RC213V 2017, Tunggangan Anyar Marquez dan Pedrosa

Jakarta – Tim Repsol Honda resmi memperkenalkan RC213V, motor tunggangan Marc Marquez dan Dani Pedrosa di ajang MotoGP 2017. Konsep motor ini sudah dikembangkan sejak 2012 lalu.
Dibanding model sebelumnya, beberapa perubahan sudah dilakukan oleh pabrikan berlogo sayap mengepak ini. Saat uji coba pramusim di sirkuit Sepang, Malaysia, Honda RC213V sudah menggunakan sasis dan mesin terbaru.

Tim Repsol Honda (hondaracingcorporation)
Mesin yang disebut dengan ‘big bang’ ini diharapkan mampu mendongkrak kecepatan para pebalap. Berikut merupakan komponen-komponen terbaru yang dibenamkan pada RC213V untuk musim balap 2017.
Sasis
Sasis untuk musim balap 2017 sudah dimodifikasi untuk ketahanan keseimbangan. Sasis ini dirancang mencapai kesesuaian maksimal ketika menikung dan stabilitas.

Sasis terbaru dipergunakan tim Repsol Honda di musim balap 2017 (hondaracingcorporation)
Sasis twin-spar aluminum sangat ringan dan kuat serta mampu menyesuaikan karakteristik motor. Selain sanggup mengantarkan tenaga RC213V lebih dari 180 kW ke roda belakang, sasis ini juga di desain untuk meningkatkan daya cengkram ban.
Mesin

Mesin ‘big bang’ digunakan pada musim balap 2017 (hondaracingcorporation)
Honda mengadopsi mesin mesin model ‘V’ 4 silinder, dengan kapasitas 1.000cc. Mesin ini mampu mengeksploitasi tenaga maksimalnya. Honda merancang mesin ini agar lebih ringan, bertenaga.
Rem dan Suspensi
Rem depan menggunakan material serat karbon lansiran Brembo. Sedangkan untuk rem depan dan belakang pada saat kondisi basah, RC213V mempercayakan pada rem cakram buatan Yutaka.

Rem RC213V menggunakan Brembo dan Yutaka, Sedangkan suspensi dari Ohlins (hondaracingcorporation)
Motor untuk musim balap 2017, suspensi depan dan belakang disematkan suspensi buatan Ohlins. Suspensi ini memiliki kaitan penting antara roda dan sasis. Tujuannya adalah memastikan ban tetap mencengkram aspal saat goncangan yang akan terus terjadi dalam setiap putaran.
Rancangan Bodi

Bodi Motor terbaru tim repsol honda (hondaracingcorporation)
Rancangan bodi motor menggunakan material berbahan serat karbon. Material ini memiliki peranan penting dalam sistem aerodinamika RC213V. Fairing sudah dimodifikasi agar bisa memberikan keserasian performa, antara handling dan drag.
Ban

Ban untuk ajang MotoGP 2017 disuplai oleh Michelin (hondaracingcorporation)
Ban yang dipergunakan pada ajang MotoGP kali ini secara eksklusif disokong oleh Michelin. Setiap pebalap diijinkan untuk memakai 22 buah ban slick dan 11 buah ban basah (wet) selama berlangsungnya grand prix di akhir pekan. (Zie)
Specifikasi Teknis
Overall length (mm) | 2052 |
Overall width (mm) | 645 |
Overall height (mm) | 1.110 |
Wheelbase (mm) | 1.435 |
Road clearance | 115 |
Weight (kg) | As per FIM regulations |
Engine type | liquid-cooled, four-stroke, DOHC 4 valve, V-4 |
Displacement | 1.000cc |
Maximum power | Over 180 KW |
Frame type | Aluminum twin-tube |
Wheels Front (inch) | 17 |
Wheels Rear (inch) | 17 |
Suspension Front | Telescopic fork |
Suspension Rear | Pro-link |
Fuel tank capacity (litres) | 22 |