Mobil

SUV Gagah dan Mahal, Simak Harga Mobil Jeep Rubicon di Era Pandemi

Jeep Wrangler JK lebih dikenal dengan sebutan Jeep Rubicon, photo: istimewa

Jeep Wrangler JK lebih dikenal dengan sebutan Jeep Rubicon. Foto: istimewa

Jakarta – Nama Jeep Rubicon rasanya sudah menjadi salah satu mobil yang cukup diidamkan banyak orang. Padahal, sebenarnya ada kesalahan penyebutan nama dari mobil tersebut. Jeep Rubicon yang kerap disebut oleh masyarakat Indonesia sebenarnya lebih mengarah ke varian. Yang benar, Jeep Wrangler dengan kode bodi JK. Paling terbaru, sudah punya nama menjadi Jeep Wrangler JL.

Nah, pasti banyak yang salah sebut dengan mobil satu ini kan. Mungkin banyak yang belum tahu mengenai asal-usul dari mobil itu sendiri. Jeep Wrangler JK sendiri sebenarnya diambil dari basis Jeep Wrangler TJ yang merupakan SUV di era 1996 sampai 2006.

Nah, si Jeep Wrangler JK ini merupakan hasil develop dari basis TJ. Jeep Wrangler JK ini sendiri pertama kali diluncurkan pada 2006 sampai 2018 lalu. Setelah itu, Jeep Wrangler dilanjutkan dengan kode bodi JL. Itu merupakan sedikit sejarah yang bisa kamu tahu dari mobil Jeep yang biasa dipanggil Rubicon ini. Terus, Rubiconnya itu darimana? Kok bisa dapat nama Rubicon?

Asal Mula Nama Mobil Jeep Rubicon

Sebenarnya, ini juga banyak orang yang belum tahu mengenai asal mula Rubicon yang ada pada Jeep Wrangler JK. Nama Rubicon ini sebenarnya merupakan trim level, atau varian yang ada pada Jeep Wrangler TJ. Jeep sengaja memberi varian pada TJ dengan nama-nama tempat terkenal.

Trim dari Jeep Wrangler TJ ini yang cukup terkenal ada Sahara, Sport, Apex Edition, Golden Eagle, Rocky Mountain, Tomb Raider Edition karena pernah dipakai dalam film dan Rubicon itu sendiri.

Jeep Wrangler TJ generasi sebelum Jeep Wrangler JK, photo: hearstapps

Jeep Wrangler TJ generasi sebelum Jeep Wrangler JK, photo: hearstapps

Rubicon sendiri meupakan suatu tempat bernama Rubicon Trail yang berlokasi di kawasan Sierra Nevada Mountains. Trim ini sendiri pertama kali diperkenalkan ke publik pada Jeep Wrangler TJ tahun 2002. Salah satu yang ngebuat trim ini jadi disukai karena spesifikasinya yang lumayan tangguh buat diajak offroad.

Misalnya, mobil bawaan pabrik sudah dilengkapi gardan Dana 44 dengan air locker di bagian depan dan belakang. Ada juga Rock-Trac dengan rasio transfer case 4:1, diamond plate rocker panel, velg alloy 16 inci, sampai pilihan transmisi yang ditawarkan. Secara spesifikasi, di atas kertas mobil tersebut bisa dengan mudah menaklukkan lokasi Rubicon Trail yang emang punya trek jahanam buat bermain offroad.

Jeep Wrangler TJ generasi sebelum Jeep Wrangler JK, photo: strutswest

Jeep Wrangler TJ generasi sebelum Jeep Wrangler JK. Foto: strutswest

Biasanya, salah satu cirinya adalah adanya stiker di bagian samping kap mesin. Tulisan buat menandakan trimnya lumayan gede. Jadi, misal trim Sahara, Rubicon dan lainnya itu pakai stiker. Nah, karena spesifikasi Rubicon ini lumayan oke, makanya dinilai cocok sama orang Indonesia yang juga gemar bermain offroad. Sejak itulah, banyak orang salah kaprah menyebut Jeep Wrangler menjadi sebutan mobil Jeep Rubicon.

Model Jeep Wrangler JK atau Jeep Rubicon:

Yang dijual ke Indonesia ada beberapa model. Mulai dari model pintu 2 atap kanvas, pintu 2 hardtop, pintu 4 atap kanvas, dan pintu 4 SUV hardtop. Soal mesin, yang masuk ke Indonesia ditawarkan dengan kepasitas 3.600 cc, konfigurasi V6. Atau biasa disebut mesin 3.6 Pentastar V6.

Mesin ini bisa mengeluarkan tenaga sampai 285 hp dengan torsi maksimal 353 Nm. Lumayan besar tenaganya, tetapi banyak juga yang bilang kalau mesin ini cukup boros bahan bakar. Tapi banyak juga yang senang dengan mesin ini walaupun dianggap cukup boros.

