Juni 2018, Bus Gandeng Elektrik Pertama di Bumi Mulai Beroperasi

Stockholm – Volvo sebagai pabrikan kendaraan terkemuka dunia ingin jadi yang terdepan dalam era elektrifikasi kendaraan komersial. Pabrikan Swedia ini sejak bulan April lalu telah menguji bus gandeng (articulated bus) di Gothenburg untuk Rute 16. Bus listrik ini mulai beroperasi pada 25 Juni mendatang.
Operasional akan ditangani oleh Transdev yang sudah menyediakan layanan bus di rute reguler 16. Antara 14 dan 21 Juni, bus listrik akan beroperasi pada rute ‘Volvo Ocean Race’ antara Nordstan dan Frihamnen di pusat kota untuk akomodasi berbagai kegiatan yang terkait dengan perlombaan.
Setelah itu pada 25 Juni, bus akan beroperasi normal pada rute 16, antara Eriksbergstorget dan Nordstan di pagi dan malam hari dan antara Eriksbergstorget dan rumah sakit Sahlgrenska pada siang hari.
Bus ini memiliki panjang 18,7 meter dan bisa mengangkut hingga 135 orang penumpang dengan 38 kursi. Volvo tidak merancang bus ini dengan kapasitas baterai besar, tetapi lebih memilih untuk sistem pengisian cepat OppCharge (hingga 450 kW) di halte bus saat berhenti naik turun penumpang.
“Rute 16 adalah salah satu jalur yang mengangkut sebagian besar penumpang di Gothenburg, memberi kami kesempatan untuk benar-benar menguji teknologi. Bus dapat berjalan tanpa perlu istirahat saat jam sibuk. Sebagai gantinya, pengisian ulang akan dilakukan ketika lalu lintas lengang,” ujar Håkan Agnevall, Presiden Volvo Buses sebagimana dikutip Insideevs.
Sekilas Bus Gandeng Volvo
Bus gandeng elektrik garapan Volvo memiliki empat pintu ganda, dek yang luas serta besi pegangan yang dirancang secara ergonomis untuk penumpang yang berdiri. Tujuannya agar sejumlah besar penumpang akan dapat naik dan turun bus dengan cepat di setiap pemberhentian.
Volvo Buses menambah weather protection agar tidak terjadi kendala sistem kelistrikan saat hujan atau cuaca buruk. Adapun pengisian daya dilakukan di dua halte bus, Eriksbergstorget dan Sahlgrenska University Hospital. Pengisian ini didasarkan pada sistem OppCharge yang bersifat universal, sehingga alat tersebut juga dapat digunakan oleh bus listrik dari produsen lain.
“Bus listrik tenang dan bebas emisi dan menciptakan peluang baru untuk perencanaan kota,” tambah Agnevall. (dna)