Mumbai – Setelah melakukan uji tabrak Jimny dan Vitara Brezza buatan India, kini giliran lembaga global yang bertugas menguji tingkat keselamatan dan keamanan mobil atau Global New Car Assessment Program (Global NCAP) mengetes All New Suzuki Swift.
Model yang diuji tabrak merupakan buatan India dan dijual untuk pasar Negeri Bollywood, bukan model dengan spesifikasi ekspor.
Global NCAP mempunyai formula khusus dalam melakukan uji tabrak. Setelah melakukan serangkaian pengujian, ditetapkan bahwa tingkat keselamatan yang didapat dari uji tabrak All New Suzuki Swift sangat rendah. Diberitakan Rushlane, dari uji tabrak Suzuki Swift, Global NCAP hanya memberi mobil dua bintang dari maksimal lima bintang.
Global NCAP mengatakan, “Nilai dua bintang untuk penumpang dewasa karena menurut hasil pengujian, dada pengemudi mobil berpotensi cedera. Selain itu struktur yang tidak stabil dan perlindungan yang buruk untuk kaki pengemudi dan penumpang depan.”
Hasil uji tabrak Swift yang dipasarkan di India berbeda tipis dengan Swift versi ekspor. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan oleh Euro NCAP, Swift dengan spesifikasi ekspor mendapat 3 bintang. 3 bintang sama seperti Jimny pada uji tabrak Euro NCAP dan juga dianggap mengecewakan.
“Membandingkannya dengan model kembarnya untuk pasar Eropa, Swift versi India meraih penilaian yang amat buruk dalam uji tabrakan frontal. Sebab tidak menawarkan fitur seperti di samping bodi dan curtain airbag serta Electronic Stability Control (ESC). Di Eropa fitur tersebut sudah menjadi standar,” sambung Global NCAP.
Meskipun hanya mendapat dua bintang, tapi Suzuki telah memasangkan dual airbag di depan sebagai fitur standar.
“Versi terbaru dari Swift yang dijual di India telah meningkat dan lebih baik karena perusahaan telah memasangkan dual airbag sebagai standar. Ini menegaskan bahwa ada efek yang sangat menguntungkan dari peraturan uji tabrak terbaru yang dikeluarkan oleh pemerintah India. Namun Swift yang dijual di Eropa dan Jepang menunjukkan tingkat keselamatan lebih baik,” ungkap David Ward, Sekretaris Jenderal Global NCAP.
Suzuki Swift yang diuji tabrak memiliki 2 airbag dan bobot 1.079 kilogram.
Hasil Uji Tabrak Suzuki Vitara Brezza Lebih Baik dari Swift
Baru-baru ini Global NCAP juga menguji Suzuki Vitara Brezza. Hasilnya Vitara Brezza meraih skor 12,51 dari maksimal 17,00 untuk kategori keamanan penumpang dewasa.
Sedangkan untuk keamanan penumpang anak-anak, Vitara Brezza meraih skor 17,93 dari maksimal 49. Dari hasil penilaian secara keseluruhan Global NCAP menetapkan Suzuki Vitara Brezza meraih peringkat keamanan 4 bintang dari maksimal 5 bintang.
Uji tabrakan Suzuki Vitara Brezza dilakukan pada kecepatan 64 kilometer per jam. Menurut catatan kecil Global NCAP, bodyshell Suzuki Vitara Brezza dinilai stabil dan mampu menahan beban.
Alejandro Furas, Direktur Teknis Global NCAP mengatakan, “Suzuki membuktikan lewat Brezza bahwa mereka dapat memproduksi model lokal dengan tingkat keselamatan tinggi. Mereka harus melakukan hal yang sama dengan Swift, setidaknya menyediakan fitur keselamatan tambahan yang tersedia sebagai standar sama seperti versi Eropa dan Jepang,”
Suzuki Vitara Brezza yang diuji tabrak telah dibekali dengan sejumlah fitur keselamatan aktif maupun pasif. Mulai dari pengait kursi bayi atau anak-anak (ISOFIX), alarm peringatan kecepatan tinggi, dual-front airbags, ABS dengan EBD dan seatbelt dengan pre-tensioner. (dna)