Mesin Jeep Wrangler JK 3.6 Pentastar, photo: POD11

Mesin Jeep Wrangler JK 3.6 Pentastar, photo: POD11

Transmisi dari Jeep Wrangler JK ini ditawarkan dalam 4 pilihan transmisi. Yang pertama ada transmisi 4 speed automatic Ultradrive berkode 42RLE. Lalu ada juga transmisi automatic buatan Mercedes-Benz 5 speed berkode W5A580. Selain itu ada juga transmisi automatic 5 speed buatan Chrysler dengan kode 545RFE. Dan yang terakhir adalah transmisi manual 6 speed buatan Chrysler dengan kode NSG370.

Harga Mobil Jeep Rubicon

Walaupun bisa dibilang sudah berusia lebih dari 10 tahun, tetapi harga bekas dari mobil Jeep Rubicon atau Jeep Wrangler JK ini tetaplah mahal. Salah satu faktor penyebab masih tingginya harga bekas Jeep ini adalah harga barunya yang dulu cukup mahal. Pada saat baru dirilis, mobil ini punya harga di atas Rp1 miliar. Nggak heran kalau harga bekasnya masih ada di kisaran Rp500 jutaan sampai Rp700 jutaan.

Berdasarkan pantauan, harga bekas mobil Jeep Rubicon ini ada di kisaran Rp500 jutaan sampai Rp700 jutaan untuk tahun 2007. Tahun 2007 merupakan tahun pertama Jeep Wrangler JK masuk ke Indonesia. Ini artinya generasi pertama mobil Jeep Rubicon ini masih punya harga bekas yang di atas Rp500 juta. Baik model pintu 2 maupun pintu 4, keduanya sama-sama punya harga bekas yang masih cukup tinggi di pasaran.

Model 4 pintu dengan atap hardtop, photo: Jeep

Model 4 pintu dengan atap hardtop, photo: Jeep

Lain lagi dengan tahun produksi 2008 sampai 2010. Harga bekasnya berada sedikit lebih mahal di atas tahun 2006-2007. Untuk tahun produksi 2008 sampai 2010 punya harga bekas di angka Rp600 juta sampai Rp700 juta. Bagi sebagian orang, harga ini tentu dianggap masih cukup mahal. Lalu, bagaimana dengan tahun produksi yang lebih muda?

Apakah harganya lebih mahal ataukah setara? Berdasarkan pengamatan, mobil Jeep Rubicon produksi tahun 2010 ke atas harganya lebih fantastis. Sekadar gambaran, Jeep Wrangler JK produksi 2011 sampai 2015 punya kisaran harga di angka Rp690 jutaan sampai Rp995 jutaan alias Rp1 miliar kurang sedikit hehehe.

Generasi terbaru sudah punya wajah lebih modern, photo: digitaltrends

Generasi terbaru sudah punya wajah lebih modern, photo: digitaltrends

Lalu untuk tahun produksi 2015 sampai 2020 yang model terbaru, harga bekasnya jauh lebih fantastis dan bisa membuat kaum misqueen panas dingin bergetar hebat. Untuk tahun 2015 harga bekasnya berkisar Rp950 jutaan sampai Rp1,3 miliar. Lalu untuk tahun produksi 2020 harga bekasnya masih di atas Rp2 miliar. Tapi harus ingat, harga pasaran ini juga disesuaikan dengan kondisi mobil itu sendiri ya.

Banyak Sudah Dimodifikasi

Biasanya para pemilik Jeep Wrangler JK ini merupakan kalangan orang berduit yang mayoritas hanya menyukai tampilan alto atau bergaya offroad saja. Walaupun banyak juga yang membawa mobil ini untuk offroad, tapi yang hanya sekadar bergaya juga cukup banyak. Biasanya para pemilik melakukan sedikit modifikasi seperti mengganti bumper, velg, ban, dan meninggikan suspensi dengan lift kit.

Modifikasi Jeep, photo:carid.com

Modifikasi Jeep, photo:carid.com

Hal ini untuk membuat tampilan mobil menjadi lebih gagah, tangguh dan menyeramkan. Sebelum membeli Jeep Wrangler JK atau mobil Jeep Rubicon ini ada baiknya kamu memperhatikan finansial. Karena mobil ini merupakan salah satu mobil dengan biaya perawatan yang cukup mahal. Spare part dari mobil ini terbilang mahal bagi sebagian orang. Makanya, pastikan finansial kamu siap dan juga mental.

Karena dalam membeli mobil bekas, sudah sewajarnya melakukan perbaikan. Atau biasanya pajaknya mau habis. Karena pajak dari mobil ini lumayan mahal, lho. Pajak per tahunnya bisa mencapai angka Rp12 jutaan. Nah, sebelum membeli mobil ini pastikan kamu sudah tahu mengenai biaya perawatannya. Jangan sampai bisa membeli tetapi tidak bisa merawat mobil yang satu ini ya.

Jeep Wrangler JL, penerus generasi JK, photo Sano/Carmudi

Jeep Wrangler JL, penerus generasi JK, photo Sano/Carmudi

Penulis: Rizen

Editor: Lesmana

 

 

Rizen Panji

Hobinya menghabiskan bahan bakar di akhir pekan. Dan pastinya tergila-gila dengan mobil tua apalagi mobilnya model pintu dua. Oiya, dirinya juga senang melihat interior mobil yang sangat rapih dan bersih, lho!

Related Posts