PPnBM 100% Dorong Pangsa Pasar Mitsubishi Capai Angka Tertinggi

Jakarta – Pangsa pasar Mitsubishi tumbuh hingga menyentuh angka tertinggi selama tahun fiskal 2021 berdasarkan total penjualan retail Juni 2021.
Dalam keterangan resminya, Rabu, (14/7/2021) PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengumumkan pada bulan lalu pihaknya mengantongi total penjualan mobil secara retail sebanyak 8.704 unit dengan pangsa pasar 14,4%.

MPV 7-seater Xpander Cross memberikan kontribusi paling besar dalam pertumbungan pangsa pasar Mitsubishi. (Foto: MMKSI)
Angka tersebut merupakan gabungan dari penjualan kendaraan penumpang sebanyak 5.776 unit dan kendaraan niaga ringan sejumlah 2.928 unit.
Disebutkan pula pencapaian tersebut menandai peningkatan penjualan sebesar 15,8% atau 1.188 unit ketimbang Mei 2021.
Produk Low Multi Purpose Vehicle (MPV), Mitsubishi Xpander yang tengah mendapat insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) 100% menyumbang angka penjualan paling besar.
Lebih detail, Mitsubishi Xpander termasuk Xpander Cross mendominasi 44% penjualan MMKSI. Disusul Mitsubishi L300 sebanyak 25,8% dan Mitsubishi Pajero Sport yang berkontribusi 21,8%.
“Rasa terima kasih dan apresiasi tertinggi kami untuk para konsumen yang telah mempercayakan pilihannya pada lini kendaraan penumpang Mitsubishi Motors. Juga kepada pemerintah yang telah menginisiasi program relaksasi PPnBM dan memberikan kontribusi efek positif untuk penjualan model Xpander dan Xpander Cross,” ucap Naoya Nakamura, President Director PT MMKSI.
Untuk mempertahankan pangsa pasar Mitsubishi yang tumbuh positif, Nakamura mengajak calon konsumen memanfaatkan relaksasi PPnBM 100% yang telah resmi diperpanjang.
“Silahkan memanfaatkan kesempatan maksimal dalam memiliki Xpander dan Xpander Cross dengan perpanjangan periode insentif PPnBM yang diberlakukan pemerintah hingga Agustus 2021,” terangnya.
Selama Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat berjalan pihaknya menerapkan strategi penjualan dengan basis komunikasi jarak jauh.
Selain itu, MMKSI juga akan lebih mengoptimalkan kanal digital.
Nakamura menekankan pihaknya tetap berkomitmen memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan di masa-masa sulit seperti sekarang.
Pengembalian Dana
Terkait penjualan Xpander pada bulan Juni, MMKSI menerapkan kebijakan pengembalian dana bagi konsumen yang terlanjur membayar dengan harga PPnBM 50% seperti yang awalnya direncanakan.
Diberitakan sebelumnya, Nakamura mendorong konsumen yang sudah melakukan serah terima mobil pada bulan Juni untuk menghubungi diler guna mendapatkan informasi lebih terperinci mengenai hal ini.
Baca Juga:
- Nasib Pembeli Mitsubishi Xpander yang Sudah Serah Terima Mobil Juni
- Diler Mitsubishi Tetap Buka Selama PPKM Darurat, Berikut Daftarnya
Penulis: Mada Prastya
Editor: Santo Sirait