Skema kredit Toyota Innova Zenix tentunya berbeda-beda, menyesuaikan besaran uang muka dan tenor kredit.
Toyota All New Kijang Innova Zenix merupakan mobil keluarga terbaru yang diluncurkan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM).

Zenix berasal dari kata Zenit = “puncak performa” dan X (crossover) merepresentasikan Innova terbaru ini mengusung desain ala crossover. (Foto: Carmudi)
Mobil tersebut menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA) tipe C atau GA-C.
Yang cukup menarik, mobil generasi ke-7 dari keluarga Kijang ini hadir dengan pilihan mesin hybrid.
Jika dulu Kijang punya versi mesin diesel, kini Toyota tak lagi menyediakan mesin diesel.
Sebagai gantinya konsumen bisa membeli versi mesin bensin atau hybrid.
Isi Konten
Daftar Harga Innova Zenix
Usai membuka selubungnya secara resmi, Toyota pun membeberkan harga jual Innova Zenix kepada publik. Ada beberapa tipe yang bisa dipesan.
Carmudian yang hendak membeli Toyota Kijang Innova Zenix dengan skema kredit bisa melihat detailnya di bawah ini berdasarkan data yang sudah kami rangkum.
Harga Kijang Innova Zenix non hybrid |
|
Zenix 2.0 G CVT (non premium color) | Rp419 juta |
Zenix 2.0 G CVT (premium color) | Rp422 juta |
Zenix 2.0 V CVT (non premium color) | Rp467 juta |
Zenix 2.0 V CVT (premium color) | Rp470 juta |
Harga Kijang Innova Zenix hybrid |
|
Zenix 2.0 G CVT (non premium color) | Rp458 juta |
Zenix 2.0 G CVT (premium color) | Rp461 juta |
Zenix 2.0 V CVT non Modellista (non premium color) | Rp522,1 juta |
Zenix 2.0 V CVT non Modellista (premium color) | Rp525,1 juta |
Zenix 2.0 V CVT Modellista (non premium color) | Rp532 juta |
Zenix 2.0 V CVT Modellista (premium color) | Rp535 juta |
Zenix 2.0 Q CVT TSS non Modellista (non premium color) | Rp601,1 juta |
Zenix 2.0 Q CVT TSS non Modellista (premium color) | Rp604,1 juta |
Zenix 2.0 Q CVT TSS Modellista (non premium color) | Rp611 juta |
Zenix 2.0 Q CVT TSS Modellista (premium color) | Rp614 juta |
*harga OTR DKI Jakarta
Harga di atas bisa dibilang cukup mahal bagi sebagian orang. Tentu akan ada banyak orang yang akan membeli kredit Toyota Innova Zenix ini dibanding tunai.
Kredit Toyota Innova Zenix
Carmudian yang hendak membelinya dengan skema kredit bisa melihat rekomendasinya di bawah ini.
Non Hybrid
Zenix tipe 2.0 G CVT (non premium color) Rp419 juta |
||
TDP | Angsuran per bulan (48 kali) | Angsuran per bulan (60 kali) |
Rp86,5 juta | Rp10,3 juta | Rp9,1 juta |
Zenix tipe 2.0 G CVT (premium color) Rp422 juta |
||
TDP | Angsuran per bulan (48 kali) | Angsuran per bulan (60 kali) |
Rp89,5 juta | Rp10,3 juta | Rp9,1 juta |
Zenix tipe 2.0 V CVT (non premium color) Rp467 juta |
||
TDP | Angsuran per bulan (48 kali) | Angsuran per bulan (60 kali) |
Rp96 juta | Rp11,5 juta | Rp10,2 juta |
Zenix tipe 2.0 V CVT (premium color) Rp470 juta |
||
TDP | Angsuran per bulan (48 kali) | Angsuran per bulan (60 kali) |
Rp99 juta | Rp11,5 juta | Rp10,2 juta |
Hybrid
