Wuling Klaim Kepercayaan Masyarakat Terhadap Mobilnya Meningkat

Jakarta – PT SAIC General Motors Wuling (SGMW) Motor Indonesia (Wuling Motors) menunjukkan keseriusannya dalam menggarap pasar otomotif di Indonesia dengan membangun pabrik.
Pabrik tersebut berlokasi di Greenland International Center (GIIC), Cikarang, Jawa Barat dan mulai beroperasi pada 11 Juli 2017. Namun sejak resmi memulai bisnis di Indonesia sampai saat ini, Wuling Motors baru menjual dua model mobil saja yaitu Confero dan Cortez.
Meski hanya memiliki dua model di lini produknya saat ini, tapi capaian penjualan yang diraih perusahaan selama satu tahun berada di pasar otomotif Indonesia sangat baik sekali. Berdasarkan data penjualan wholesales (dari pabrik ke dealer) setiap bulan angka distribusi dari kedua model selalu mengalami peningkatan.
“Apa yang kita dapatkan dari Agustus, pertama kali kami jualan sampai saat ini, cukup positif sih responsnya dari masyarakat. Kami dalam waktu satu tahun hanya punya dua produk. Cortez baru diluncurkan Februari 2018. Bila ditotal Confero dan Cortez kita sudah menjual 13 ribu lebih kendaraan. Agustus sampai Januari pun baru Confero saja,” ujar Brand Manager Wuling Motors, Dian Asmahani.
Hal yang tidak pernah disangka-sangka oleh Wuling Motors adalah masuk dalam 10 besar merek mobil dengan penjualan wholesales tertinggi secara nasional. Itu artinya tingkat kepercayaan masyarakat selaku konsumen mulai mengalami peningkatan.
“Ada beberapa pengakuan dari masyarakat itu artinya kita melihat presepsi masyarakat terhadap mobil Wuling sudah mulai percaya. Karena kita lihat perkembangan yang kita dapat itu positif,” terang Dian.
Menurut Dian, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap mobil tidak hanya karena harga jual dari kedua model yang cukup terjangkau, tetapi juga kualitas produk serta layanan after sales yang diberikan Wuling kepada pelanggan.
“Banyak hal karena faktor harga, kalau seandainya kita lihat juga faktor produk. Kemudian masyarakat sudah peduli terhadap komitmen kita terhadap layanan after sales dengan dealer. Tidak bisa dipungkiri juga dengan adanya pabrik di sini masyarakat sudah percaya, ini memang komitmen kami di Indonesia,” terang Dian.
Perlebar Jaringan
Selain membangun pabrik, keseriusan perusahaan dalam menggarap pasar otomotif di Indonesia juga terlihat dari jumlah dealer resmi yang didirikan. Tahun lalu Wuling menargetkan membangun 50 dealer di seluruh Indonesia. Target tersebut sudah tercapai dan rencananya akan menambah jumlah dealer lagi supaya makin mudah melayani pelanggan.
“Dealer dalam satu tahun sudah ada 71, jadi cukup siginifikan peningkatannya. Kalau akhir tahun kemarin ada 53 sekarang sudah 71 dealer. Target kami sampai akhir tahun ini sudah berdiri 80 dealer. Kami optimis bisa melampaui itu untuk pengembangan dealer,” jelas Dian. (dna)