Yamaha NMax “Turbo”: Skutik Nyaman dengan Akselerasi Instan Lewat Y-Shift

Kudus – Selama ini masyarakat Indonesia mengenal Yamaha NMax sebagai skutik gambot yang nyaman dan fungsional. Melalui versi terkini yang bernama NMax “Turbo”, pabrikan berlambang garpu tala itu menawarkan gebrakan dalam bentuk performa yang lebih responsif sekaligus tetap menjaga kenyamanan berkendara.
Impresi tersebut didapat lewat varian NMax “Turbo Tech Max yang dijual Rp44,1 juta on the road Jakarta. Posisi varian ini merupakan kedua termewah di bawah NMax “Turbo” Ultimate.
Redaksi AutoFun Indonesia (satu grup dengan Carmudi Indonesia) baru-baru ini mendapat kesempatan menjajal langsung motor ini dalam perjalanan cukup jauh, yakni sepanjang 170 km melintasi Solo, Kudus, Jepara, dan kembali lagi ke Kudus.
Pengalaman berkendara ini dilakukan pada Jumat–Sabtu, 20–21 Juni 2025 sebagai bagian dari rangkaian Yamaha MAXi Day 2025 di Alun-Alun Kota Kudus.
Mempertahankan Kenyamanan
Hal pertama yang terasa saat menunggangi NMax “Turbo” Tech Max ialah ergonomi yang fleksibel. Posisi duduk bisa dibuat rileks dengan kaki selonjor atau sedikit sporty dengan menempatkannya agak ke belakang.
Kenyamanan ini juga ditunjang oleh desain jok yang mampu menopang tubuh pengendara secara stabil, bahkan saat motor melaju kencang atau melakukan manuver di tikungan.
Baca juga: Yamaha Aerox Alpha 2025: Spesifikasi, Harga, dan Perbedaan Fitur
Y-Shift Bikin CVT Makin Responsif
Salah satu fitur paling menarik dari NMax “Turbo” adalah tombol Y-Shift yang terletak di bawah klakson, mudah dijangkau jempol kiri.
Teknologi ini menawarkan sensasi serupa “turbo” dengan menaikkan putaran mesin sekitar 1.000 rpm setiap kali ditekan. Tersedia dalam tiga level: Low (1), Medium (2), dan High (3).
Saat tombol ini ditekan, sensasi yang muncul menyerupai efek downshift pada mobil bertransmisi otomatis, di mana putaran mesin meningkat dan akselerasi terasa lebih sigap.
Y-Shift terbukti bermanfaat dalam dua kondisi utama. Pertama, saat ingin menyalip kendaraan di depan. Dengan sekali atau dua kali pencet, mesin langsung merespons dengan akselerasi yang lebih sigap.
Kedua, saat masuk ke tikungan. Fitur ini memberikan efek engine brake yang terasa lebih halus dan stabil dibandingkan harus langsung mengerem. Meski begitu, jika kecepatan terlalu tinggi, rem tetap harus digunakan untuk menambah deselerasi.
Kehadiran Y-Shift ini seolah menjawab keterbatasan transmisi CVT pada skutik konvensional yang umumnya lambat merespons perubahan kebutuhan torsi secara mendadak.
Mode Berkendara T dan S
NMax “Turbo” Tech Max juga dilengkapi mode berkendara yang bisa dipilih sesuai kebutuhan: T (Town) dan S (Sport). Pengaturannya menggunakan tombol di dekat jari telunjuk kiri ketika memegang setang.
Mode T menghadirkan karakter mesin yang lebih halus dan efisien, cocok untuk pemakaian harian dalam kota. Sementara mode S memberikan performa optimal dari mesin skutik ini yang berkapasitas 155 cc bertenaga 15,3 hp dan torsi puncak 14,2 Nm.
Untuk menunjang performanya yang bertenaga, NMax “Turbo” Tech Max juga sudah dibekali sistem keselamatan modern. Skutik ini dilengkapi traction control untuk mencegah ban selip serta rem ABS dual channel yang memberikan pengereman lebih aman di berbagai kondisi jalan.
Dari pengalaman berkendara yang didapat, NMax “Turbo” Tech Max bukan hanya soal gimmick teknologi, tapi menawarkan peningkatan performa yang terasa nyata, terutama lewat fitur Y-Shift.
Pengalaman riding sejauh 170 km pun membuktikan bahwa skutik ini siap digunakan untuk perjalanan jauh dengan rasa percaya diri tinggi.
Baca juga: 5 Motor Trail Yamaha Tersedia di Indonesia, Mana yang Cocok untuk Anda?
Penulis: Mada Prastya
Editor: Santo Sirait