Test Drive Datsun Cross: Medan Berat di Yogyakarta

Penulis: Endara Darata
Yogyakarta – Carmudi.co.id berkesempatan menguji seberapa tangguh Datsun Cross melewati jalan sempit, menanjak dan menurun di bagian selatan Daerah Istimewa Yogyakarta (D.I.Y) dalam sesi test drive Datsun Cross.
Rute jalan yang dipilih cukup ekstrem. Perjalanan dimulai dari tujuan asal yakni kota Yogyakarta menuju Pantai Ngandong, Gunung Kidul D.I.Y.
Untuk menaklukan medan yang cukup berat tersebut, Datsun menyediakan Cross bertransmisi otomatis CVT (Continously Variable Transmission). CVT dipilih karena pertimbangan soal tenaga dan juga merupakan opsi terbaru dan Cross merupakan model pertama yang dibekali CVT oleh Datsun.
“Datsun Cross transmisi otomatis CVT memiliki torsi yang lebih besar dibanding transmisi manual,” ujar Anton Khristanto, Manager R&D PT Nissan Motor Indonesia di sela-sela ajang test drive Datsun Cross, Rabu (2/5).
Perbedaan tenaga yang dihasilkan antara versi manual dan CVT cukup banyak. Penggunaan CVT membuat torsi mobil meningkat sekitar 10 PS.
Anton menegaskan, mesin HR12DE 1.200cc bertransmisi manual mampu menghasilkan tenaga sebesar 68 PS saja. Sedangkan Datsun Cross dengan transmisi otomatis CVT dapat menyemburkan tenaga 78 PS.
Konsep Tough and Smart Pada Desain Datsun Cross
Desain dengan konsep ini membuat Cross memiliki karakter desain yang unik. Seperti diketahui, Cross bukanlah LCGC (Low Cost Green Car) seperti pendahulunya, Datsun GO dan GO+ Panca.
Datsun melakukan banyak perubahan baik pada tampilan luar maupun dalam mobil. Meskipun secara platform, mobil sama persis dengan Datsun Go dan Go+ Panca.
Karena berbeda model dengan saudaranya dan diklaim sebagai sebuah crossover, mobil tentu harus memiliki ground clearance yang lebih tinggi. Jarak antara permukaan tanah dengan kabin kendaraan dibuat menjadi lebih tinggi. Ground clearance mobil sekitar 200 mm dari permukaan tanah.
Selain itu tampilan luar mobil juga turut mendapat banyak perubahan. Mulai dari gaya desain bumper depan, belakang, serta side skirt tampak semakin sporti dan membuat mobil terlihat kekar, demi semakin menegaskan sosok crossover.
Selain lampu utama model projector, lampunya juga dilengkapi dengan fitur LED DRL (Daytime Running Light) untuk semakin memberikan pencahayaan yang optimal pada malam hari.
Di sisi infotainment, head unit double din dengan layar sentuh 6,75 inci kini telah tersedia. Tidak seperti Datsun GO maupun GO Plus yang hanya dijejali single din.
Datsun Cross berada di segmen kendaraan LMPV yang dilengkapi dengan transmisi otomatis X-Tronic CVT, Vehicle Dynamic Control (VDC), Traction Control System (TCS), Anti-lock Braking System (ABS) dengan Electronic Brake-force Distribution (EBD) dan Brake-Limited Slip Differential (B-LSD). (dna)