Spesifikasi Teknis Aion UT yang Sebentar Lagi akan Meluncur di Indonesia

Jakarta – GAC Indonesia memang belum secara resmi meluncurkan Aion UT, tapi spesifikasi teknis dari mobil tersebut sudah dibocorkan.
Aion UT sudah dipastikan bakal menjadi produk terbaru dari GAC Indonesia yang akan segera meramaikan pasar kendaraan listrik di Tanah Air. Kedatangannya secara otomatis menamani Aion Y Plus, Aion V, dan Hyptec HT yang sudah lebih dahulu dijual.
Baca Juga: Mobil Listrik Aion UT Sudah Tiba di Indonesia, Punya Dua Pilihan Varian
Menurut informasi yang beredar, peluncuran resmi Aion UT akan dilakukan bulan ini di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025 pada 24 Juli mendatang.
Sebelum diluncurkan, GAC Indonesia baru-baru ini memberikan kesempatan kepada beberapa media terpilih termasuk Carmudi untuk dapat melihat langsung Aion UT di salah satu diler mereka.
Pada kesempatan yang berharga ini, Carmudi diberi kebebasan untuk mengeksplorasi hatchback listrik tersebut.
Berdasarkan keterangan resmi yang mereka sampaikan, Aion UT yang nantinya ditawarkan ke konsumen Indonesia tersedia dalam dua varian. Ada varian Standard dan Premium.
Setiap varian tentu memiliki perbedaan dari segi fitur, performa, dan harga untuk menyesuaikan dengan kebutuhan serta preferensi konsumen.
Sementara ini spesifikasi lengkap dari kedua varian tersebut memang belum dibeberkan. Namun, GAC Indonesia sudah memberikan sedikit bocoran mengenai spesifikasi teknis mobil yang bakal bersaing dengan BYD Dolphin, GWM Ora 03, dan Wuling Binguo EV ini.
Jarak Tempuh Aion UT Hingga 500 Km
Aion UT varian standar dibekali dengan baterai berkapasitas 44 kWh. Klaim pabrikan, varian satu ini dapat melaju sejauh 400 km dalam satu kali pengisian daya baterai hingga penuh.
Sementara varian Premium menggendong baterai berkapasitas 60 kWh dengan kemampuan jelajah hingga 500 km.
Baterai yang digunakan oleh keduanya adalah LFP Magazine Battery 2.0. Baterainya sudah mendukung pengisian cepat DC.
Tenaga Maksimal 201 Hp
Spesifikasi teknis Aion UT berikutnya terkait performa. Beda varian, beda pula performa yang ditawarkan.
Varian Standard menggunakan motor listrik yang bertenaga 100 kW (134 Hp) dan torsi 145 Nm, sedangkan varian Premium punya tenaga maksimal 150 kW (201 Hp) dan menghasilkan torsi 210 Nm.
Fitur Keamanan Canggih
Untuk memberikan rasa nyaman dan aman bagi setiap pengguna, Aion UT telah dilengkapi dengan beragam fitur keamanan canggih, seperti AdiGO Level 2 dan 6 airbags.
Fitur lain sebagai pelengkap kenyamanan dalam berkendara, yakni Ventilated Seat, Voice Command, panoramic roof, 6 AdiGO speaker dan wireless fast charging berdaya 50 watt.
Spesifikasi Teknis Aion UT
Spesifikasi |
Detail |
Kapasitas Baterai |
44 kWh (Standard) / 60 kWh (Premium) |
Motor Listrik |
100 kW (Standard) / 150 kW (Premium) |
Torsi |
145 Nm (Standard) / 210 Nm (Premium) |
0-100 km/jam |
12 detik (Standard) / 8.3 detik (Premium) |
Dimensi (P x L x T) |
4.270 x 1.850 x 1.575 mm |
Wheelbase |
2.750 mm |
Ground Clearance |
160 mm |
Kapasitas Bagasi |
440 L |
Tipe Pengisian Daya |
DC Fast Charging CCS2 (30-80% in 24 Mins) |
Sistem Keamanan |
ADAS L2 (6 Airbags) |
Material Jok |
PVC Synthetic Leather |
Panoramic Roof |
Yes (Electric Sunshade) |
Ventilated Seat |
Yes |
Voice Command |
Yes |
Jumlah Speaker |
6 ADiGO Speakers |
Wireless Charging |
Yes (50W Fast Charging) |
Jarak Tempuh |
400 km (Standard) / 500 km (Premium) |
UT dirancang untuk menjadi solusi mobilitas tanpa kekhawatiran jarak tempuh, dengan efisiensi tinggi, teknologi canggih, dan desain yang sesuai dengan gaya hidup urban masyarakat Indonesia.
Baca Juga: GAC E9 PHEV dengan Setir Kanan Sudah Mendarat di Indonesia
“Aion UT bukan sekadar mobil listrik, hatchback ini sebuah pernyataan gaya hidup baru. Kami percaya anak muda dan keluarga modern Indonesia butuh kendaraan yang bukan hanya efisien, tapi juga stylish, cerdas, dan siap menemani aktivitas sehari-hari tanpa rasa khawatir. Dengan desain ikonik dan teknologi yang relevan, Aion UT adalah jawaban atas mobilitas masa depan,” ujar Andry Ciu, CEO GAC Indonesia dalam keterangan resmi baru-baru ini.
Penulis: Santo Sirait