Zenix tipe 2.0 G CVT (non premium color) Rp458 juta |
||
TDP | Angsuran per bulan (48 kali) | Angsuran per bulan (60 kali) |
Rp94,5 juta | Rp11,3 juta | Rp10 juta |
Zenix tipe 2.0 G CVT (premium color) Rp461 juta |
||
TDP | Angsuran per bulan (48 kali) | Angsuran per bulan (60 kali) |
Rp97,5 juta | Rp11,3 juta | Rp10 juta |
Zenix tipe 2.0 V CVT Modellista (non premium color) Rp532 juta |
||
TDP | Angsuran per bulan (48 kali) | Angsuran per bulan (60 kali) |
Rp109 juta | Rp13 juta | Rp11,5 juta |
Zenix tipe 2.0 V CVT Modellista (premium color) Rp535 juta |
||
TDP | Angsuran per bulan (48 kali) | Angsuran per bulan (60 kali) |
Rp112 juta | Rp13 juta | Rp11,5 juta |
Zenix tipe 2.0 Q CVT TSS Modellista (non premium color) Rp611 juta |
||
TDP | Angsuran per bulan (48 kali) | Angsuran per bulan (60 kali) |
Rp123 juta | Rp14,9 juta | Rp13,1 juta |
Zenix tipe 2.0 Q CVT TSS Modellista (premium color) Rp614 juta |
||
TDP | Angsuran per bulan (48 kali) | Angsuran per bulan (60 kali) |
Rp126 juta | Rp14,9 juta | Rp13,1 juta |
Kredit Toyota Innova Zenix Ez Deal
Zenix tipe 2.0 G CVT (premium color) Rp614 juta |
|||
TDP | Angsuran per bulan (24 kali) | Angsuran per bulan (48 kali) | Angsuran per bulan (72 kali) |
Rp107,3 juta | Rp6,3 juta | Rp6,7 juta | Rp8,4 juta |
Zenix tipe 2.0 G Hybrid CVT (non premium color) Rp458 juta |
|||
TDP | Angsuran per bulan (24 kali) | Angsuran per bulan (48 kali) | Angsuran per bulan (72 kali) |
Rp117 juta | Rp6,9 juta | Rp7,3 juta | Rp9,2 juta |
Zenix tipe 2.0 G CVT (premium color) Rp422 juta |
|||
TDP | Angsuran per bulan (24 kali) | Angsuran per bulan (48 kali) | Angsuran per bulan (72 kali) |
Rp108 juta | Rp6,3 juta | Rp6,7 juta | Rp8,5 juta |
Zenix tipe 2.0 G Hybrid CVT (premium color) Rp461 juta |
|||
TDP | Angsuran per bulan (24 kali) | Angsuran per bulan (48 kali) | Angsuran per bulan (72 kali) |
Rp117,8 juta | Rp6,9 juta | Rp7,3 juta | Rp9,2 juta |
Pada paket Ez Deal merupakan paket yang ditawarkan oleh Toyota se-Indonesia dengan pembiayaan kredit melalui Toyota Astra Finance (TAF) dan Astra Credit Companies (ACC).
Manfaat program Ez Deal konsumen bisa memilih tenor yang tersedia enam tahun dan dibagi menjadi tiga periode. Selain itu pembeli bisa menyesuaikan nilai pembayaran pertama dengan minimal DP 20% dari harga OTR yang berlaku.
Bahkan pembeli juga dapat melakukan trade-in atau tukar tambah walaupun masa cicilan masih berjalan.
Tabel di atas ini merupakan simulasi kredit Toyota All New Kijang Innova Zenix yang ada di Auto2000 untuk OTR DKI Jakarta.
Jika ingin mendapatkan harga pasti yang lebih detail Anda bisa menghubungi tenaga penjual yang ada.
Spesifikasi Toyota Kijang Innova Zenix
TAM menawarkan Zenix dalam 2 pilihan mesin bensin dan hybrid. Keduanya merupakan mesin baru yang didevelop oleh Toyota demi memenuhi permintaan pasar di Indonesia.
Mesin pertama merupakan mesin bensin yang memiliki kode M20A-FKS. Mesin ini punya kapasitas 1.987 cc, 4 silinder, DOHC, chain drive Dual VVT-i.
