Siap Meluncur Besok, Ini Alasan Honda Hadirkan Civic Hatchback Turbo

Jakarta – Sebentar lagi Honda Prospect Motor (HPM) siap memasarkan model ketiga mobil bermesin turbo. Setelah Civic sedan, kemudian CR-V Turbo dan sebentar lagi bakal ada versi hatchback dari Civic Turbo.
Dengan hadirnya Civic Turbo versi Hatchback, Honda Indonesia sudah mengumpulkan tiga model bermesin turbo. Ketagihan Honda?
“Tren turbo di dunia juga sedang berkembang pesat menggantikan mesin konvesional,” ungkap Jonfis Fandy, Marketing & Aftersales Service Director HPM saat dihubungi Carmudi Indonesia.
Jonfis juga memaparkan beberapa alasan lain kenapa mesin kecil berturbo yang akhirnya dipilih Honda.
“Contoh mesin 1.500cc Civic Turbo dapat menghasilkan tenaga setara 2.000cc dengan konsumsi bahan bakar setara 1.500cc,” tambah Jonfis.
Dirinya juga menjelaskan soal kesenangan mengemudi konsumen menjadi lebih tinggi. Dapat merasakan tenaga puncak yang rendah, sehingga sangat responsif.
Selain itu penggunaan mesin yang lebih kecil membuat skema pajak barang mewah yang lebih rendah, maka konsumen dapat mendapatkan benefit kompensasi dari harga turbo yang sebenarnya lebih mahal.
Apa beda Civic Turbo Sedan dan Hatchback?
Nah, jika dibandingkan dengan versi Civic sedan, sekilas memang tampak jelas perbedaannya. Dimulai dari desain eksteriornya.
Civic hatchback memang memiliki lebar yang sama dengan Civic sedan (1.798mm). Namun dimensi panjang keduanya berbeda. Civic Turbo hatchback lebih pendek dibanding Civic sedan. Tetapi Civic hatchback lebih tinggi 20mm.

Honda Civic Hatchback menawarkan ruang bagasi lebih luas dari versi sedan, yakni mencapai 700an liter (Paultan)
Honda Civic hatcback memiliki bagasi lebih besar dari saudaranya, Civic sedan. Bangku belakang pada Honda Civic hatchback dapat dilipat 60:40 yang dapat memperluas bagasinya.
Sisanya, seperti velg, lampu LED, serta fitur-fitur lainnya dipastikan mengadopsi dari versi sedan.
Termasuk mesin 4 silinder 1.5 liter VTEC Turbo berdaya 173 PS pada 5.500 rpm dan torsi 220 Nm pada rentang 1.700 – 5.500 rpm.
Transmisinya otomatis CVT dengan dukungan paddle shift, tanpa opsi varian transmisi manual 6-speed. Harganya sendiri diprediksi bakal lebih murah dari versi sedan. Buat yang mau Die Cast 1:1, mungkin Civic hacthback turbo bisa jadi pilihan! (Penulis: Amel)