Berita

Safety Campaign Award 2017: Demi Terwujudnya ‘Zero Accident’

Jakarta – Safety Campaign Award (SCA) 2017 resmi digelar oleh Adira Insurance di Jakarta, Sabtu (16/12). Acara yang telah diadakan sejak 2014 ini merupakan bentuk kampanye keselamatan berkendara kepada berbagai komunitas motor se-Jadetabek.

Ajang penghargaan ini sendiri merupakan rangkaian dari program corporate social responsibility Adira Insurance dan bertemakan ‘I Wanna Get Home Safely!’.

Hananta Praditya selaku Direktur Adira Insurance mengungkapkan, ajang SCA sendiri muncul dari kepedulian pihak Adira untuk turut menurunkan angka fatalitas kecelakaan di Indonesia.

adira insurance

Para Juara Safety Campaign Award 2017

“Lebih jauh dari itu, kami berharap SCA dapat menjadi wadah bagi para komunitas motor untuk mengembangkan komunitasnya secara mandiri dan terlatih. Kemudian melakukan sosialisasi kampanye keselamatan di jalan yang berkelanjutan dan berdampak luas,” tambahnya.

Target Zero Accident

Hananta juga meyakini bahwa finalis SCA mampu menjadi role model bagi berbagai komunitas motor yang tersebar di seluruh Indonesia. Kampanye ini dinilai merupakan langkah awal hingga terwujudnya zero accident di Indonesia.

Senada dengan Hananta, Rudi yang merupakan salah satu juri dan pelopor safety ride, berharap bahwa kampanye tidak selesai begitu saja.

“Para bikers diharapkan mampu membawa virus-virus kebaikan kepada seluruh pengendara motor,” katanya saat memberi sambutan. Menurutnya, kampanye keselamatan di jalan ini adalah tugas mulia bagi para bikers. “Sebuah program -apapun itu- bukan cuma soal kuantitas, tapi seberapa besar membawa perubahan,” terangnya.

Telah Melalui Serangkaian Tahap Seleksi

Dari 100 peserta yang mendaftar, terpilih 10 klub motor yang kemudian menjadi finalis SCA 2017. Para bikers tersebut berkompetisi untuk membuat bentuk kegiatan kampanye keselamatan di jalan.

Tak sembarangan, kampanye keselamatan tersebut haruslah bernilai unik, edukatif dan inovatif. Meskipun begitu tetap dalam jalur prinsip road safety yang baik dan benar. Pihak panitia dan juri pun melaporkan bahwa Top 10 SCA mengalami peningkatan baik secara penilaian atribut maupun total indeks penilaiannya.

adira insurance

Top 10 peserta Safety Campaign bersama Adira Insurance

Adapun beberapa tahapan dalam program kampanye yang harus dilalui peserta sebelum menuju babak final. Tahapan seleksi pertama adalah tahap proposal, setelah terpilih 10 komunitas lalu masuk pada tahap implementasi.

Pada tahap implementasi para peserta ini didampingi oleh para mentor yang juga peserta di tahun-tahun sebelumnya. Tahap terakhir adalah tahap presentasi, dimana komunitas mempresentasikan kegiatan yang telah diimplementasikan di depan juri pakar road safety.

Adapun kriteria yang dinilai dari para peserta yaitu public exposure, multiplier effect (manfaat dan keterlibatan pihak lain), impact, konsep kegiatan, serta inovasi kampanyenya.

Terus Berkampanye Meski Program Usai

Pada SCA 2017 ini telah keluar NMax Riders Bekasi sebagai juara 1, Skill’s Jakarta juara 2, Tiger Riders Club Indonesia juara 3 dan SSFC Depok sebagai juara Best Innovation Campaign.

NMax Riders Bekasi, dalam ajang ini sangat concern pada generasi anak muda. Komunitas ini berhasil melakukan kampanye ke 3 sekolah di Bekasi dan setiap minggu melakukan touring sosialisasi ke berbagai kota seperti Tasikmalaya, Indramayu hingga Medan.

Isi kampanye yang dilakukan NMax Riders Bekasi adalah tidak memberikan sepeda motor kepada anak di bawah 17 tahun. Kampanye ini mengacu pada Undang-Undang No. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Bukan  saja sosialisasi kepada anak-anak, Nmax Riders Bekasi juga fokus sosialisasi kepada para orang tua.

Di luar hadiah yang didapat oleh masing-masing pemenang, sebanyak Rp 6 juta akan diberikan setiap bulannya selama tiga bulan ke depan. Uang tersebut merupakan dana pembinaan untuk keberlangsungan kampanye agar tidak putus di tengah jalan.

Heru, perwakilan NMax Riders Bekasi menerangkan bahwa komunitasnya telah memiliki program kampanye yang akan sangat fokus terhadap orang tua. “Selanjutnya kami akan concern sosialisasi kepada orang tua dan touring ke Palembang guna lebih melebarkan jaringan di luar pulau Jawa lagi” tutupnya. (dna)

Dimas Hadi

Memulai karir sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di Carmudi Indonesia. Sebelumnya aktif menulis bermacam esai sosial-budaya dan beberapa karya tulis lainnya sejak 2009. Email : dimas.hadi@icarasia.com
Follow Me:

Related Posts