Penulis: Santo Evren Sirait
Tangerang – Sebagai upaya mengembangkan bisnis di sektor produk aftermarket, Astra Otoparts memperkenalkan dua suspensi terbaru. Dikhususkan untuk mobil yaitu KYB New SR Special dan KYB Lowfer Sports.
Kedua produk yang dibawa langsung dari Jepang itu dinilai sangat cocok untuk mobil-mobil di Indonesia. Mengingat kendaraan yang beredar di sini di dominasi oleh mobil asal negeri Sakura.
Keduanya bisa dikatakan bukan barang baru, karena di Jepang sudah lama dipasarkan hanya saja, Astra Otoparts menilai saat ini adalah waktu yang tepat untuk memasarkan keduanya.
“Kita (Astra Otoparts) mendatangkan produk baru di Indonesia, namun kalau di luar negeri produk itu sudah lama. KYB New SR sudah 30 tahun, lalu yang KYB Lowfer Sports sudah 15 tahun. Cuman kan di setiap negara berbeda-beda kita melihat bahwa sekarang waktu yang tepat memasarkannya di Indonesia,” ujar Chief Executive Marketing Astra Otoparts Rio Sanggau, di sela perkenalan, di Tangerang, Sabtu (18/11/2017).
Ditambahkanya, bahwa produk yang sama paling laris di Thailand. Dengan karakteristik jalan raya antara di Thailand dan Indonesia hampir mirip. Astra Otopart tertarik untuk membawa produk tersebut masuk, dengan harapan bisa menuai sukses sama seperti di sana.
Merambah ke Semua Segmen Mobil
Umumnya pemilik mobil memodifikasi atau mengganti part untuk mencari sesuatu yang lebih. Misalnya mengganti suspensi standar dengan aftermarket untuk mendapatkan rasa nyaman yang tidak didapat bila menggunakan part asli pabrikan.
Oleh karena itu Astra Otoparts berusaha untuk memasukkan produk KYB untuk semua segmen mobil di Indonesia. Tidak hanya untuk segmen SUV, hatchback, dan MPV aja.
“Orang-orang yang mencari perbedaan antara kondisi yang standar dengan kondisi yang dia inginkan. Ada macam-macam produk suspensi untuk mobil premium seperti Mazda CX-5, Toyota Alphard, ada Harrier. Nah memang kita ingin coba masuk ke semua segmen sesuai dengan kebutuhan dari masing-masing pengendara gitu,” terang Rio.
Namun lanjut Rio, banyak faktor yang harus dipertimbangkan jika ingin menyediakan bermacam-macam produk KYB untuk semua segmen mobil di Indonesia, satu di antaranya melihat seberapa besar segmen mobil tersebut laku di pasaran.
“Sebetulnya bagi kami bukan hal yang sulit, itu bisa langsung dikembangkan, jadi memang kan kita sekarang mau lihat pasar yang terbesar. Pasar terbesar dalam arti yang memang potensi untuk mereka (pemilik mobil) yang mempunyai keinginan untuk sesuatu yang lebih dibandingkan dengan yang standarnya. Nah itu yang saat ini kita menjadi prioritaskan untuk masuk pasar,” pungkas Rio.