Berita Mobil Sumber informasi

Toyota Catat 6.022 unit Pemesanan di GIIAS 2018, Turun Dibanding Tahun Lalu

Suasana booth Toyota (Foto: Santo/Carmudi)

Jakarta – Tidak hanya Astra Daihatsu Motor (ADM) saja yang mengalami penurunan angka pemesanan di ajang di GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018. Saudaranya pun demikian yaitu PT Toyota Astra Motor (TAM) hanya mencatatkan total pemesanan kendaraan selama 11 hari GIIAS 2018 sebanyak 6.022 unit.

Hasil tersebut turun sekitar 1.000 unit lebih dibanding pencapaian GIIAS tahun lalu yaitu 7.136 unit. Seperti biasa TAM tidak pernah menargetkan angka pemesanan kendaraan disetiap pameran.

Meski mengalami penurunan yang cukup drastis, tapi ada satu hal yang masih bisa dibanggakan oleh Toyota yaitu Avanza. Meskipun Toyota Avanza tidak diberada di depan booth pada saat pameran, tapi pesonannya masih tetap ada.

Tercatat sebanyak 1.105 unit Avanza dipesan oleh pengunjung GIIAS 2018. Mobil keluarga itu berkontribusi sekira 18.3 persen dari total SPK. Diposisi berikutnya ada Toyota Rush dengan jumlah mobil terpesan sebanyak 996 unit (16.5 %), Kijang Innova 984 unit (16.3%), Calya 982 unit (16,3%), Fortuner 625 unit (10.4%), dan Agya sebanyak 319 unit (5,3%).

“Meskipun kita tak pasang target angka penjualan sepanjang GIIAS 2018, namun apresiasi pengunjung terhadap produk-produk Toyota cukup positif. Kontribusi terbesar dari segmen kendaraan keluarga MPV yang mencapai 3.662 unit atau lebih dari 61% dari total SPK,” beber Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager TAM lewat pesan singkat yang dikirimkan ke Carmudi, Rabu (15/8).

Kendaraan Concept Toyota Jadi Favorit Pengunjung

Fokus TAM pada GIIAS tahun ini bukan jualan melainkan berbagi wawasan dan pengetahuan kepada pengunjung GIIAS yang mampir ke booth. Sesuai dengan tema “Empowering Mobility, Beyond Possibility”, Toyota menghadirkan enam unit kendaraan special exhibit.

Selain kendaraan terkini yang berbasis teknologi elektrifikasi, juga dihadirkan tiga unit kendaraan masa depan yaitu Concept i-Series yang terdiri dari Concept-i, i-Ride dan i-Walk serta C-HR Hybrid EV, Prius Plug-in Hybrid EV dan Toyota Mirai Fuel Cell EV.

Suasana booth Toyota (Foto: TAM)

Penampilan kendaraan tersebut merupakan wujud semangat Toyota yang selalu mengedepankan konsep pengembangan kendaraan dengan teknologi. Toyota juga menghadirkan beyond technology zone yang dilengkapi special tools Hybrid X-ray dan Interactive Touch Wall.

Hasil survey pengunjung ke Toyota Booth selama GIIAS 2018, lebih dari 80 persen sangat tertarik untuk mengenal lebih jauh mengenai kendaraan i-Concept. Selain itu, Interactive Touch Wall juga menjadi favorite pengunjung.

“Keikutsertaan Toyota pada GIIAS 2018 sengaja lebih ditekankan untuk memberikan wawasan  luas kepada masyarakat mengenai mobilitas masa depan. Sekaligus mendukung sosialisasi kebijakan pengembangan industri otomotif nasional berbasis elektrifikasi,” tutur pria yang akrab di sapa Soerjo itu.

SEbagai informasi, Toyota menempati booth seluas 2.870 m2 dengan desain yang ramah bagi pengunjung. Tak heran jika booth Toyota dinobatkan sebagai booth terfavorit pada kategori luas booth terbesar yaitu lebih dari 2.000 sqm.(dol)

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di santo.evren@icarasia.com

Related Posts