Toyota Rilis Hilux GR Sport, Handling Jadi Lebih ‘Buas’

Eropa — Toyota Eropa baru saja meluncurkan Hilux GR Sport. Mobil kabin ganda tersebut menjadi model pertama Toyota yang diperkenalkan secara resmi untuk pasar Eropa pada tahun 2022 ini.
Menariknya, Toyota Hilux GR Sport terinspirasi dari ajang Reli Dakar sehingga diklaim pabrikan memiliki karakter handling yang cukup ‘buas’.
Bahkan mobil ini pun diklaim siap untuk diajak melahap berbagai tikungan dalam kecepatan tinggi. Hal tersebut disebabkan oleh penggunaan suspensi baru dengan monotube shocks serta front springs baru.
Per bagian depan dibuat lebih kaku sehingga mampu memberikan handling yang jauh lebih baik. Kenyamanan saat berkendara juga diklaim jauh lebih baik dibandingkan dengan Hilux generasi sebelumnya yang hadir tanpa embel-embel GR Sport.
Secara tampilan, Toyota Hilux GR Sport mengusung desain baru. Tampilan depan terlihat lebih agresif dan modern berkat desain gril dan bumper yang baru.
Grilnya dibalut warna krom hitam dengan adanya emblem GR berwarna merah hitam di sisi kiri. Lampu kabut pada bumper depan juga dibuat lebih besar untuk bisa memberikan penerangan yang lebih baik.
Di bagian kaki-kaki, tampak dari samping pelek Toyota Hilux GR Sport ini memakai desain terbaru dengan ukuran 17 inci dibalut ban AT. Selain itu di sisi samping juga terdapat over fender warna hitam doff.
Sementara di bagian belakang hadir lampu LED dengan desain baru seperti angka 8.
Ubahan lain yang cukup signifikan tentunya ada pada bagian interior yang kini terlihat lebih mewah dan modern. Toyota memilih paduan warna hitam dengan aksen merah pada bagian dasbor.
Sementara itu joknya memakai paduan bahan kulit dan fabric pada bagian tengahnya.
Jok tersebut juga dibekali dengan emblem GR pada head rest serta memakai jahitan berwarna merah. Selebihnya ada juga beberapa aksen panel karbon yang membuat tampilan interiornya menjadi lebih sporty.
Soal fitur, Toyota Hilux GR Sport ini dibekali dengan keyless dengan start/stop button, dual zone climate control, limited slip differential, downhill assist, dan fitur lain yang telah hadir di Hilux generasi sebelumnya.
Di balik kap mesin, terdapat mesin diesel berkapasitas 2.800 cc, 4 silinder, turbo bertenaga 210 hp dengan torsi 500 Nm. Tenaga tersebut disalurkan menggunakan transmisi otomatis 6-percepatan ke empat rodanya.
Sayangnya Toyota belum membeberkan harga resmi dari Hilux GR Sport yang baru meluncur.
Penulis: Rizen Panji
Editor: Dimas