Mesin bensin Innova Zenix |
|
Kode mesin | M20A-FKS |
Kapasitas | 1.987 cc |
Jumlah silinder | 4 silinder segaris |
Teknologi | Direct injection, port injection D-4S system, DOHC, chain drive Dual VVT-i |
Tenaga maksimum | 171 hp @6.600 rpm |
Torsi maksimum | 204,9 Nm @4.500-4.900 rpm |
Kompresi mesin | 13:1 |
Transmisi | Otomatis CVT |
Tipe penggerak | Roda depan |
Kapasitas tangki BBM | 52 liter |
Mesin Innova Zenix hybrid |
|
Kode mesin | M20A-FXS |
Kapasitas | 1.987 cc |
Jumlah silinder | 4 silinder segaris |
Teknologi | Direct injection, port injection D-4S system, DOHC, chain drive Dual VVT-i |
Tenaga mesin bensin | 149 hp @6.600 rpm |
Tenaga motor listrik | 111 hp |
Tenaga maksimum campuran mesin bensin dan motor listrik | 183 hp @6.000 rpm |
Torsi maksimum mesin bensin | 187 Nm @4.400-5.200 rpm |
Torsi maksimum motor listrik | 205 Nm |
Kompresi mesin | 14:1 |
Transmisi | Otomatis e-CVT |
Tipe penggerak | Roda depan |
Kapasitas tangki BBM | 52 liter |
Sedikit mengupas informasinya, mesin bensin yang dipakai merupakan mesin yang sama dengan yang dipakai oleh Toyota Voxy generasi terbaru.
Bahkan tenaga dan torsi yang dihasilkan sama persis dengan Innova Zenix.
Sementara untuk mesin hybrid berkode M20A-FXS ini sudah digunakan pada beberapa model Toyota seperti Corolla Cross hybrid di Eropa serta Australia, dan Lexus UX 250h.
Kelebihan Mesin M20A-FXS
Melansir dari laman Motorlist, mesin hybrid pada Kijang Innova Zenix ini diklaim punya 41% efisiensi thermal yang lebih baik. Efeknya, konsumsi BBM-nya lebih baik hingga 9%.
Efisiensi ini tentu dipengaruhi oleh siklus Atkinson atau Atkinson cycle. Lalu, bagaimana cara kerja mesin ini?
Secara prinsip, piston pada mesin akan turun guna memasok udara dan BBM ke ruang silinder ketika intake stroke. Kemudian piston akan naik menekan serta membakar ketika melewati compression stroke.
Ketika sudah terjadi pembakaran, piston akan kembali naik guna mengeluarkan gas buang ke exhaust stroke. Karakter mesin Atkinson ini juga punya bukaan katup intake yang lebih lama pada compression stroke.
Saat katup lebih lama terbuka, piston akan naik. Sebagian udara dan BBM juga akan kembali ke manifold sehingga volume pada kompresi yang akan dibakar menjadi lebih sedikit.
Pembakaran yang lebih sedikit inilah yang membuat Atkinson butuh energi yang efisien untuk menghasilkan tenaga. Jangan lupa, ketika katup intake terbuka lebih lama, pumping loss akan lebih sedikit dibandingkan mesin lain.
Bobot dari mesin ini juga lebih ringan berkat dukungan komponen bernama power control unit (PCU). Secara dimensi PCU pada mesin ini lebih kecil 20% dengan bobot lebih ringan 10%.
Hadirnya PCU ini juga berpengaruh pada sel baterai yang lebih banyak dibandingkan mesin hybrid 1.800 cc. Ada juga kabar jika PCU dipasangkan tepat di atas transaxle yang membuat sistem hybrid Zenix jadi lebih ringkas.
Kelebihan lain dari mesin M20A-FXS yakni punya power loss hingga 25% lebih rendah. Untuk mengurangi power loss ini, Toyota memadukan sistem hybrid pada M20A-FXS ini dengan motor listrik baru yang punya struktur rolling coil.
Nah, setelah membahas mengenai skema kredit dari Toyota All New Kijang Innova Zenix di atas setidaknya Carmudian juga lebih paham mengenai spesifikasi mesin yang diusungnya.
Penulis: Rizen Panji
Editor: Dimas
Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini!