Jakarta – Tumbuhnya penjualan retail sales Daihatsu pada Januari 2018 ditopang oleh beberapa model unggulan. Daihatsu Sigra tercatat sebagai model yang sampai sekarang masih menjadi idola masyarakat.
Ini dibuktikan dari tingginya penjualan mobil jenis Low Cost Green Car (LCGC) itu dibanding model lainnya. Tercatat sebanyak 3.982 unit Daihatsu Sigra yang terjual bulan lalu.
Diurutan berikutnya ada Daihatsu Gran Max Pick Up (PU) yang berhasil terjual 3.299 unit pada periode yang sama. Diikuti oleh Daihatsu Xenia dengan pencapaian penjualan sebesar 3.027 unit.
Selanjutnya ada Daihatsu Terios yang baru saja meluncur pada November 2017 sudah berhasil mencatatkan penjualan 2.157, Ayla sebesar 1.901 unit (12%), Gran Max Mini Bus (MB) 1.131 unit (7%). Model Daihatsu lainnya seperti Luxio, Sirion, Hi-Max dan Copen bila ditotal memperoleh penjualan sebesar 399 unit.
Ini artinya PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mencatat penjualan yang positif. Berdasarkan data penjualan yang dirilis Daihatsu, sebanyak 15.896 unit mobil sudah diteriam oleh konsumen (retail sales) sepanjang Januari 2018 dengan market share 17 persen.
Sedangkan jumlah mobil yang dikirim dari pabrik ke dealer (wholesales) sebanyak 18.788 unit dengan market share 19,6 persen.
Penjualan Mobil Daihatsu Berhasil Naik di Januari 2018
Daihatsu menganggap kondisi pasar otomotif Indonesia pada 2017 cenderung stagnan. Maka tak heran bila beberapa APM termasuk Daihatsu mengalami penurunan penjualan mobil pada 2017.
Namun tahun ini diperkiran penjualan mobil mengalami pergerakan yang positif. Hal itu mulai terlihat dari adanya peningkatan penjualan mobil Daihatsu pada periode Januari 2018.
“ Kami berharap pencapaian ini dapat terus memotivasi untuk dapat memberikan produk maupun pelayanan purnajual terbaik,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director ADM dalam keterangan resminya. (dol)