Prediksi Toyota Soal Pasar Mobil SUV dan MPV Tahun Ini

Jakarta – Ciri khas masyarakat Indonesia dalam memilih mobil adalah mencari yang bisa menampung banyak penumpang di kabin. Prilaku tersebut masih bisa dirasakan sampai sekarang. Untuk menjawab selera masyarakat, banyak pabrikan mobil di Tanah Air menciptakan kendaraan keluar dari koridornya.
Sebagai contoh mobil Sport Utility Vehicle (SUV), bila sebelumnya dikenal sebagai kendaraan yang hanya mampu menampung lima penumpang saja. Namun kini banyak pabrikan yang menambahkan bangku baris ketiga sehingga mampu menampung tujuh orang di kabin.
Dari situ pasar mobil SUV di Indonesia mulai mengalami pertumbuhan. Di tahun Babi Tanah ini diperkirakan peminat mobil SUV akan bertambah. Menurut Marketing Director Toyota Astar Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy hal itu bisa saja terjadi asalkan tahun ini ada pabrikan yang mendatangkan model terbaru.
“Tahun lalu SUV komposisinya 17 persen (dari total penjualan mobil secara nasional) bisa meningkat tergantung dari pergerakan produk. Karena tumbuhnya SUV itu dipicu adanya produk baru. Begitu ada produk baru tentu saja tidak hanya dari Toyota, ya kalau memang tahun ini banyak sekali produk SUV yang baru akan ada kemungkinan tumbuh,” ujar Anton.
Sementara itu dari segmen mobil Multi Purpose Vehicle (MPV), Anton memperkirakan mobil keluarga itu masih menjadi idola masyarakat Indonesia. Apalagi dengan diluncurkannya Toyota Avanza terbaru diprediksi pasar MPV mengalami peningkatan tahun ini.
“Total market wholesales secara nasional tahun lalu sekitar 1,150 juta. Tahun ini memperhitungkan ekonomi tetap berkembang tapi tetap enggak bisa naik terlalu banyak paling tidak sama atau naik sedikit lah. Pasar mobil MPV kalau kita bandingkan dengan tahun lalu setahu saya masih ada di komposisi yang sama kira-kira 40 sampai 41 persen. Ya mudah-mudahan dengan adanya Avanza baru ini bisa nmenaikkan komposisi MPV nanti,” ungkap Anton.