Dony Saputra, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) kepada Carmudi, Jumat (16/3/2018).
Sementara itu menanggapi masih tingginya penjualan wholesales Brio, Jonfis Fandy, Marketing and After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor (HPM), mengatakan, “Walaupun persaingan di segmen City Car semakin ketat, kami yakin keunggulan yang ditawarkan Honda Brio RS dengan mesin bertenaga dan hemat bahan bakar akan membuat produk ini tetap eksis di tengah masyarakat.”
Daftar Mobil Perkotaan Terlaris Berdasarkan Penjualan Wholesales
Sepinya peminat mobil perkotaan kemungkinan disebabkan oleh hadirnya mobil Low Cost and Green Car (LCGC) yang dijual dengan harga jauh lebih murah. Meski peminatnya sedikit namun beberapa produsen mobil di Indonesia tetap bertahan dengan menjual produknya di segmen tersebut. Alasannya mobil perkotaan dijadikan sebagai pelengkap jajaran produk yang dipasarkannya.
Pada Februari 2018 total mobil perkotaan yang disuplai ke dealer sebanyak 2.461 unit, angka tersebut melonjak dibandingkan penjualan wholesales di bulan yang sama tahun lalu yang hanya terkirim sebanyak 1.429 unit.
Berikut ini daftar mobil perkotaan terlaris berdasarkan penjualan wholesales periode Februari 2018:
1. Honda Brio 1.186 unit
2. Suzuki Ignis 591 unit
3. Nissan March 255 unit
4. Mitsubishi Mirage 201 unit
5. Daihatsu Sirion 200 unit.
Dari total penjualan wholesales di segmen mobil perkotaan yang ada, Honda Brio menjadi pemimpin setelah sebelumnya selalu berada di bawah Suzuki Ignis. (dol)